CONNECT WITH US!

290 Jemaah Umrah Indonesia Batal Pulang

Reporter : Ahmad Baiquni | Rabu, 11 Januari 2017 16:01
Beberapa Jemaah Umrah Indonesia Tak Bisa Pulang (kemenag.go.id)
Jadwal pulang para jemaah haji Indonesia dibatalkan oleh pihak maskapai Flynas.

Dream - Sebanyak 290 jemaah umrah Indonesia batal pulang pada 9 Januari kemarin. Mereka seharusnya terbang dari Jeddah pada pukul 21.00 waktu setempat, namun tidak kunjung ada pemberitahuan maskapai Flynas.

Staf Teknis I Kantor Urusan Haji Indonesia Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah, Ahmad Dumyathi Basori, mengatakan, pihaknya telah menghubungi dan meminta penjelasan Duty Manager Flynas di bandara, Meshal. Kepada Dumyathi, Meshal mengatakan pesawat yang akan menerbangkan para jemaah umrah itu mengalami kerusakan sehingga batal terbang.

Dumyathi mengatakan, maskapai Arab Saudi itu menyatakan akan memulangkan jemaah dengan tiga penerbangan hari ini. Dua penerbangan menggunakan pesawat Flynas, sementara satu penerbangan dengan pesawat maskapai Maldives Air.

" Sebanyak 340 jemaah rute Jeddah-Surabaya terbang jam 19.00 waktu Saudi. Sedang 293 jemaah rute Jeddah-Cengkareng terbang kam 22.30 waktu Saudi. Selain itu ada juga 52 jemaah yang akan terbang dengan Maldives," ujar Dumyathi, dikutip dari kemenag.go.id, Rabu, 11 Januari 2016.

Dumyathi mengatakan, para jemaah sempat melampiaskan emosi begitu mengetahui jadwal kepulangan mereka batal. Bahkan, kata dia, ada 39 jemaah yang memutuskan membeli tiket pesawat sendiri agar bisa pulang.

Para jemaah sempat ditenangkan oleh pihak Flynas. Saat mendapat kepastian kepulangan mereka ditunda pada 10 Januari, para jemaah diantarkan pihak Flynas kembali ke hotel masing-masing.

Secara keseluruhan, terdapat 2.348 jemaah umrah Indonesia dan Malaysia yang mengalami masalah saat akan pulang. Ini lantaran adanya pemutusan hubungan kerja antara Flynas dengan Lofty Cest Ltd selaku penyewa pesawat maskapai itu.

Lofty Cest Ltd dinyatakan oleh Flynas mengalami gagal bayar. Dampaknya, Flynas menghentikan layanan angkutan umrah dari Indonesia.

Rekam Jejak Korupsi Setya Novanto