Awas, `Beras Plastik` Dicampur Getah Sintetis Beracun

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 19 Mei 2015 16:51
Awas, `Beras Plastik` Dicampur Getah Sintetis Beracun
Dampak yang ditimbulkan oleh bahan pembuat beras palsu tersebut bisa merusak sistim pencernaan manusia.

Dream - `Beras plastik` yang diduga beredar di pasaran sangat berbahaya bagi masyarakat. Dampak yang ditimbulkan oleh bahan pembuat beras palsu tersebut bisa merusak sistem pencernaan manusia.

Meski namanya `beras plastik`, bahan pembuatnya bukan berarti dari plastik. Menurut laman The Straits Times, Selasa 19 Mei 2015, beras plastik ini terbuat campuran kentang, ubi jalar, dan resin (getah) sintetis yang beracun. Campuran resin beracun inilah yang berbahaya bagi kesehatan. [Baca juga: Dampak konsumsi `Beras Plastik` Bagi Kesehatan]

Berita beredarnya `beras plastik` ini bermula dari China. Beras palsu ini memang jamak dijual di wilayah Taiyuan, Provinsi Shaanxi. Berita itu kemudian menyebar luas melalui sosial media WhatsApp dan Facebook.

`Beras plastik` ini bentuknya persis dengan beras sungguhan. Bedanya, setelah dimasak, nasi dari `beras plastik` ini akan lebih keras. Ahli kesehatan dan gizi memperingatkan beras palsu ini sangat berbahaya untuk sistim pencernaan manusia. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati. [Baca juga: Cara Bedakan Beras Plastik]

Ternyata, `beras plastik` tak hanya tersebar di Indonesia. Beras palsu tersebut dilaporkan juga telah beredar di sejumlah negara Asia. Terutama di negara-negara yang memiliki banyak populasi di pedesaan.

Menurut The Straits Times, selain di Indonesia, `beras plastik` itu diduga juga sudah beredar di Vietnam dan India. Rumor terbaru bahkan menyebut `beras plastik` sudah beredar di Singapura.

Sementara di Malaysia, Kementerian Pertanian dan Industri Berbasis Pertanian setempat mengaku belum menerima laporan peredaran beras palsu ini. Pemerintah Malaysia memastikan akan memberi petunjuk bagi waraganya untuk membedakan `beras plastik` dengan beras sungguhan. 

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival