Disebut Konyol, Pelajar Pakai 'Topi Canggih' Anti Menyontek

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 4 Januari 2017 13:01
Disebut Konyol, Pelajar Pakai 'Topi Canggih' Anti Menyontek
Topi tersebut menghalangi pandangan para pelajar sehingga mereka bisa fokus mengerjakan soal ujian.

Dream - Para pelajar di Cina kini tengah sibuk dengan agenda ujian semester. Agenda rutin ini harus dihadapi semua pelajar di seluruh Cina, tidak terkecuali Chuzhou, Provinsi Anhui.

Lazimnya ujian, potensi kecurangan berupa mencontek pastilah ada. Untuk menghindari hal tersebut, para pelajar sekolah menengah di Chuzhou punya alat 'canggih', topi kertas koran.

Mereka diwajibkan oleh pihak sekolah melubangi kertas koran dan memakainya di kepala. Koran tersebut akan membatasi pandangan para pelajar sehingga mereka bisa berkonsentrasi mengerjakan soal secara mandiri.

Gambar-gambar mengenai para pelajar memakai topi kertas koran ini beredar luas di laman media sosial Weibo dan memicu perdebatan. Meski efektif, cara ini dinilai terlalu konyol demi menjaga sebuah integritas.

Di Cina, ujian tahunan menjadi faktor yang sangat penting bagi masa depan mereka. Saking pentingnya, banyak pelajar yang ingin lulus sehingga mereka rela melakukan apa saja terutama mencontek.

Bahkan teknik mencontek berkembang sangat canggih dan efektif mengelabui para pengawas. Saking canggihnya, sejumlah sekolah sampai menggelar ujian tahunan di halaman dan mengawasi para pelajar menggunakan teropong hingga drone.(Sah)

Sumber: shanghaiist.com

Beri Komentar