Gunung Raksasa Baru Ditemukan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 7 September 2016 14:14
Gunung Raksasa Baru Ditemukan
Sejumlah ilmuan menemukan gunung es raksasa baru setinggi 4 kilometer. Tetapi, gunung itu tidak berada di permukaan bumi.

Dream - Sejumlah ilmuan menemukan gunung es raksasa baru setinggi 4 kilometer. Tetapi, gunung itu tidak berada di Bumi, melainkan di Ceres.

Ceres merupakan planet kerdil di antara Mars dan Jupiter. Dengan menggunakan pencitraan dari pesawat ruang angkasa milik NASA, Dawn, para ilmuan menangkap objek yang kemudian diberi nama Ahuna Mons.

Ahuna Mons memiliki formasi sebagai gunung berapi aktif berjenis cryovolcanoes. Gunung jenis ini hanya menyemburkan bahan cair yang mudah menguap seperti air atau metana, tetapi bukan batuan cair.

Selain itu, Ahuna Mons memiliki diameter 945 kilometer. Ahuna Mons juga memiliki bentang permukaan berbatu dan ditutupi es.

1 dari 2 halaman

Berusia 200 Juta Tahun

Dalam kajian yang dipublikasikan di jurnal Science, para peneliti telah menemukan bukti dari cryovolcano di Ceres. Pencitraan Dawn menunjukkan gunung berbentuk kubah dengan dasar elips dan puncak berupa cekungan.

Peneliti dari Nasa Goddard Space Flight Center, Ottaviano Ruesch, bersama rekan-rekannya menggunakan kamera pada Dawn untuk mengidentifikasi Ahuna Mons. Mereka menyebut material yang disemburkan gunung itu terdiri dari garam dan air es.

Mereka percaya gunung itu baru berusia sekitar 200 juta tahun. Artinya, umur gunung tersebut jauh lebih muda ketimbang objek yang serupa ditemukan di lokasi lain.

2 dari 2 halaman

Proses Pembentukan

Selain itu, mereka juga percaya bentuk kubah Ahuna Mons disebabkan esktrusi. Ini didasarkan pada adanya fitur tektonik bertekanan atau erosi.

" Untuk formasi Ahuna Mons, kami menduga adanya proses vulkanik yang mendorong cryomagma dan ekstrusi pada permukaan yang diikuti pembentukan kubah," tulis para peneliti.

Sumber: ibtimes.co.uk

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak