6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Bayi, dari Pijat hingga Redakan Batuk

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 17 Oktober 2019 08:18
6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Bayi, dari Pijat hingga Redakan Batuk
Tidak hanya untuk orang dewasa saja, manfaat minyak zaitun juga bisa diperoleh bayi, lho. Untuk apa saja?

Dream- Sudah bukan rahasia lagi kalau minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Mulai dari kesehatan kulit, pencernaan hingga rambut. Ternyata, manfaat minyak zaitun ini tidak hanya bisa diperoleh orang dewasa saja, tapi juga bayi.

Minyak zaitun merupakan lemak yang diperoleh dari proses pengolahan buah tanaman zaitun. Produksi minyak sangat alami, tidak menggunakan perlakuan kimia, sehingga murni dan jauh lebih sehat dibanding dengan minyak olahan lain.

Manfaat Minyak Zaitun© Pixabay

Di dalam minyak zaitun, ada banyak kandungan nutrisi seperti kalori, lemak, vitamin E dan K. Kandungan ini membuat minyak zaitun cocok jadi bahan campuran menu diet dan pengganti minyak untuk mengolah makanan bayi, karena tidak memiliki kandungan karbohidrat.

Selain bisa ditambahkan ke makanan bayi, minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk pijat, melembutkan kulit, membersihkan kulit kepala dan ampuh untuk mengatasi batuk pada bayi. Lebih lengkapnya, Sahabat Dream bisa baca penjelasan singkat berikut ini.

1 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Bayi

Pijat bayi secara berkala sangat baik untuk menenangkan bayi, meningkatkan kualitas tidurnya, dan baik untuk pertumbuhannya. Selain itu, memijat bayi sendiri juga baik untuk meningkatkan kualitas hubungan orangtua dan anak.

Manfaat Minyak Zaitun© Shutterstock


Sahabat Dream bisa menggunakan minyak zaitun untuk memijat bayi. Kandungan lemak seimbang dan antioksidan di dalam minyak zaitun sangat baik untuk kulit bayi, membuat kulitnya lebih sehat, halus dan berkilau. Selain itu, minyak alami satu ini memiliki kemampuan regeneratif terhadap jaringan kulit.

Di dalam minyak zaitun juga terdapat lemak sehat, vitamin E, fenolik dan asam oleat yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Tapi perlu diperhatikan, minyak zaitun dapat menyebabkan kulit bayi agar kering, jadi hindari pemakaian minyak zaitun apabila kulit bayi sudah kering.

2 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Makanan Bayi

Sama seperti orang dewasa, minyak zaitun bisa ditambahkan ke makanan bayi. Tapi, dengan syarat bayi sudah memulai MPASI-nya atau sudah berusia lebih dari 6 bulan. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di dalam minyak zaitun bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pankreas bayi.

Manfaat Minyak Zaitun© Pixabay


Sahabat Dream bisa menambahkan kurang lebih seperempat sendok teh saja dalam satu porsi makan anak sekali makan, dan tidak boleh melebihi itu. Konsumsi minyak zaitun yang sesuai takaran, akan lebih efektif. Jangan sekali-kali mencoba melebihkan takaran itu, karena dapat menyebabkan diare pada bayi.

Jangan pula memanasi minyak zaitun, lebih baik gunakan minyak zaitun ketika makanan bayi sudah jadi. Beri 2-3 tetes minyak zaitun, lalu aduk merata.

3 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pencernaan Bayi

Bayi yang baru memulai MPASI-nya biasanya lebih rentan terhadap masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare. Untuk mengatasi masalah ini, Sahabat Dream bisa menggunakan minyak zaitun, tapi bukan untuk dikonsumsi.

Manfaat Minyak Zaitun© Shutterstock


Oleskan minyak zaitun ke area perut bayi dan beri pijatan kecil dengan gerakan memutar searah jarum jam. Cara ini efektif untuk menenangkan pencernaan bayi dan meredakan sembelit yang ia alami. Selain itu, minyak zaitun juga bisa mencegah penumpukan gas, dan membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Manfaat minyak zaitun ini memang belum dipastikan lebih jelas kemanjurannya. Tapi, dari beberapa kasus, sudah banyak yang membuktikan bahwa minyak zaitun mampu membuat bayi sembelit lebih tenang.

4 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Membersihkan Kulit Kepala

Masalah kulit kepala tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi juga bisa dialami oleh bayi. Masalah kulit kepala yang umum dialami bayi ialah cradle cap, masalah kulit kepala mitip ketombe tapi lebih pada pembentukan lapisan kulit kering dan bersisik di kepala.

Manfaat Minyak Zaitun© Pixabay

Untuk mengatasi masalah kulit kepala bayi tersebut, Bunda bisa memanfaatkan minyak zaitun. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala bayi, lalu memijatnya memijatnya dengan menggunakan handuk atau sikat lembut. Setelah itu, bilas kulit kepala bayi dengan air dan keramasi seperti biasa.

Selain mampu mengatasi masalah tersebut, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai minyak rambut, yang berfungsi untuk memperkuat rambut dan melembutkan rambut si kecil.

5 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Bayi

Bayi yang berusia kurang dari 2 tahun, umumnya lebih sering mengenakan popok. Kebiasaan ini bisa menyebabkan masalah baru, terutama bagi bayi yang memiliki kulit sensitif. Kemunculan ruam merah di sekitar pantat bayi, jadi salah satu pertandanya.

Manfaat Minyak Zaitun© Shutterstock


Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, Bunda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk meredakan rasa gatal dan ruam. Cukup dengan membuat emulsi minyak zaitun, mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok air.

Emulsi minyak zaitun yang sudah jadi, bisa langsung dioleskan ke kulit bayi yang mengalami ruam. Biasanya ruam muncul di area pantat dan alat kelamin anak. Oleskan perlahan, bila dalam beberapa hari tak kunjung reda, segera periksakan ke dokter.

6 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Mengatasi Batuk

Satu lagi manfaat minyak zaitun untuk bayi, yaitu ampuh untuk mengatasi dan meredakan batuk. Untuk bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, ASI (Air Susu Ibu) tetap menjadi obat terbaik dan jangan beri obat apapun, atau memberi konsumsi minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun© Shutterstock

Memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi batuk pada bayi, bisa diaplikasikan untuk bayi di usia berapapun dengan menjadikannya minyak pijat. Caranya dengan mencampurkan 3-4 sendok teh minyak zaitun ke dalam gelas, dan mencampurnya dengan minyak alami lain, seperti minyak rosemary dan peppertmint.

Setelah semua minyak tercampur, oleskan ke punggung bayi sebelum ia tidur. Minyak alami ini mampu menenangkan tubuh bayi dan membuat tidurnya jauh lebih nyenyak walau sedang batuk.

Sumber: Mom Juction

Beri Komentar