Mekah Dilanda Cuaca Ekstrem, Jemaah Umroh Diminta Waspada

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 22 Mei 2018 19:00
Mekah Dilanda Cuaca Ekstrem, Jemaah Umroh Diminta Waspada
Semua rumah sakit disiagakan untuk memberikan pertolongan pertama korban badai pasir.

Dream - Otoritas Umum Metereologi dan Perlindungan Lingkungan Saudi mengeluarkan peringatan terutama ditujukan kepada jemaah umroh untuk berhati-hati. Sebab, saat ini Kota Mekah dan Jeddah tengah dilanda cuaca ekstrem.

Sistem peringatan dini cuaca merekam adanya potensi badai disertai hujan dan angin yang memperpendek jarak pandang. Hal itu menjadi dasar otoritas cuaca Saudi mengeluarkan peringatan merah pada Senin 21 Mei 2018.

Citra satelit menunjukkan gumpalan awan disertai hujan muncul dari timur Jeddah. Kondisi yang terjadi diperkirakan dapat berpengaruh munculnya badai pasir.

Badan Kesehatan Jeddah menyebut semua rumah sakit telah bersiap menghadapi badai pasir yang mulai menyapu kota. Semua unit gawat darurat di rumah sakit Jeddah siap menerima kasus apapun karena badai pasir itu.

Selain itu, rumah sakit diminta bersiaga menyambut pasien dan memperbanyak pasokan obat untuk pasien yang terkena penyakit pernapasan.

Badan Kesehatan Jeddah juga menyarankan warga yang memiliki penyakit dan alergi pernapasan tidak keluar rumah. Udara berdebu menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan bronkial.

Selain itu, para pengemudi diminta berhati-hati saat berkendara. Jarak pandang kendaraan yang menurun dapat menyebabkan kecelakaan.

(Beq)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie