6 Orang Terluka Akibat Anjloknya KRL di Kebon Pedes

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 10 Maret 2019 12:35
6 Orang Terluka Akibat Anjloknya KRL di Kebon Pedes
Masinis KRL turut terluka.

Dream - Kereta Rel Listrik (KRL) yang anjlok di Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, membuat enam orang terluka. Satu orang terluka yaitu masinis KRL.

" Ada 6 luka, 1 di antaranya laki-laki," ujar petugas kepolisian kepada Liputan6.com, Minggu 10 Maret 2019.

Satu di antaranya korban perempuan dilaporkan mengalami luka patah kaki. Saat ini, keenam korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Salak, Kota Bogor.

KRL yang anjlok yaitu KA 1722 rute Stasiun Jatinegara-Bogor mengalami anjlok pada pukul 10.15 Wib.

Berdasar pandangan saksi mata, Sudarsono, KA 1722 sempat oleng sebelum melewati perlintasan Kebon Pedes.

" Enggak lama gerbong depan anjlok ke kanan lalu dua gerbong di belakangnya ikut terbalik," kata Sudarsono.

Dari tiga gerbong yang terbalik, satu di antaranya gerbong khusus perempuan. Peristiwa tersebut juga mengakibatkan dua tiang listrik aliran atas kereta roboh.

Hingga saat ini, rangkaian kereta masih berada di jalur menunggu petugas untuk melakukan evakuasi.

Sumber: Liputan6.com/Achmad Sudarno

1 dari 2 halaman

Penumpang Terjepit

Dream - KRL rute Jatinegara-Bogor dengan kode 1722 mengalami anjlok di Kebon Pedes, Kota Bogor, Jawa Barat. Salah satu kereta di bagian ujung sampai keluar lintasan lalu ambruk dan menutupi jalur sebaliknya.

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 10.05 WIB. Posisi kereta berada di jalur dari Stasiun Cilebut menuju Stasiun Bogor.

Salah satu penumpng, Nida, mengatakan kereta baru meninggalkan Stasiun Cilebut. Tiba-tiba, kereta mengerem secara mendadak saat dalam perjalanan menuju Stasiun Bogor.

" Jadi pas kereta sudah lewat Stasiun Cilebut di perlintasan Dadali JPL 28 tiba-tiba kereta ngerem mendadak, yang terdengar dari gerbong belakangan guncangan gede banget," ujar Nida, dikutip dari Liputan6.com, Minggu 10 Maret 2019.

Kabel listrik tegangan tinggi di atas kereta ikut tertarik, menyebabkan satu tiang patah. Tiang tersebut kemudian roboh dan menimpa kereta 6 dari rangkaian yang terdiri dari 8 kereta itu.

Menurut Nida, masinis mengalami luka. Terdapat sejumlah penumpang yang terjepit di kereta itu.

" Masinisnya tadi dibawa ke rumah sakit, sekarang masih ada korban di gerbong yang terjepit," kata dia.

2 dari 2 halaman

Evakuasi Terus Berjalan

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah menjalankan proses evakuasi dan pendampingan penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) 1722 yang anjlok di Kebon Pedes, Bogor.

" Petugas dari PT KAI Daop 1 dan PT KCI telah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi penumpang dan KRL," ujar P Komunikasi PT KCI, Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulisnya.

Eva mengatakan, PT KCI masih belum dapat menyimpulkan penyebab anjloknya kereta tersebut.

" Penyebab kejadian tersebut belum dapat disampaikan karena masih proses evakuasi dan akan dilakukan investigasi lebih lanjut," kata dia.

Eva mengatakan, PT KCI memohon maaf atas gangguan perjalanan di lintas Bogor - Jakarta Kota/Jatinegara dan sebaliknya sehubungan dengan adanya anjlokan KA 1722 itu.

" Hingga kini perjalanan KRL lintas Bogor Jakarta Kota/Jatinegara dan sebaliknya belum dapat dilayani," ucap dia.

Beri Komentar