Tak Tahan Saat Bikin Kopi Sianida, Ahli Hentikan Percobaan

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 25 Agustus 2016 16:21
Tak Tahan Saat Bikin Kopi Sianida, Ahli Hentikan Percobaan
Ahli Toksikologi Forensik I Made Agus Gelgel Wirasuta mengaku sempat membuat lima Vietnamese Ice Coffee di Kafe Olivier untuk percobaan.

Dream - Ahli Toksikologi Forensik, I Made Agus Gelgel Wirasuta, mengaku sempat membuat lima gelas Vietnamese Iced Coffee di Kafe Olivier. Minuman ini sama dengan yang diseruput Wayan Mirna Salihin sebelum tewas.

Lima gelas kopi tersebut digunakan sebagai bahan percobaan untuk membuktikan minuman yang menewaskan Mirna mengandung sianida atau tidak.

" Terdapat reaksi yang berbeda-beda dari percobaan lima kopi Vietnam yang dicampur sianida," kata Made dalam persidangan kasus kematian Mirna dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis 25 Agustus 2016.

Percobaan pertama, Made terlebih dulu memasukkan sianida, kemudian dilanjut es batu, susu, kopi dan air panas secara berurutan. Setelah diaduk, kopi tersebut mengeluarkan bau menyengat.

1 dari 2 halaman

Bau Menyengat

Pada percobaan ke dua, Made memasukkan es batu terlebih dulu, lalu sianida, susu, kopi, dan air panas. Setelah diaduk, muncul aroma yang sedikit menyengat.

Di percobaan ke tiga, dia memasukkan es batu, susu, kemudian sianida, kopi, dan air panas. Ketika diaduk, hasilnya menimbulkan bau cukup menyengat hingga kuat.

" Percobaan ke empat, saya memasukkan es batu, susu, kopi, sianida, dan air panas. Setelah diaduk kopi itu menimbulkan bau menyengat hingga ke seluruh ruangan," ucap dia.

2 dari 2 halaman

Tak Kuat Saat Percobaan

Pada percobaan ke lima, Made memasukkan es batu, susu, kopi, air panas, dan sianida. Setelah diaduk hasilnya menimbulkan bau yang sedikit menyengat.

Made sempat berencana melakukan percobaan dengan memasukkan air panas terlebih dahulu kemudian sianida. Tetapi hal itu urung dilakukan karena menimbulkan efek bau yang sangat kuat.

" Saya sampai keluar dari ruangan karena tidak tahan dengan baunya. Akhirnya percobaan itu tidak jadi saya lakukan," ujar Made.

Beri Komentar