Tips Merawat Berbagai Jenis Rambut

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 5 Oktober 2019 17:03
Tips Merawat Berbagai Jenis Rambut
Kalau kamu memiliki jenis rambut seperti apa?

Dream - Menjaga serta merawat kesehatan rambut wajib kamu perhatikan, bahkan Sahabat Dream harus rutin merawatnya.

Nggak mau kan mahkota kamu ini rusak begitu saja dan tentunya bikin tampilan jadi kurang maksimal?

Jangan sembarangan produk, kamu harus memilih sisir dan hair mask yang cocok dengan kondisi rambut agar rambut tetap kuat dan berkilau.

 shutterstock

Dilansir dari Makeup.com, ada beberapa tips untuk merawat rambut secara maksimal agar tetap sehat.

“ Kamu harus mengetahui tekstur rambut dan berkonsultasi dengan hair stylist agar paham apa yan dibutuhkan oleh rambutmu,” kata Raincry Founder dan Creative Director, Feisal Qureshi.

Salah satu hal paling penting yang harus diperhatikan untuk semua jenis rambut adalah rawatlah dengan lembut dan hati-hati ketika masih basah.

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Keriting

Rambut keriting seringkali tebal dan sedikit lebih kasar dari jenis rambut lainnya.

" Rambut keriting membutuhkan kelembapan ekstra karena jenis rambut ini kering dan keriting: Tetapi dengan produk yang tepat, kamu dapat membuat rambut berkilau dan bervolume lagi," kata Linda de Zeeuw, Master Stylist Rob Peetoom Salon.

Karena rambut keriting cenderung lebih kering, gunakan produk yang memberi kelembapan ekstra dan berhati-hati ketika ingin mengeringkannya setelah mandi.

 shutterstock

“ Sebaiknya tidak terlalu sering keramas dan menggunakan conditioner," kata Qureshi. Ketika terlalu sering mencuci rambut keriting, minyak alami dan nutrisi rambut akan berkurang.

Setelah keramas, “ Gunakan mousse, gel atau krim untuk mempermudah menata rambut dan membuatnya tetap bervolume,” tutur Julie Norton, untuk HAI Beauty Concepts dan House of Harper Salon.

" Biarkan rambut mengering dengan sendirinya agar tidak kusut dan tetap bervolume,” jelasnya.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Kusut

Perawatan paling penting untuk rambut kusut adalah menjaganya agar tetap lembap. “ Gunakan conditioner, masker rambut yang melembapkan dan produk pelembap lainnya untuk membantu mempertahankan kelembapan," kata Norton.

" Idealnya, bersihkan hanya sekali atau dua kali seminggu dengan shampo bebas sulfat untuk mempertahankan minyak alami rambut,” tambahnya.

 shutterstock

Jika ingin menata rambut kusut, lakukanlah saat masih lembap. Namun kalau kamu ingin membuat ikal berbentuk spiral, Sahabat Dream bisa memutar sedikit rambut ketika lembap dan gunakan produk yang khusus dibuat untuk rambut kusut.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Berwarna

Rambut yang diwarnai membutuhkan produk khusus yang tidak akan merusak warna rambutmu. Menurut Norton, menggunakan sampo dan kondisioner khusus rambut yang diwarnai dan bebas sulfat adalah kuncinya.

" Selain itu, penting untuk membilas rambut dengan air dingin untuk menjaga kekuatan batang maupun akar serta kilau rambutmu," kata de Zeeuw.

 shutterstock

Warna cat rambut yang digunakan juga mempengaruhi produk yang digunakan. “ Ingat, semakin terang warna rambut, semakin banyak perawatan yang diperlukan untuk membuat rambut sehat kembali,” ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Lurus

 shutterstock

Beberapa kekhawatiran terbesar untuk yang memiliki rambut lurus adalah ujung rambut bercabang, lepek dan terlalu lurus.

Secara umum Qureshi mengatakan, " Rambut halus atau lepek membutuhkan lebih sedikit pemakaian conditioner atau keramas.”

Gunakan produk ringan yang tidak akan menambah minyak atau mengurangi volume rambut. " Selain itu, gunakan sampo kering untuk menambah volume," kata Norton. (Ism)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik