Saudi Tolak Intervensi Investigasi Tragedi Mina

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 30 September 2015 11:44
Saudi Tolak Intervensi Investigasi Tragedi Mina
Arab Saudi membuka tangan menampung bantuan dari negara-negara sahabat jika ingin membantu proses investigasi.

Dream - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa bin Ibrahim Al Mubarak menyatakan enggan berspekulasi terkait tragedi Mina. Dia memilih menunggu hasil investigasi yang tengah berjalan.

" Kami masih menunggu hasil investigasi. Jika hasilnya sudah keluar, maka akan diumumkan secara transparan dan teliti," katanya dalam perayaan Hari Nasional Arab Saudi, di Ciputra World, Selasa, 29 September 2015 malam.

Pernyataan itu sekaligus menjawab berbagai pertanyaan seputar pertanggungjawaban otoritas Arab Saudi pada korban tragedi Mina. Menurut dia, pemerintah Arab Saudi tengah membahas persoalan tersebut.

" Kita semua akan berbincang mengenai itu di lain kesempatan. Yang pasti kejadian Mina merupakan tragedi yang memilukan dan sangat menyedihkan," jelasnya.

Arab Saudi akan menyambut baik adanya bantuan dari negara-negara lain. Tetapi, bantuan yang dia maksudkan bukan untuk intervensi terhadap investigasi korban, melainkan sekadar konsultasi dan pencocokan data.

" Kami menyambut baik bantuan negara-negara lain, termasuk Indonesia. Kami membuka tangan untuk itu. Tapi, bantuan itu bukan untuk mengintervensi," jelasnya. (Ism)

Beri Komentar