CONNECT WITH US!
CONNECT WITH US!

99 Jemaah Umrah Indonesia Tak Bisa Pulang

Reporter : Ahmad Baiquni | Rabu, 4 Januari 2017 15:02
Pihak Maldives Airlines mengalami kendala sehingga tidak bisa memulangkan para jemaah umrah Indonesia tepat waktu.

Dream - Sebanyak 102 jemaah umrah Indonesia mengalami masalah. Kepulangan mereka ke Tanah Air terkendala karena tidak mendapat kepastian tiket pesawat dari biro perjalanan umrah yang mereka gunakan.

Menurut Staf Teknis Satu Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Ahmad Dumyathi, 3 dari 102 jemaah akhirnya memutuskan membeli tiket pesawat sendiri.

Satu jemaah bernama Khamidah Yasir sudah pulang dan dua lainnya, Masnuarjani dan Farida Mustafa, pulang pada Selasa waktu setempat menggunakan pesawat AirAsia karena akan menikahkan anaknya.

Dengan demikian, kata Dumyathi, saat ini ada 99 jemaah umrah masih berada di Jeddah dan menginap di Hotel Roshan Al Azhar di Jalan Sittin. Mereka terdiri dari 33 jemaah pria dan 66 jemaah wanita. Padahal sesuai jadwal, mereka seharusnya sudah pulang akhir Desember silam.

Dumyathi mengatakan, agen Maldives Airlines di Jeddah selaku penyedia jasa tiket masih belum dapat memastikan kepulangan 99 jemaah.

" Padahal sebelumnya, mereka menjanjikan untuk memulangkan jemaah umrah pada Selasa dengan maskapai Turkish Airlines," kata Dumyathi, dikutip dari kemenag.go.id, Rabu 4 Januari 2017.

Dumyathi menjelaskan, pihaknya telah berusaha mengonfirmasi kejadian ini kepada Maldives Airlines. Menurut dia, Maldives Airlines masih berusaha mencarikan tiket bagi para jemaah.

Selain itu, kata Dumyathi, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan pihak provider visa berinisial M di Jakarta melalui Sub Direktorat Pembinaan Umrah Kementerian Agama.

Penundaan kepulangan jemaah umrah Indonesia ini dibenarkan oleh Kasubdit Pembinaan Umrah Kemenag, Arfi Hatim. Dia mengatakan, Kemenag mendapatkan informasi 102 jemaah tersebut berangkat dari Pontianak pada 18 Desember 2016 dan seharusnya sudah pulang pada 28 Desember 2016.

" Penundaan kepulangan disebabkan pihak maskapai Air Maladive mengalami kendala," ucap Arfi.

" Saat ini, Kemenag terus melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan pemulangan jemaah dan memastikan jemaah mendapatkan haknya selama masa penundaan pemulangan," Arfi menambahkan.

Cooking With Filma - Risoles

Rekomendasi Pilihan



Jangan Anggap Remeh, 4 Penyakit Ini Bisa Ganggu Momen Lebaran

Jumat, 23 Juni 2017 17:02

Jangan sampai dilewatkan dengan tiduran saja karena 4 penyakit berikut ini.

5 Tanda Anda Dehidrasi

Jumat, 23 Juni 2017 16:40

Bibir yang kering dan rasa dahaga biasanya menjadi pertanda kalau tubuh kita kurang minum.

Libur Lebaran? Kunjungi Wisata Halal Pulau Santen Banyuwangi

Jumat, 23 Juni 2017 15:40

Wisata halal dikembangkan untuk membidik pangsa pasar Muslim di dunia.

Pulihkan Tubuh Setelah Sakit dengan Nutrisi Ini

Jumat, 23 Juni 2017 15:20

Makanan ini juga bermanfaat agar sakit tak datang lagi.

Kabar Gadis Diperkosa di ICU Merebak, Astaga yang Terjadi...

Jumat, 23 Juni 2017 15:09

Korban dibius dan diperkosa oleh seorang laki-laki yang bertugas menjaga ruang ICU.

Geger Pria yang Diduga Kades Tidur Beralas Duit Miliaran

Jumat, 23 Juni 2017 14:52

Lembaran kertas menyerupai uang itu terdiri dari pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu memenuhi lantai kamar dan tempat tidur.