Jasad Youtuber Faisal Rahman & MUA Syifa Kamila Teridentifikasi Tim DVI

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 20 Januari 2021 12:01
Jasad Youtuber Faisal Rahman & MUA Syifa Kamila Teridentifikasi Tim DVI
Dengan metode rekonsiliasi DNA, tim DVI berhasil mengidentifikasi 6 korban baru Sriwijaya Air SJ-182.

Dream - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri berhasil mengidentifikasi enam jenazah baru korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Total korban jatuhnya pesawat di perairan Pulau Laki, kepulauan Seribu kini sudah teridentifikasi 40 jenazah.

Satu dari enam jenazah baru tersebut yaitu YouTuber Faisal Rahman. Data identifikasi yang disampaikan tercatat pada Selasa, 19 Januari 2021 pukul 17.00 WIB.

(Baca: 'Goodbye & Thank You' Jadi Pesan Terakhir Youtuber Faisal Rahman)

" Sampai jam 17.00 WIB ini, korban yang berhasil diidentifikasi bertambah enam, sehingga secara keseluruhan berjumlah 40," ujar Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, dikutip dari Liputan6.com.

Identitas enam korban tersebut yaitu Kolisum, 37 tahun, Grislend Gloria, 28 tahun, Faisal Rahman, 30 tahun, Andi Syifa Kamila, 26 tahun, Sinta, 23 tahun, dan Mulyadi, 39 tahun.

Untuk diketahui Faisal Rahman adalah salah satu Youtuber terkenal sedangkan Andi Syifa Kamila merupakan makeup artist yang pernah merias Chef Aiko.

(Baca: Chef Aiko Berduka, MUA yang Pernah Meriasnya Jadi Penumpang Sriwijaya Air SJ-182)

1 dari 4 halaman

Metode Identifikasi

Menurut Rusdi, enam korban tersebut teridentifikasi melalui metode rekonsiliasi DNA. DNA dari potongan tubuh korban (postmortem) dicocokkan dengan DNA keluarga korban (antemortem).

" Seluruh korban berhasil direkonsiliasi dengan DNA," kata Rusdi.

Rusdi juga menjelaskan DVI telah melakukan identifikasi terhadap 310 kantong jenazah. Juga 250 kantong berisi properti korban.

 

2 dari 4 halaman

Covid-19 Jadi Kendala Pemeriksaan

Komandan DVI Pusdokkes Polri, Kombes Hery Wijatmoko, menjelaskan proses identifikasi korban tidak sepenuhnya berjalan mulus. Ini karena pandemi Covid-19 yang membuat pemeriksaan tidk dilakukan secara penuh.

Menurut dia, hal ini demi mencegah terjadinya klaster penularan Covid-19. Sehingga, pemeriksaan tetap harus mengedepankan protokol kesehatan.

" arena kita menghindari kerumunan jadi kemampuan kami melakukan pemeriksaan tidak kami laksanakan secara full," kata Hery.

3 dari 4 halaman

Masker Oksigen Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan

Dream - Tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Sabtu, 9 Januari 2021, hingga kini masih menyisakan duka yang mendalam bagi banyak pihak. Pesawat komersial yang terbang dari Jakarta menuju Pontianak itu jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Hingga kini tim Basarnas masih melangsungkan pencarian serpihan dan jasad korban pesawat tersebut. Salah satu video pencarian viral di TikTok.

Video viral tersebut milik Kopaska TNI AL yang diambil gambarnya pada 15 Januari 2021. Dalam tayangan itu terlihat masker oksigen pilot Sriwijaya Air SJ-182 yang dikomandoi oleh Kapten Afwan.

Tak hanya masker oksigen, tim penyelam juga menemukan winglet pesawat di dasar laut. Penemuan tersebut langsung diangkat ke permukaan laut untuk dilaporkan kepada tim Basarnas.

4 dari 4 halaman

Video viral itu salah satunya diunggah kembali oleh akun TikTok @alyahdill dan ditonton lebih dari 3,7 juta views, mendapat 228.700 likes serta 1.776 komentar dari warganet.

Banyak dari warganet yang mempertanyakan jasad Kapten Afwan, sementara masker oksigennya sudah berhasil ditemukan.

" Masker oksiden pilot ya Allah, lalu di mana jasad yang memakai masker itu ya Allah. Kembalikan jasad mereka," kata seorang netizen.

" Semoga Kapten Afwan segera secepatnya ditemukan, amin ya Allah," timpal yang lain.

" Kapten Afwan sudah tenang di surga bersama penumpang yang lain kan? Bahagia di sana ya kapten," kata netizen lainnya.

Beri Komentar