CONNECT WITH US!

Wanita Inilah Sosok di Balik 'Catatan Harian Seorang Istri'

Reporter : Kusmiyati | Jumat, 12 September 2014 10:02
Asma Nadia
Wanita ini dikenal dengan nama Asma Nadia, terlahir 42 tahun lalu sebagai Asmarani Rosalba. Terciptanya sosok Hanna sendiri diakuinya sudah ada jauh sebelum menjadi sinetron.

Dream - Beberapa bulan belakangan ini sosok wanita bernama Hana mendapatkan tempat di hati para ibu pecinta sinetron Indonesia. Sosok yang diperankan Dewi Sandra ini memiliki karakter lembut, sabar, tabah dan kuat sehingga para wanita yang melihatnya menjadi simpatik.

Walaupun karakter ini hanya di sinetron Catatan Harian Seorang Istri tapi sosok Hana begitu kuat menarik hati para ibu. Bahkan namanya dijadikan sebagai model hijab.

Lalu siapakah sosok yang begitu cemerlang menghidupkan karakter Hanna ini? Untuk itu yuk kenal dengan wanita cantik yang satu ini. 

Wanita ini dikenal dengan nama Asma Nadia, terlahir 42 tahun lalu sebagai Asmarani Rosalba. Kepiawaiannya dalam menulis didapatkannya dari sang kakak Helvy Tiana Rosa yang juga seorang penulis.

Kegemarannya pada tulis-menulis inilah membuat Asma bertemu dengan Isa Alamsyah. Pria lebih tua satu tahun darinya ini yang kini menjadi pendamping hidup Asma. Isa sempat bekerja di koran Yomiuri Shimbun, TV NHK Jepang, radio Belanda dan majalah investor Jerman, Globus Vision. Pasangan ini pun dikaruniai sepasang anak yang diberi nama Evamaria Putri Salsabila dan Adam Putra Firdaus.

Asma memang sudah sejak kecil memiliki obsesi menjadi novelis. Dirinya aktif mengirimkan tulisannya ke majalah Islam. Bahkan salah satu cerpennya yang berjudul Imut dan Koran Gondrong sempat menjadi juara tingkat nasional sekitar tahun 1994 dan 1995.

Terlahir di keluarga sederhana dan kondisi tubuh yang terus digerogoti penyakit Asma mengaku mengalami perjuangan yang cukup berat. Saat kecil Asma mengalami gegar otak, kemudian beranjak dewasa, penyakit paru-paru, jantung dan tumor pun merenggut keceriaan Asma.

Namun penyakit itu tidak menghalanginya menjadi seseorang yang berprestasi. Kini Asma menjadi penulis produktif satu dari 35 penulis dari 31 negara yang diundang untuk menjadi penulis tamu dalam International Writing Programe di Iowa.

Saat ini Asma dikenal juga sebagai pendiri forum Lingkar Pena. Berkat kegigihannya wanita ini pun memiliki penerbitan sendiri bernama Asma Nadia Publishing House sudah sejak 2009. 

Hobi menulisnya ini rupanya menular pada kedua buah hatinya. Jika sang suami menulis buku motivasi, putrinya Salsa dan  Adam sudah menulis beberapa novel remaja. Sekitar 49 buku sudah ditulis Asma dengan sebagian besar memberi kekuatan kepada kaum perempuan.

Kini Asma bisa dikatakan telah memiliki apa yang diharapkan oleh para wanita. Keluarga kecil yang sakinah dan bahagia, anak-anak yang sholeh dan suami yang cinta serta mendukung dirinya. Dia pun sudah mewujudkan impiannya sedari kecil menjadi seorang penulis.

Terciptanya sosok Hanna sendiri diakui Asma ada jauh sebelum menjadi sinetron, Catatan Hati Seorang Istri (CHSI) itu adalah buku non fiksi yang dia tulis pada tahun 2005. Semua yang dituliskan terinspirasi dari kisah nyata dari kehidupan teman-temannya atau beberapa orang yang sengaja curhat padanya. Langkah Asma untuk merilis CHSI memang cukup berani karena dia sebelumnya lebih dikenal sebagai penulis fiksi.

CHSI menawarkan duka seorang perempuan dalam kehidupan. Hebatnya sambutan publik memang luar biasa sampai menjadi buku non fiksi terlaris. Ada enam seri CHSI yang sudah ditulis Asma sampai akhirnya diangkat menjadi sinetron dengan proses setahun.

Setelah CHSI tayang dan booming terutama di kalangan perempuan, Asma Nadia langsung mendapatkan banyak email. Orang-orang memberikan komentar positif atas apa yang ditampilkan Asma dalam buku yang diadaptasi ke sinetron itu. Bahkan tak hanya dari kalangan Islam, orang-orang berbeda agama juga tertarik pada dirinya sehingga membentuk solidaritas di kalangan perempuan.

Namun rupanya beberapa pria malah memprotes CHSI karena sempat khawatir jika karya Asma itu menyudutkan kaum Adam. Bahkan rekannya sesama penulis sempat paranoid dan melarang istri-istri mereka membaca CHSI. Menanggapi hal itu, Asma hanya mengakui bahwa dirinya adalah tempat curhat banyak perempuan sehingga dia ingin memberikan solusi yang membangun.

Lepas dari itu semua, Asma bisa membuktikan jika CHSI memang begitu dicintai.

Derby Romero Menikahi Claudia Adinda di Bali