89 Jemaah Haji Indonesia Alami Gangguan Pikiran

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 7 September 2016 13:41
89 Jemaah Haji Indonesia Alami Gangguan Pikiran
Penyebabnya semisal sakit atau wafatnya pasangan atau keluarga

Dream - Sebanyak 89 calon jemaah haji asal Indonesia menderita gangguan pikiran ringan atau dementia. Kondisi tersebut ditegaskan oleh Ketua Pusat Kesehatan Haji Muchtaruddin Mansyur.

" Sebanyak 89 orang itu termasuk yang mengalami dementia," kata Muchtaruddin saat dihubungi Dream melalui pesan singkat, Selasa, 6 September 2016.

Selain menderita dementia, 89 jemaah haji asal Indonesia juga ada yang mengidap schizophrenia dan depresi. Umumnya, penyakit tersebut muncul karena faktor usia.

" Penyebab lainnya karena sakit atau wafatnya pasangan atau keluarga dan cultural and enviromental shock," ucap dia.

1 dari 2 halaman

Jika Tak Pulih...

Para jemaah haji yang mengalami gangguan pikiran itu kini dalam perawatan dokter, perawat dan jemaah pendamping. Mereka dipantau oleh tim spesialis kedokteran jiwa yang berjumlah tiga orang.

Jemaah yang mengalami dementia berat nantinya akan terus mendapatkan perawatan intensif. Sebab, jika masih menderita dementia berat syarat sah berhaji calon jemaah tersebut telah gugur.

" Tentu ketika dementia berat tidak dapat pulih, sudah gugur kewajibannya untuk berhaji," kata dia.

2 dari 2 halaman

Jemaah Meninggal

Menurut informasi dari Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan, terdapat 69 orang calon jemaah haji yang meninggal. 70 persen calon jemaah haji yang meninggal karena penyakit jantung yang diderita.

" Lalu penyebab lain semisal, penyakit pernapasan, kanker, diabetes, dan stroke," ujar dia.

Beri Komentar