BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Bio Farma

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 16 Februari 2021 16:00
BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Bio Farma
Vaksin Bio Farma diberi nama Vaksin Covid-19.

Dream - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authoritazation/EUA) untuk vaksin Covid-19 yang diproduksi Bio Farma. Vaksin tersebut kini dapat digunakan untuk program vaksinasi nasional.

" Pada hari ini, 16 Februari 2021 bisa disetujui dan didapatkan EUA dari Badan POM," ujar Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito, dalam konferensi pers yang disiarkan channel YouTube Badan POM RI.

Penny mengatakan, izin ini diberikan meskipun vaksin produksi Bio Farma memiliki kesamaan dengan vaksin buatan Sinovac dari sisi keamanan, mutu, dan khasiatnya. Ini karena terdapat perbedaan tempat produksi maupun kemasan.

" Vaksin produksi Bio Farma ini diberi nama Vaksin Covid-19 dengan nomor UEA 2102907543A1," kata Penny.

Menurut Penny, vaksin produksi Sinovac dibuat dalam kemasan single dose (dosis tunggal). Sedangkan vaksin buatan Bio Farma dibuat dalam kemasan multiple dose (banyak dosis dalam satu kemasan.

" ini tentunya lebih efisien, lebih efektif," kata Penny.

 

1 dari 1 halaman

Menurut Penny, vaksin ini dikemas masing-masing 5 ml satu dosis. Dalam satu vial berisi 10 dosis, kemudian dikemas dalam 10 vial.

" Stabil disimpang dalam suhu 2-8 derajat Celcius," kata dia.

Setiap vial dilengkapi kode baris (barcode). Penny juga menegaskan pemantauan mutu terus dilakukan selama vaksin didistribusikan hingga digunakan dalam vaksinasi.


Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar