CONNECT WITH US!

Bermodal `Kesedihan`, Pengemis Raup Rp35 Juta per Bulan

Reporter : Maulana Kautsar | Selasa, 13 Maret 2018 09:00
Ilustrasi
Pengemis menjadi masalah sosial yang pelik di negara tetangga.

Dream - Pengemis kini menjadi masalah sosial bagi Malaysia. Bermodalkan wajah memelas, tiap pengemis di persimpangan Johor Baru diperkirakan mampu mendapatkan uang RM 300, setara Rp1,05 juta sehari,  RM10 ribu setara Rp35 juta sebulan.

Para pengemis itu kerap berpindah untuk menghindari dari razia yang digelar dinas terkait. Dilaporkan Mynewshub, Kepala Dinas Sosial Johor Baru, Normawarni Mahat, mengatakan para pengemis tersebut muncul karena masalah keuangan yang dialami.

" Mereka tidak memiliki pekerjaan tetap, pencandu alkohol, dan mantan pecandu narkoba," kata Mahat.

Menurut Mahat, orang-orang dengan kategori itu rela mengemis karena uang yang didapat lumayan besar. Dia mengaku menerima keluhan dari masyarakat mengenai keberadaan para pengemis tersebut.

Dinas Sosial Johor Baru telah mengamankan sebagian dari para pengemis itu. Mereka adalah dua perempuan Rohingya bersama empat orang anaknya berusia enam bulan hingga tiga tahun, juga seorang lelaki dengan kendala fisik asal Vietnam.

Mahat mengatakan tiga pria lokal berusia 50 hingga 60 tahun juga turut dijaring. " Tiga pria itu pernah melakukan kesalahan serupa pada 2016. Ketika itu mereka dibebaskan dengan syarat tidak melakukan kesalahan serupa," ucap dia.

" Tetapi, karena mengulangi kesalahan serupa, tiga orang itu akan dikirim ke lembaga amal untuk menjalani pemulihan," kata dia menambahkan.

Mahat mengimbau masyarakat dapat melaporkan para pengemis lain. Dia juga meminta masyarakat tak mudah simpati karena kondisi itu akan dimanfaatkan sebagai sumber keuangan para pengemis.

Alasan Nikita Mirzani Cerai Dari Dipo Latief