China Akan Kontrol Gerak-gerik dan Beri Skor Warga Lewat CCTV

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 18 September 2019 19:00
China Akan Kontrol Gerak-gerik dan Beri Skor Warga Lewat CCTV
Jika skornya rendah, lambat laut akan disulitkan dengan berbagai pengurangan fasilitas oleh negara...

Dream - Pepatah mengatakan, " apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai" . Adagium itu rupanya digunakan China membangun " kredit sosial" untuk melakukan kontrol terhadap 1,4 miliar penduduknya.

Dikutip dari the vocket, aturan ini dikeluarkan oleh Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China. Setiap pelayanan yang didapatkan warga China akan bergantung dari tingkah laku mereka.

Warga yang suka bikin ulah atau tidak menaati kewajiban sebagai warga negara, lambat laun akan dipersulit dengan berbagai pengurangan fasilitas oleh negara.

1 dari 5 halaman

Lewat CCTV

Sistem Kredit Sosial China telah mengadopsi teknologi Artificial Intelligence atau AI sistem pengenalan wajah. 

Pemerintah telah memasang kamera pengawasan CCTV sebanyak 200 juta kamera cerdas sejak beberapa tahun lalu dan akan terus bertambah.

 Kredit sosial

Nantinya aktivitas setiap warga China yang terpantau CCTV akan memiliki skor, seperti kartu penilaian pribadi.

Semisal ada seseorang yang membuang sampah sembarangan, atau menerobos lampu merah, maka skornya akan dikurangi.

Mereka yang memiliki " skor warga" teratas mendapatkan perlakuan istimewa di hotel dan bandara, pinjaman murah, dan jalur cepat ke universitas dan pekerjaan terbaik.

Tetapi mereka yang berada di skor bawah dapat dikunci dari masyarakat dan dilarang bepergian, atau dilarang mendapatkan kredit atau pekerjaan pemerintah.

2 dari 5 halaman

Skor Individu

Aplikasi ponsel cerdas juga akan digunakan untuk mengumpulkan data dan memantau perilaku online sehari-hari.

Kemudian, data besar dari sumber yang lebih tradisional seperti catatan pemerintah, termasuk pendidikan dan medis, penilaian keamanan negara dan catatan keuangan, akan dimasukkan ke dalam skor individu.

 Kredit sosial

Percobaan kredit sosial sekarang dalam berbagai tahap pengembangan di setidaknya selusin kota di seluruh China.

Beberapa perusahaan bekerja dengan negara untuk menasionalkan sistem, mengoordinasi dan mengonfigurasi teknologi, dan menyelesaikan algoritma yang akan menentukan skor warga negara.

Ini mungkin proyek rekayasa sosial terbesar yang pernah dicoba, suatu cara untuk mengendalikan dan memaksa lebih dari satu miliar orang.

Sistem Kredit Sosial China akan segera diaktifkan di tahun 2020. Walaupun sistem ini sudah mulai dipraktikkan sejak tahun 2014. Jika berhasil, itu akan menjadi kediktatoran digital pertama di dunia.

3 dari 5 halaman

Berikut Pengalaman Lengkapnya

4 dari 5 halaman

18 Hal Unik yang Hanya Ada di China

Dream - Peradaban China telah berkembang selama ribuan tahun. Ribuan penemuan indah telah dibuat di negeri Tirai bambu, yang kemudian turut mengubah dunia.

Tak pernah mati. Hingga hari ini ada bahkan banyak hal mengejutkan dari sana. Seperti gambar-gambar yang dikumpulkan oleh BrightSide.me berikut ini.

Gambar-gambar tersebut menunjukkan betapa kehidupan sehari-hari di China sangat berbeda dan lain daripada yang lain.

Simak 18 gambar di bawah ini:

5 dari 5 halaman

Ada Banyak Hal Mengejutkan di Sana!

18. Mereka makan segala yang bergerak

Supermarket dan bazaar yang digelar biasanya menawarkan berbagai pilihan satwa liar untuk dimakan, mulai dari buaya, kura-kura, hiu, katak, anjing, kucing, kecoak, hingga belatung. Masakan lokal sangat beragam, jadi pastikan untuk bertanya pelayan tentang isi hidangan jika memesan makanan di sana.

17. Celana khusus anak-anak

Orang tua di China biasanya memakaikan celana dengan lubang pada anak-anak usia 2 hingga 3 tahun. Sehingga mereka bisa kencing di manapun dan kapanpun dengan mudah.

16. Pakai piyama di tempat umum

Bagi orang China, memakai piyama atau baju tidur di tempat umum adalah hal biasa dan tidak aneh.

15. Makan mie umur panjang

Mie umur panjang adalah hidangan tradisional yang dibuat untuk ulang tahun, pesta pernikahan, dan saat merayakan Imlek. Dengan panjang hingga beberapa meter, mie umur panjang akan mengisi mangkuk sampai penuh. Semakin panjang dan padat mie, semakin panjang umur dan kaya kehidupan seseorang yang memakannya.

14. Kereta api super cepat

Ada rute di China di mana kereta super bisa mencapai kecepatan rata-rata 350 km/jam. Tujuan diciptakan kereta api ini adalah untuk menghubungkan daerah terpencil di negara ini sembari menciptakan alternatif transportasi yang lebih murah dari penerbangan. Rekor kecepatannya tercatat pada 2010, saat sebuah kereta mencapai kecepatan 486 km/jam. Itu adalah salah satu kereta tercepat di dunia.

13. Ulang tahun dirayakan 10 tahun sekali

Banyak orang China yang merayakan ulang tahun mereka menurut tradisi lama, yaitu 30 hari setelah kelahiran, kemudian satu tahun setelah kelahiran, di usia 6 tahun, dan setelah itu setiap 10 tahun sekali. Perayaan ulang tahun besar-besaran dirayakan pada usia 60 dan 80 tahun.

Namun ada beberapa usia tertentu yang sengaja dilewati. Kebanyakan wanita tidak merayakan ulang tahun ke-30, ke-33, dan ke-66. Mereka percaya saat di usia-usia tersebut akan mengalami nasib buruk sepanjang tahun. Sementara kaum pria melewatkan ulang tahun mereka yang ke-40 dengan alasan yang sama.

12. Tukang cukur rambut di mana-mana

Seperti halnya di Indonesia, tukang cukur rambut di China bertebaran di mana-mana. Para pelanggan bisa menemukannya di kedai atau di pinggir jalan. Selain cepat, cukur rambut di tempat semacam ini juga murah tarifnya.

11. Bukan anjing, tapi angsa

Rumah-rumah di China tidak mengandalkan anjing untuk menjaga rumah dari pencuri atau perampok. Mereka memilih angsa yang terkenal berisik jika bertemu orang asing. Selain itu tentara China juga masih menggunakan merpati untuk mengirim pesan. Diyakini ada 10.000 ekor merpati pos dipelihara oleh Angkatan Darat China.

10. Aneka telur asin

Telur asin adalah camilan populer di China. Cara membuatnya mudah. Telur ayam segar dilapisi teh, kapur, garam, abu, dan tanah liat. Setelah itu dibungkus jerami dan sekam padi, lalu dikubur selama 3-4 bulan.
Ada juga telur asin bernama Tongzi Dan yang unik. Telur asin ini terbuat dari telur ayam yang direbus dalam larutan air kencing anak laki-laki yang belum menginjak pubertas selama satu hari penuh.

9. Robot pelayan

Di China, wisatawan mungkin akan terkejut saat melihat restoran di mana segala sesuatunya mulai dari memasak hingga menyajikan masakan dilakukan oleh robot. Restoran semacam ini pertama dibuka di sebuah institut penelitian beberapa tahun yang lalu dan menjadi sangat populer. Sekarang ada juga warga biasa yang membeli robot semacam itu untuk membantu mereka di rumah.

8. Pabrik nyamuk terbesar

Aneh? Ya, di China ada pabrik nyamuk yang mampu menghasilkan 20 juta ekor setiap minggunya. China mungkin bisa berbangga menjadi penghasil nyamuk terbesar di dunia. Nyamuk-nyamuk ini dikembangbiakkan untuk melawan nyamuk betina pembawa virus demam berdarah.

Ilmuwan China menginfeksi nyamuk jantan dengan bakteri khusus yang membuat mereka tidak subur, dan kemudian mereka dibebasliarkan menginfeksi nyamuk betina. Akibatnya nyamuk betina tidak punya keturunan sehingga tidak ada lagi nyamuk penyebar demam berdarah.

7. Pengumpan kepik

Kepik atau ladybugs adalah predator bagi serangga hama yang menyerang tanaman. Karena itu banyak warga China yang membeli pengumpan kepik untuk menarik mereka tinggal di kebun dan rumah kaca sehingga bebas dari serangga hama seperti kutu daun.

6. Es krim kacang hijau

Es krim sebenarnya berasal dari China dan dibawa ke Eropa oleh Marco Polo hingga mendunia sampai sekarang. Namun bangsa China terus membuat kejutan dengan menciptakan es krim yang tak biasa. Rasa es krim paling populer di China saat ini adalah es krim rasa kacang hijau.

5. Libur panjang saat Imlek

Pemerintah China merayakan Imlek atau Tahun Baru China dengan memberikan libur panjang selama 2 minggu penuh kepada rakyatnya. Saat inilah warga China di perantauan akan mudik secara bersamaan sehingga wisatawan asing harus maklum dengan kemacetan dan kekacauan yang terjadi di jalanan di sana.

4. Kue keberuntungan dari Jepang

Tradisi kue keberuntungan sebenarnya adalah budaya Jepang. Orang-orang China hanya melestarikan dan meramaikannya saat mereka merayakan Imlek. Kue keberuntungan ini hanya populer di Amerika Serikat.

3. Kota hantu dan 64 juta gedung kosong

Meski sekira 30 juta orang tinggal di rumah biasa dan yang lainnya bertahan hidup di apartemen seukuran lemari pakaian, kota-kota hantu yang luas dibiarkan kosong di China. Menurut berbagai sumber, ada sekitar 64 juta gedung pencakar langit yang dibiarkan kosong karena tidak ada yang tinggal di dalamnya. Kota hantu yang paling terkenal adalah Ordos.

2. Ping pong jadi olahraga nasional China

Meski sepak bola ditemukan di China, tapi ping pong yang berasal dari Inggris justru jadi olahraga nasional di Negeri Tirai Bambu. Sebaliknya, Inggris justru menjadi negara penghasil pemain sepak bola terkenal di dunia.

Sepak bola ditemukan di China pada abad ke 2 Sebelum Masehi sebagai sarana untuk melatih tentara. Sementara ping pong yang ditemukan di Inggris pada 100 tahun yang lalu justru menjadi olahraga populer di China. Dan kebetulan sekali nama ping pong terdengar seperti bahasa Mandarin. 

Sehingga bagi yang tidak tahu akan menganggap ping pong berasal dari China.

1. China gudangnya lingerie aneh-aneh

China menjadi salah satu negara yang aktif dalam perkembangan fashion dunia dengan keunikan desainnya, khususnya pakaian dalamnya.

Meski kebanyakan warganya tidak peduli dengan pendidikan seks, tapi toko pakaian dalam di China menjual lingerie yang aneh-aneh.

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi