Bali Diguncang Gempa Magnitudo 3,4

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 16 Januari 2020 09:45
Bali Diguncang Gempa Magnitudo 3,4
Menurut BMKG, gempa itu berjenis dangkal dari aktivitas sesar lokal aktif.

Dream - Gempa bumi tektonik terjadi di Karangasem, Bali sekitar pukul 06.13 WITA. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa itu bermagnitudo 3,4.
 
"Episenter terletak pada koordinat -8,4 LS dan 115,69 BT," tulis akun Instagram @infobmkg seperti diakses Dream, Kamis 16 Januari 2020.
 
Dari koordinatnya, pusat gempa berada di laut dengan jarak 23 kilometer tenggara Karangasem. BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.
 
Menurut BMKG, gempa itu berjenis dangkal dari aktivitas sesar lokal aktif.
 
Masyarakat yang berada di wilayah Karangasem juga merasakan gempa. Selain itu, barang-barang yang tergantung juga bergoyang ketika gempa terjadi.
 
"Goncangan dirasakan di wilayah Karangasem II-III Modified Mercalli Intensity (MMI)," kata BMKG.
 
 
 
 
 
View this post on Instagram

**GEMPABUMI TEKTONIK M=3,4 DIRASAKAN DI KARANGASEM** *Kejadian dan Parameter Gempabumi* Kamis, 16 Januari 2020 pukul 06.13.18 WITA, wilayah Karangasem diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,4. Episenter terletak pada koordinat -8,48 LS dan 115,69 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km tenggara Karangasem, Bali pada kedalaman 13 km. *Jenis dan Mekanisme Gempabumi* Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal aktif. *Dampak Gempabumi* Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem II-III MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)*. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. *Gempabumi Susulan* Hingga pukul 07.18 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas Gempabumi susulan. *Rekomendasi* Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. Denpasar, 16 Januari 2020 Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS

A post shared by BMKG (@infobmkg) on

1 dari 2 halaman

Garut Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,1

Dream - Warga yang memulai aktivitas pagi di wilayah Garut, Jawa Barat, dikejutkan dengan gempa bumi dengan magnitudo 5,1. Gempa terjadi sekitar pukul 06.12 WIB.

Menurut laporan, gempa menyebabkan guncangan di tanah. Warga langsung keluar rumah agar terhindar dari reruntuhan bangunan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa tersebut berpusat pada jarak 120 kilometer barat daya Kabupaten Garut.

BMKG menyebut, gempa tersebut berada di kedalaman 10 kilometer. Gempat tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada. Jangan percaya isu yang tidak jelas sumbernya.

2 dari 2 halaman

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Aceh

Dream - Gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang wilayah utara Pulau Sumatera.

Dari laporan yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Selasa, 7 Januari 2019 pukul 13.09:15 WIB gempa berada di laut, 24 kilometer barat daya Sinabang, Simeuleu, Aceh

Gempa berada di kedalaman 13 kilometer. BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Dari catatan BMKG, gempa berkekuatan Modified Mercalli Intensity (MMI) skala III dirasakan di Tapak Tuan dan Singkil, Aceh; Gunung Sitoli, Nias Utara, dan Medan, Sumatera Utara.

Sementara itu, skala II MMI dirasakan di Nias Barat Sumatera Barat, dan Meulaboh, Aceh.

" Pusdalops saat ini sedang mengkonfirmasi (dampak) ke BPBD terkait," tulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam