Kondisi Terkini Pantai di Jepara yang Heboh Mendadak Surut Sampai Tengah Laut

Reporter : Reni Novita Sari
Rabu, 30 September 2020 11:30
Kondisi Terkini Pantai di Jepara yang Heboh Mendadak Surut Sampai Tengah Laut
Seorang netizen memperlihatkan kondisi terbaru Pantai Benteng Portugis yang kemarin heboh dikabarkan surut hingga tengah lalutan.

Dream- Sebuah fenomena alam tak biasa terjadi di Pantai Benteng Portugis, Jepara. Bibir pantai di kawasan itu mendadak surut hingga ratusan meter ke tengah laut.

Pada video yang diunggah akun Instagram @Ndorobei, terdapat suara pria yang mengabarkan jika kondisi pantai sedang surut. Pria itu merekam keadaan pantai yang tinggal tersisa pasirnya sejauh mata memandang. Bak berubah jadi gurun pasir.

Tak hanya itu, Pulau Mandalika yang berada di seberang pantai pun terlihat jelas. Pulau Mandalika yang biasanya diakses menggunakan perahu pun seolah bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki.

1 dari 4 halaman

Pantai Jepara Surut

Video yang berdurasi 15 detik itu memperlihatkan kondisi Pantai Benteng Portugis Jepara yang surut hingga tampak hamparan pasir berwarna cokelat. Sementara beberapa perahu nelayan terlihat teronggok di atas pasir tanpa bisa dipindahkan lagi karena berat. Bahkan, pria dalam video itu menyebut surutnya pantai bisa menjadi objek wisata baru di Jepara.

" Wis angel-angel, pol tengah iki. Piye jalan-jalan rene wisata anyar bro. Sedelek engkas tekan Mandalika. Ora suwe. (Sudah sulit, itu sampai tengah. Bagaimana jalan-jalan ke sini wisata baru bro. Sebentar lagi bisa sampai pulau Mandalika. Tidak lama)," kata pria dalam video itu.

Pantai Jepara surut© Foto : Instagram/Ndorobeii

2 dari 4 halaman

Warganet Berdebat

Fenomena itu mengingatkan masyarakat setempat pada peristiwa tsunami besar di Aceh 16 tahun lalu. Di mana air laut surut merupakan tanda awal terjadinya tsunami di sana.

Sementara unggahan @Ndorobei itu mendapatkan beragam reaksi dari netizen. Mereka mengaitkan fenomena tersebut dengan hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report. Dimana dalam riset itu menyebutkan jika ada potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa. Ada juga yang kesal karena peristiwa surutnya pantai itu dikaitkan dengan tsunami.

Tanda2 mau ad tsunami. Air pantai suruh, berjalan ke laut. Setelah bbrpa saat ntah hitungan jam/menit air laut kembali ke permukaan dan parah nya membawa gelombang air pasang yg tinggi. Itu nma nya tsunami! Semoga tidak terjadi apa2 aminn,” @Febby0602.

Jangan bilang ini pertanda ada tsunami di laut selatan Jawa. Karena Jepara itu pesisir Utara Jawa,” komentar akun @Agusekoarif.

" Ndi mau sing do muni bakal ono sunami lah, ono opo lah (Mana tadi yang ngomong bakal ada tsunami)," tulis akun @Nur Rohmad.

" Sing omahe cedak segara mesti wis gawenen weroh air laut pasang surut (Yang rumahnya dekat pantai pasti paham sering lihat air laut pasang surut)," tulis @Adinu Lana.

3 dari 4 halaman

Kondisi Terkini Pantai Jepara

Video kondisi Pantai Benteng Portugis Jepara itu juga diunggah akun Facebook MIK (Media Informasi Kota) Jepara. Pengunggah dalam grup Facebook tersebut akun @putra, mengunggah dua video sekaligus dengan keterangan kondisi terkini Pantai Benteng Portugis.

Pantai Jepara surut© Foto : Facebook/Putra

" Video pertama adalah kondisi terkini perairan Pantai Benteng Portugis Jepara. Video diambil pada hari Selasa, 29 September 2020 pukul 15.10 WIB, sedangkan video kedua adalah video yang viral karena air laut yang surut. Menurut informasi video diambil kemarin sore. Kondisi terkini air laut sudah normal," tulis akun @putra.

Namun, hingga saat ini belum ada penjelasan resmi soal peristiwa alam yang mengkhawatirkan warga Jepara. Sementara itu, warga sangat mengharapkan segera ada penjelasan dari instansi berwenang yang bisa menenteramkan hati mereka.

4 dari 4 halaman

Tonton Videonya

Beri Komentar