RUU KUHP, Sekelas Hotman Paris pun Bingung!

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 25 September 2019 19:02
RUU KUHP, Sekelas Hotman Paris pun Bingung!
Siapa yang diuntungkan? Ini kata Hotman.

Dream - Setelah aksi unjuk rasa mahasiswa yang menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), kritik datang dari pengacara kodang, Hotman Paris Hutapea.

Hotman menyoroti dua pasal dalam rancangan perubahan hukum pidana yang sudah berusia 100 tahun lebih itu, yakni Pasal 15 dan Pasal 419.

" Aku bingung nih," ujar Hotman dalam video yang diunggah ke akun instagram pribadinya @hotmanparisofficial, Rabu, 25 September 2019.

Hotman menyebut Pasal 15 RKUHP itu unik. Seandainya RKUHP disahkan, Indonesia akan menjadi satu-satunya negara yang memiliki masa percobaan untuk terpidana mati selama 10 tahun.

" Belum ada negara di dunia pun yang Kitab Undang-undang Hukum Pidananya seperti itu," ujar dia.

Hotman menjelaskan, pasal itu akan membuat gembong narkoba diuntungkan. Dia menyebut gembong narkoba akan mati-matian melakukan percobaan hukuman mati selama 10 tahun.

" Dia akan lobi agar hukuman matinya berubah," ucap dia.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dr. Hotman Paris Hutapea SH MH (@hotmanparisofficial) on Sep 24, 2019 at 9:27pm PDT

1 dari 5 halaman

Pasal Kumpul Kebo

      View this post on Instagram

A post shared by Dr. Hotman Paris Hutapea SH MH (@hotmanparisofficial) on Sep 24, 2019 at 10:07pm PDT

Hotman juga memiliki pandangan tersendiri mengenai Pasal 419. Pasal itu akan membuat banyak pasangan nikah siri di Indonesia masuk bui seandainya ada laporan dari keluarga.

" KUHP mengakui kawin sah menurut hukum negara," kata dia.

Hotman mempertanyakan nasib para pasangan yang menikah siri di desa.

" Nanti orangtua istri pertama atau anak istri pertama mengadukan bisa kena pasal ini, enam bulan penjara, ini bisa kena ribuan ini," ujar dia. (ism)

2 dari 5 halaman

Hotman Paris Ingin Sumbang Polisi `Spiderman` Pasar Minggu

Dream - Hotman Paris Hutapea menyoroti kasus polisi yang menempelkan badannya di atas kap mobil Honda Mobilio, di Jalan Pasar Minggu, Senin 17 September 2019.

Pengacara kondang itu ingin memberi sumbangan polisi tersebut. Hotman ingin membantu biaya pendidikan anak polisi tersebut.

" Kalau diizinkan pimpinan Polri, Hotman mau sumbang biaya sekolah ke anak Pak Polisi ini! Kapan Hotman bisa ketemu Pak Polisi ini? Tangkap pelaku nyetir mobilnya! Kita dukung Pak Polisi," tulis Hotman di Instagram, Selasa 17 September 2019.

Unggahan Hotman Paris Hutapea (Foto: Instagram)© Instagram

Unggahan Hotman Paris Hutapea (Foto: Instagram)

Anggota polisi yang menempel bak Spiderman di kap mobil itu bernama Bripka Eka Setiawan. Dia merupakan anggota Unit Lantas Polsek Pasar Minggu.

Menurut Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum, Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir, pengemudi Honda Mobilio bernomor polisi B 1856 SIN itu enggan kooperatif.

Untuk mencegah pelaku kabur, mobil derek pun sengaja di taruh di depan kendaraan miliknya.

" Meskipun sudah dilakukan penghalangan, tetapi pengemudi kendaraan Honda Mobilio tetap melajukan kendaraan dan menabrakan kendaraan ke arah Bripka Eka," ucap dia.

Bripka Eka terseret hingga 200 meter sebelum mobil yang dikendarai TPD menabrak kendaraan lain. " Setelah berhenti, polisi langsung mengamankan pengemudi," kata dia.

Akibat peristiwa itu, Bripka Eka mengalami beberapa luka dan berkoordinasi dengan Polsek Pasar Minggu untuk melakukan melaporkan peristiwa yang dialaminya.

3 dari 5 halaman

Jadi Juru Damai Garuda Indonesia-Rius Vernandus, Hotman Paris Tolak Honor

Dream - Perseteruan antara Garuda Indonesia dengan YouTuber Rius Vernandes berakhir damai. Kedua pihak bersepakat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi secara kekeluargaan.

Di balik perdamaian tersebut, rupanya ada sosok Horman Paris Hutapea. Pengacara pemilik acara Kopi Joni itu mengaku sempat diminta Garuda Indonesia untuk menjadi kuasa hukum mereka. 

Namun Hotman menolak permintaan tersebut. Hotman memilih menjadi penengah dari perseteruan Garuda dan Youtuber tersebut.

" Aku lebih suka jadi juru damai. Honor nanti-nanti saja, kalau pengacara lain langsung gugat, benar nggak?" ujar Hotman di Jakarta, Jumat 19 Juli 2019.

Damai Garuda Indonesia dengan Rius© KLY

Hotman jadi saksi damai Garuda Indonesia dengan Rius Vernandes (KLY)

Pengacara kondang ini mengatakan hanya bertekad untuk mendamaikan Serikat Pekerja Garuda Indonesia dengan Rius. Dia juga menyatakan tidak mau menerima honor dari Garuda Indonesia.

" Ketemu dengan Garuda, jangan bayar saya. Misi saya damaikan, cabut segera, Itu saya sampaikan di gedung Garuda. Maka tercapai dengan hitungan jam," ucap dia.

 

4 dari 5 halaman

Peran Dirut Garuda Indonesia

Selain itu, Hotman mengakui ada juga peran Direktur Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dalam perdamaian tersebut.

Damai Garuda Indonesia dengan Rius© KLY

Jabat tangan damai Rius Vernandes, Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara, dan perwakilan Serikat Pekerja Garuda Indonesia (KLY)

" Jujur tanpa beliau tidak mungkin perdamaian cepat selesai," ucap dia.

Kasus ini bermula ketika Rius menggunakan pesawat Garuda Indonesia rute Sidney-Denpasar pada Sabtu, 17 Juli 2019. Rius mengunggah keluhannya mengenai menu makan di kelas bisnis hanya ditulis tangan melalui Instagram Story-nya @rius.vernandes.

5 dari 5 halaman

Jakarta Banyak Orang Nyinyir, Hotman Paris Jual Aset & Pindah ke Bali

Dream - Hotman Paris sudah bosan tinggal di Jakarta. Pengacara kondang itu bahkan sudah mulai menjual aset-asetnya di ibu kota.

Hotman mengumumkan rencana pindah itu melalui akun Instagram, @hotmanparisofficial. Dia bahkan merilis sejumlah aset yang akan dilego. Mulai ruko hingga apastemen mewah.

" Semua milik Hotman di SCBD mau disewakan! Kantor paling elite di kompleks Mall PP (Pacific Place)! Cepat sebelum habis tersewa," tulis Hotman, Sabtu 14 Juli 2019.

Hotman Paris Sewakan Apartemen© Instagram @hotmanparisofficial

Selain kompleks perkantoran di SCBD, Hotman juga menjual sejumlah unit apartemen di beberapa lokasi di Jakarta, Bekasi, dan Bandung.

Unggahan Hotman Paris (Foto: Instagram)© Instagram

Unggahan Hotman Paris (Foto: Instagram)

Hotman menjual dan menyewakan aset miliknya karena ingin pindah ke Bali. " Bosan di Jakarta lihat banyak manusia nyinyir mulu tapi keluarga berantakan! Bosan pemandangan di Jakarta," kata Hotman.

Hotman menyebut, semua properti yang dijual merupakan milik keluarga Hotman Paris atau bagian dari investasi keluarganya.

Beri Komentar