'Badan, Hidung dan Ekor Lion Air JT610 Terlihat di Teluk Karawang'

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 2 November 2018 11:51
'Badan, Hidung dan Ekor Lion Air JT610 Terlihat di Teluk Karawang'
Potongan pesawat itu tenggelam di Teluk Karawang dengan kedalaman sekitar 30 meter.

Dream - Badan SAR Nasional (Basarnas) bersama TNI Angkatan Laut (AL) kembali bergerak menyisir perairan Teluk Karawang, untuk mencari korban dan bangkai pesawat Lion Air JT 610.

Komandan Satuan Kapal Patroli Koarmada I TNI AL, Kolonel Laut (P) Salim mengatakan, tim penyelam dari TNI AL sudah melihat adanya badan pesawat.

" Hari ini memasuki hari ke lima Satgas AL, SAR beserta gabungan lainya hari ini fokus pencarian pada kerangka ada potongan besar body, nose, mungkin ekornya," kata Salim di atas KRI Sikuda 863, Jumat 2 November 2018.

 Komandan Satuan Kapal Patroli Koarmada I TNI AL, Kolonel Laut (P) Salim

Proses pencarian itu dilakukan tak jauh dari lokasi ditemukannya black box. " Diharapkan juga bagian FDR (Flight Data Recorder) lainnya ditemukan," ucap dia.

Salim menjelaskan, potongan pesawat itu tenggelam di Teluk Karawang dengan kedalaman sekitar 30 meter.

" Dari awal sudah dijelaskan kedalamannya 25-35 meter, 30 meter lah. Potongan besar sudah dideteksi," ujar dia.

1 dari 4 halaman

Pengangkatan Akan Dilakukan Menggunakan Ini

Kabasarnas, Marsekal Madya M Syaugi mengatakan, pengangkatan bangkai pesawat itu rencananya akan menggunakan Kapal Victory milik PT Pertamina.

" Kapal itu menggunakan muring anchor empat, sehingga kapal tesebut berhenti di atas air tanpa bergerak," kata Saugi di Jakarta International Countainer Terminal 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, 2 November 2018.

Syaugi menjelaskan, lokasi roda dan badan pesawat diperkirakan titik koordinatnya berada tidak jauh dari tempat ditemukannya Blac box kemarin. Hal itu diketahui setelah tim menurunkan Remotely Operated Vehicles (ROV). Robot yang bisa melihat dasar laut mendeteksi titik koordinat badan pesawat.

" Setelah itu kita turunkan ROV hanya raidus 40-50 meter," ujar dia.

Ia meminta kepada seluruh tim gabungan agar dapat bekerja sama dengan baik demi kelancaran proses pencarian.

" Kita sinergi siapapun itu demi mencari ini cepat selesai," ucap dia.

2 dari 4 halaman

Temuan Mengejutkan di Lokasi Black Box Lion Air JT610

Dream - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) memaparkan sejumlah temuan berdasarkan visualisasi ROV dan penyelam di lokasi ditemukannya FDR black box Lion Air JT610. Ditemukan roda pesawat, puing badan pesawat dan beberapa korban.

" Ada beberapa korban kita lihat sebarannya cukup luas. Kita melihat hal paling besar, roda pesawat, dua ban begitu, kemudian body cukup besar," kata Kabasarnas Marsekal Madya M Syaugi di posko evakuasi Lion Air di JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis malam.

Ia menjelaskan, temuan ini berdasarkan visualisasi alat canggih ROV yang diturunkan di lokasi penemuan FDR black box hingga pukul 16.30 WIB. Tim penyelam lalu menyisir area dasar laut hingga pukul 17.45 WIB.

" Barang-barang itu ada di bawah kapal (lokasi ditemukan black box). Kita sapu, sisir dari kapal itu ada kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah dan depan," ujarnya.

Jaraknya sekita 40-50 meter. Dan ternyata di situ banyak serpihan besar sepeti yang tim Basarnas ditemukan kemarin.

Ia memanbahkan, tidak semua temuan itu bisa diangkat ke kapal. Tim membutuhkan bantuan alat crane untuk mengangkat puing besar pesawat.

Hingga hari keempat pencarian, sudah ada 56 kantong jenazah yang dibawa ke RS Polri. Baru satu korban yang sudah terindifikasi atas nama Jannatun Cintya Dewi.

3 dari 4 halaman

Penyelam Banyak Temukan Korban Lion Air JT610 di Bawah Laut

Dream - Tim penyelam TNI Angkatan Laut (AL) menemukan badan pesawat Lion Air JT 610 dalam bentuk serpihan-serpihan kecil. Selain itu, mereka juga banyak menemukan bagian tubuh korban di dalam air.

Penemuan puing dan bagian tubuh itu berada di kedalaman 25 hingga 35 meter di bawah laut.

" Karena posisinya puing itu memang setelah diselami ternyata pecah tidak ada yang utuh. Tapi itu berserakan. Di dalam air masih bekerja, masih di dalam air dan masih bekerja dan moga-moga bagian yang masih besar. Tapi untuk diidentifikasi itu benar adalah pesawat Lion," kata Komandan Satuan Tugas SAR Kolonel Isswarto dikutip Dream dari Merdeka.com, Kamis 1 November 2018.

Hingga saat ini tim penyelam masih terus bekerja di dalam air. " Terdiri dari Kopaska masih bekerja terus. Kita bekerja bersama agar kita bisa mengerjakan misi ini," ujarnya.

Diketahui, badan pesawat Lion Air JT610 sudah ditemukan secara tersebar. Jaraknya 100-200 m dari ditemukannya black box dengan koordinat 05 48' 46.42" S,107 07'36.88" E.

(Sumber: Merdeka.com)

 

4 dari 4 halaman

Penampakan Penumpang Lion Air JT610 Sesaat Sebelum Terbang

Dream - Proses evakuasi korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang hingga kini masih terus berlanjut.

Tragedi kecelakaan pesawat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang itu tentu menorehkan duka mendalam, tak hanya bagi keluarga tapi juga kepada kerabat korban.

Belum lama ini seorang kerabat salah satu penumpang Lion Air JT 610 bernama Hizkia Jorry Saroinsong atau yang kerap disapa Jorry, membagikan sebuah foto yang menunjukkan suasana sesaat sebelum pesawat tersebut lepas landas Senin (28/10/2018) pagi.

“  Jorry, teman seangkatan saya, FISIP 2013 ada di pesawat Lion #JT610 pagi ini. Ini suasana persis sebelum dia naik pesawat. Sampai siang tadi saya dan teman-teman sekampus masih berharap Jorry selamat, tetapi baru saja diumumkan prediksi @SAR_NASIONAL tidak ada yang selamat,” tulis akun @Cittairlanie.seperti dilansir Liputan6.com. 

 

  Cania Lolipop@Cittairlanie    

Jorry, teman seangkatan saya, FISIP 2013 ada di pesawat Lion pagi ini. Ini suasana persis sebelum dia naik pesawat. Sampai siang tadi saya dan teman-teman sekampus masih berharap Jorry selamat, tetapi baru saja diumumkan prediksi @SAR_NASIONAL tidak ada yang selamat...

Twitter Ads info and privacy  

Nyatanya Jorry sempat mengabadikan momen tersebut melalui akun Instagram-nya dengan nama @ezjosa. Pada foto itu terlihat suasana ketika para penumpang sedang mengantre untuk masuk ke dalam kabin pesawat.

  Salah satu korban Lion Air JT610

Dalam keterangan foto tertulis “ telat bangun mba?” hal ini nampaknya merujuk kepada dua pramugari yang turut serta dalam antrean tersebut. (ism, sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan