Youtuber Prank Sembako Sampah Ferdian Paleka Sempat Kabur ke Palembang

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 8 Mei 2020 14:13
Youtuber Prank Sembako Sampah Ferdian Paleka Sempat Kabur ke Palembang
Ferdian ditangkap saat dalam perjalanan kembali ke Bandung.

Dream - Youtuber asal Bandung, Ferdian Paleka yang hampir sepekan menjadi buronan polisi akhirnya diringkus pada Jumat, 8 Mei 2020 dini hari.

Ferdian sempat masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena aksi konyolnya yang membagikan sembako berisi sampah dan batu kepada transpuan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Ferdian merekam aksi tak manusiawinya tersebut dan menjadikannya konten di akun Youtube pribadinya, Paleka Present. Video tersebut diberi judul 'Prank Kasih Makanan ke Banci CBL'.

Selama kabur, Ferdian sempat pergi ke Palembang.

" Iya benar, Ferdian Paleka memang sempat singgah di Palembang," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso, dikutip dari Liputan6.com.

Setelah mendapat informasi keberadaan Ferdian di Palembang, tim gabungan Resmob Polda Jabar dan Resmob Polrestabes Bandung menyisir sejumlah lokasi yang diduga dijadikan tempat persembunyian.

" Kami kejar dari Palembang sampai ke Pelabuhan Merak. Rencananya pelaku mau kembali ke Bandung," ujar dia.

 

1 dari 5 halaman

Tertangkap di Tol Jakarta-Merak

Ferdian Paleka atau Ferdiansyah ditangkap di Jalan Tol Jakarta-Merak Kilometer 19 Balaraja, Tangerang, Banten pada Jumat 8 Mei 2020 sekitar pukul 00.30 WIB.

" Telah dilakukan penangkapan DPO atas nama Ferdiansyah," jelas Erlangga.

Erlangga juga menyatakan Ferdian telah diamankan dengan dua orang lainnya. Salah satunya yaitu rekannya, M. Aidil.

" Keduanya diamankan di dalam mobil bersama ayah dan kakak Ferdian Paleka," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Ady Anugrahadi

2 dari 5 halaman

Ferdian Paleka YouTuber Pemberi Sembako Sampah Tertangkap

Dream - Ferdian Paleka, YouTuber pemberi sembako sampah di Kota Bandung tertangkap polisi. Dia sempat menjadi buronan setelah dilaporkan beberapa transpuan yang menjadi korban dari pranknya.

Kabar tertangkapnya Ferdian diunggah selebgram Muhammad Hariz Luis Ma'luf yang juga merupakan anggota kepolisian. Dia mengunggah foto tertangkapnya Ferdian di Instagram.

Dalam unggaha Hariz, disebutkan Ferdian ditangkap Polrestabes Bandung di Jalan Tol Tangerang-Merak. Remaja itu tidak melawan saat ditangkap dan tampak tertunduk lesu dengan tangan diborgol ketika digiring polisi.

 

      Lihat postingan ini di Instagram

Main-main sama Polda Jabar???? @divisihumaspolri

Sebuah kiriman dibagikan oleh Muhammad Gariz Luis Ma'luf (@garizluis37) pada

3 dari 5 halaman

Aksi Kejar-kejaran

Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto, mengatakan penangkapan terjadi saat Ferdian berusaha melarikan diri dari daerah Banten. Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara polisi dengan Ferdian di Tol arah Banten menuju Jakarta.

" Sempat kejar-kejaran, dari sekitar KM 21 atau 22 gitu. Baru dia mau diberhentikan," kata Giyarto.

Setelah berhenti, Ferdian digelandang ke Mapolda Jabar. Dia akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

" Kita bantu nangkep saja," kata Giyarto.

 

4 dari 5 halaman

Sempat Jadi Pelarian

Saat ditangkap, Ferdian tidak sendirian di dalam mobil. Tetapi, Giyarto enggan menjelaskan sosok yang bersama Ferdian.

Ferdian sempat menjadi pelarian setelah korban video pranknya melapor ke polisi. Petugas sempat mendatangi kediaman Ferdian di Baleendah, Kabupaten Bandung namun tidak dapat menemukan Ferdian.

Polisi bahkan sempat terkecoh melakukan pengejaran mobil yang diketahui digunakan Ferdian saat membuat video prank hingga ke daerah Cileungsi, Kabupaten Bogor. Tetapi, mobil itu ternyata tidak dikemudian Ferdian melainkan ayah kandungnya.

Sumber: Liputan6.com/Pramita Tristiawati

5 dari 5 halaman

Teman Sudah Serahkan Diri, Youtuber Ferdian Paleka Masih Sembunyi

Dream - Keberadaan Ferdian Paleka, Youtuber pemberi sembako isi sampah, sampai saat ini belum diketahui. Ferdian masih dalam pengejaran aparat kepolisian.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Galih Indragiri, mengaku tengah mengerahkan anak buahnya untuk mencari keberadaan Ferdian Paleka.

" Lagi ditindaklanjuti," ujar Galih, dikutip dari Liputan6.com.

Ferdian secara sadar menyebarkan video dirinya bersama beberapa temannya saat membagikan paket sembako kepada transpuan di kawasan Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat. Alih-alih berisi sembako, Ferdian malah memberikan sampah dan batu.

 

Beri Komentar