Waspada! Perempuan Lebih Rentan Kena Pikun Dibanding Pria

Reporter : Ervina
Kamis, 11 September 2014 08:45
Waspada! Perempuan Lebih Rentan Kena Pikun Dibanding Pria
Ada sepuluh gelaja yang wajib Anda ketahui.

Dream - Seiring dengan bertambahnya usia, pikun atau demensia kerap dianggap sebagai suatu hal yang lumrah. Tapi anggapan itu ternyata salah, karena pikun dapat menyerang siapa saja tanpa memandang latar belakang dan usia.

Menurut Czeresna Heriawan Soejono, Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, matinya sel otak akibat demensia dapat menyebabkan Alzheimer mulai terjadi sejak usia muda, bisa mencapai 20 tahun sebelum terserang Alzheimer.

Dan faktanya, kata dia, jika perempuan lebih besar beresiko alami demensia dibandingkan laki-laki. Ada banyak hal yang menjadikan perempuan lebih beresiko besar.

Pertama, perempuan memiliki harapan hidup lebih besar dibandingkan laki-laki. Kedua, kadar hormon relatif langsung turun saat perempuan memasuki masa menopause.

" Kadar hormon estrogen yang konstan pada laki-laki menjadi faktor kaum Adam mengalami demensia lebih lambat," ujar Czeresna di acara Talkshow Demensia/Alzheimer di Pusat Kebudayaan Belanda, Jakarta, kemarin.

Setidaknya ada hal utama yang dapat ditempuh sejak awal untuk mendeteksi gejala demensia. Kenali sepuluh gejala demensia yang bisa menjurus ke Alzheimer, seperti gangguan daya ingat, sulit fokus, sulit melakukan kegiatan sehari-hari, disorientasi waktu dan tempat.

Kemudian susah memahami visiospasial, gangguan berkomunikasi, menaruh barang tidak pada tempatnya, salah membuat keputusan, menarik diri dari pergaulan, serta perubahan perilaku dan kepribadian.

" Nah kalau sudah lihat tanda-tanda seperti di atas sebaiknya langsung lakukan konsultasi ke ahli karena penyakit ini tidak bisa dilakukan uji lab tapi harus dilakukan uji syaraf atau kejiwaan untuk mengetahui kondisi otak," kata Czeresna.

Beri Komentar