20 Tahun Jadi Buronan, Penjahat Akhirnya Dibekuk Akibat Muncul di Google Maps

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 13 Januari 2022 09:00
20 Tahun Jadi Buronan, Penjahat Akhirnya Dibekuk Akibat Muncul di Google Maps
Penjahat itu tertangkap layar Google Maps sedang berbincang dengan orang lain.

Dream - Seorang anggota mafia yang jadi buronan polisi Italia selama 20 tahun akhirnya tertangkap. Penangkapan bisa dilakukan setelah pria itu tertangkap layar Google Maps di sebuah kota kecil di Spanyol.

Gioacchino Gamino, terpidana kasus pembunuhan yang masuk daftar buronan paling dicari di Italia ditangkap di Galapagar, sebuah kota dekat Madrid, bulan lalu. Dia kabur dari penjara Rebibbia Roma pada 2002 dan pada 2003 dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Surat perintah penangkapan Eropa dikeluarkan pada 2014 dan pihak berwenang telah berhasil melacak Gamino ke Spanyol berkat tangkapan layar Google Maps. Terlihat dua pria yang mengobrol di luar toko buah dan sayuran, memudahkan polisi mengkonfirmasi lokasi persisnya dan melakukan penangkapan.

" Fotogram itu membantu kami mengonfirmasi penyelidikan yang kami kembangkan dengan cara tradisional," ujar Wakil Direktur Unit Polisi Anti-Mafia Italia, Nicola Altiero.

Tidak jelas bagaimana pihak berwenang berhasil menemukan gambar persis Gamino di luar toko El Huerto de Manu di Galapagar. Tetapi jaksa Francesco Lo Voi menegaskan cara itu bukan dengan menghabiskan banyak waktu dengan menelusuri Google Maps.

 

1 dari 2 halaman

Si Penjahat Juga Bingung Bisa Tertangkap

Ketika Gaminoo ditangkap pada 17 Desember 2021, hal pertama yang dia tanyakan kepada polisi adalah, " Bagaimana Anda menemukan saya? Saya bahkan belum menelepon keluarga saya selama 10 tahun!"

Dia telah mengubah nama dan bekerja sebagai koki di restoran lokal bernama La Cocina de Manu. Di restoran itu, dia memasak makanan Italia, termasuk hidangan yang disebut Cena Siciliana, atau Makan Malam Italia.

Setelah menemukan Gioacchino Gamino di Google Maps, jaksa berusaha mengkonfirmasi identitasnya dan berhasil, dengan memeriksa halaman Facebook La Cocina de Manu. Gamino yang menyamar sebagai koki, dikenali dari bekas luka di sisi kiri dagunya.

 

2 dari 2 halaman

Rekam Jejak Kejahatan

Gioacchino Gamino dicari karena pembunuhan dan beberapa kejahatan terkait mafia lainnya. Dia adalah anggota klan mafia di Agrigento, Sisilia, dan awalnya ditangkap dan dihukum pada tahun 1998.

Empat tahun kemudian, dia berhasil melarikan diri dari penjara Rebibbia di Roma, di mana dia menjalani hukuman seumur hidup. Dia mengambil keuntungan dari keributan yang disebabkan oleh sebuah film yang syutingnya dilakukan di sana.

Ini bukan pertama kalinya Google Maps menjadi berita utama karena secara tidak sengaja membongkar penyamaran seseorang. Pada tahun 2018, seorang pria Peru menceraikan istrinya setelah mengetahui perselingkuhannya saat melihat-lihat di Google Street View dengan santai, dikutip dari Oddity Central.

Beri Komentar