Status Kaesang Pangarep Sebagai Anak Presiden Terbongkar Saat Wisuda

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 9 Oktober 2019 19:01
Status Kaesang Pangarep Sebagai Anak Presiden Terbongkar Saat Wisuda
Wisudawan lain baru mengetahui jika Kaesang adalah anak seorang presiden.

Dream - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menyelesaikan pendidikannya di University of Social Sciences (SUSS). Wisuda yang dia jalani mengejutkan banyak mahasiswa SUSS.

Dilaporkan The Straits Times, semua mata wisudawan mengarah ke mata Kaesang saat pembawa acara menyebutnya sebagai putra Presiden Indonesia yang sedang belajar di SUSS.

Kaesang dikenal sebagai pria pendiam di kelas. Selama empat tahun, tidak ada yang mengenalinya sebagai putra Jokowi.

Jokowi turut menghadiri wisuda Kaesang, yang dihelat Rabu, 9 Oktober 2019. Jokowi menyempatkan datang setelah menjalani acara Singapore-Indonesia Leaders Retreat.

 

1 dari 5 halaman

Enam Bisnis Kuliner

Wisuda itu juga dihadiri Presiden Singapura, Halimah Yacob dan Menteri Pendidikan Singapura, Ong Ye Kung.

Kaesang, yang lulus dengan gelar sarjana di bidang pemasaran dengan minor di bidang komunikasi, jadi satu dari tiga siswa yang mendapat pengharaan di bidang kewirausahaan dari SUSS.

Penghargaan ini mengakui siswa yang lulus yang telah menunjukkan atribut kewirausahaan yang kuat seperti kepemimpinan dan " potensi tinggi untuk mencapai dampak positif pada masyarakat" , kata SUSS.

Setiap pemenang menerima $5.000, setara Rp70 juta, tunai. Seperti diketahui, Kaesang telah mendirikan enam bisnis kuliner.

Bisnis rintisan pertamanya, yaitu merek baju Sang Javas.

 

2 dari 5 halaman

Kembangkan Bisnis

Selama empat tahun di SUSS, Kaesang juga mendirikan Sang Pisang, waralaba goreng pisang, perusahaan papan permainan Hompimpagames, aplikasi makanan Madhang.id dan situs restoran Kaetering, serta Ternakopi.

Bisnis kopi dan pisang gorengnya berbasis di Kuala Lumpur, dan Kaesang disebut berencana untuk memperluas ke Singapura.

Kaesang mengatakan kepada media setelah wisuda, dia memandang ayahnya dan juga kakak lelaki Gibran Rakabuming sebagai mentor.

" Ayah saya adalah seorang pengusaha sebelum ia memasuki dunia politik. Kakak saya juga seorang pengusaha. Itulah sebabnya saya sangat tertarik untuk memasuki area bisnis," ucap dia.

Gibran Rakabuming Raka dikenal sebagai pengusaha. Dia merintis pendidikan di Management Development Institute of Singapura dan melanjutkan pendidikan di University of Technology di Sydney, Australia.

3 dari 5 halaman

Kocak, Gaya Kaesang Sesumbar Ambil Alih Markobar Gibran

Dream - Pilihan Gibran Rakabuming Raka berkiprah di dunia politik, membuat sejumlah usaha rintisannya diserahkan ke adiknya, Kaesang Pangarep. Salah satu usaha yang digadang-gadang berpindah tangan yaitu, usaha martabak `Markobar`.

Melalui Twitter, Kaesang sudah jumawa akan memimpin merek dagang Markobar. Dia siap memimpin usaha dengan 30-an lebih anak usaha ini.

" Saya calon bos Anda wahai @markobar1996," tulis Kaesang, dalam cuitan yang diakses, Senin, 7 Oktober 2019.

Admin @markobar1996 pun membalas pesan tersebut. Dia menuliskan jawaban dengan menautkan produk keripik buatan Gibran dan Kaesang.

" @SiapMas," tulis admin martabak itu.

4 dari 5 halaman

Panggil Pak Bos

Dengan ketikan huruf besar, Kaesang juga punya permintaan ke admin Markobar. Dia ingin ketika menjabat sebagai pemilik dipanggil Pak.

" Panggil saya Pak. Saya bos baru Anda," tulis Kaesang.

Lantas apa balasan admin Markobar? Dia mengunggah foto Kaesang saat masih kanak-kanak.

 

5 dari 5 halaman

Komentar Warganet

Komentar warganet pun mewarnai unggahan ini.

" Adeknya ngeselin ya Mas Gibran," tulis seorang warganet.

" Masih muda kok senang dipanggil Bapak," ujar warganet lain.

" Bukannya Anda infrastruktur senam?" kata yang lain.

" Tapi saham punya Jan Ethes, bisa dibilang Anda ini Sekjen," tulis yang lain.

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham