Fakta Sebenarnya Peselancar Filipina Selamatkan Atlet Indonesia

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 11 Desember 2019 09:01
Fakta Sebenarnya Peselancar Filipina Selamatkan Atlet Indonesia
Unggahan ini untuk menepis berita miring mengenai tenggelamnya Arip.

Dream - Nama peselancar Filipina, Roger Casugay menghebohkan jagad media sosial. Namanya dijunjung bak pahlawan karena merelakan emas demi `menyelamatkan` atlet Indonesia, Arip Nurhidayat.

Aksi heroik itu terdengar hingga Istana Negara. Presiden Joko Widodo memuji aksi tersebut melalui unggahan di berbagai kanal media sosial miliknya.

Setelah isu itu ramai dibicarakan, Roger angkat bicara. Dia membuat video klarifikasi bersama Arip.

Video itu dia unggah di Instagram Arip @mencosss. "The True Story. Inilah cerita langsung dr sumbernya atas apa yg terjadi saat semifinal2 Sea Games. Video ini dibuat atas kemauan @roger_casugay utk menepis berita2 miring yg sdh viral di sosmed kedua negara. #wewinasone #seagames2019" kata Arip.

 

1 dari 5 halaman

Bukan Lambaian Tangan Meminta Tolong

Roger menjelaskan, Arip sebetulnya tidak tenggelam saat peristiwa itu. " Arip tidak tenggelam," kata Roger dalam video 1 menit 08 detik itu.

Roger menjelaskan, banyak orang mengira Arip mengalami tenggelam karena lambaian tangannya. Roger menyebut, lambaian tangan itu sekadar memberi tahu bahwa Arip meminta papan cadangan.

" Tapi saat Arip menembus ombak, juri di menara penjurian memintaku untuk menemani Mencos (sapaan Arip)" kata dia.

" Aku membawa papanku dan meminta mengajak Mencos melewati ombak dengan tujuan dapat menuju daratan karena semua orang panik dan ketakutan," ucap dia menambahkan.

Meski salah paham, Arip mengapresiasi akses Roger. " Terima kasih Roger," kata Arip sembari memeluk Roger.

2 dari 5 halaman

Aksi Peselancar Filipina Lepas Emas Demi Selamatkan Atlet Indonesia

Dream - Dalam sebuah kompetisi atau pertandingan, tidak ada kamus tolong menolong meski lawan dalam kondisi susah.

Jika perlu, lawan harus dikalahkan apa pun risikonya. Namun tidak demikian dengan yang terjadi di Filipina ini.

Sebuah insiden heroik dan mengharukan terjadi di tengah kompetisi ketat cabang selancar SEA Games 2019 yang digelar di Provinsi La Union.

Peselancar Filipina, Roger Casugay, memilih untuk menyelamatkan saingannya dari Indonesia, Arip Nurhidayat.

Casugay benar-benar membuang peluangnya untuk memenangkan medali emas di cabang olahraga tersebut.

3 dari 5 halaman

Aksi Heroik?

Laman resmi Facebook SEA Games 2019 membagikan postingan netizen Jefferson Ganuelas yang memperlihatkan aksi heroik Casugay.

Di postingan tersebut, disebutkan bagaimana Casugay menyelamatkan Arip dari gulungan ombak besar.

" Di tengah-tengah kompetisi selancar openboard longboard pria, tali pengikat Arip Nurhidayat dari Indonesia terlepas dan dia tersapu oleh ombak. Roger Casugay dari Filipina datang untuk menyelamatkannya, mengesampingkan persaingan yang sedang berlangsung untuk memperebutkan emas. Beginilah seharusnya #WeWinAsOne. #2019SEAGames #PHforOne."

Foto detik-detik Casugay menyelamatkan Arip yang diposting di laman resmi SEA GAMES dan akun pribadi Ganuelas langsung viral.

Di postingannya, Ganuelas menceritakan tali pengikat Arip terlepas dari papan selancar selama kompetisi.

Arip pun terjatuh dan diterjang tiga gulung ombak berukuran besar. Melihat lawannya dalam bahaya, Casugay datang untuk menyelamatkan.

Pada postingan selanjutnya, lama Facebook resmi SEA Games 2019 mengumumkan bahwa kompetisi selancar ditunda.

Sumber: Inquirer Sports

4 dari 5 halaman

Jokowi Respons Aksi Peselancar Filipina yang Bantu Atlet Indonesia di SEA Games

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi apresiasi ke peselancar Filipina, Roger Casugay, yang menolong atlet Indonesia, Arip Nurhidayat, saat tergulung ombak dalam ajang SEA Games.

"Memenangkan kompetisi itu penting sportivitas olah raga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya," tulis Jokowi pada unggahan Instagram, Senin 9 Desember 2019.

Insiden yang dianggap heroik ini terjadi saat ketatnya pertarungan cabang selancar SEA Games 2019 di Provinsi La Union.

Kala itu, Roger berpeluang besar menyabet medali emas, namun dia rela menghentikana lomba untuk menolong Arip yang jatuh dari papan selancar.

      View this post on Instagram

Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya. Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

5 dari 5 halaman

Sinyal dari Warganet

Meski begitu, peristiwa ini dikabarkan tak seheboh yang dibicarakan. Seorang warganet menyebut sesungguhnya kondisi Arip baik-baik saja.

" Bener itu hehe saya dpt info di grup veteran’s surfer klo arip sebenrnya kasi sinyal ???????? tapi judger tower salah tangkap maksud dan nyuruh Roger ke arah Arip utk bantu, anyway salut buat Roger," tulis seorang warganet.

Dream mencoba menghubungi Arip, namun belum mendapat jawaban. Tapi, di Instagram Stories miliknya dia hanya membantah berita yang dibuat portal online yang menyebut Roger melepas emas demi menyelematkan Arip.

" Ga gituh juga mas beritanya," kata Arip sembari membubuhi emoji tertawa.

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak