Indonesia Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim

Reporter : Sugiono
Jumat, 30 Oktober 2020 16:21
Indonesia Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim
Menurut pemerintah Indonesia, hak kebebasan berekspresi tidak dilakukan dengan mencederai kehormatan dan simbol agama.

Dream - Indonesia mengecam pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang menghina agama Islam. Indonesia menilai pernyataan Macron melukai hati umat Muslim di dunia.

" ?Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam," demikian pernyataan resmi pemerintah Indonesia yang dimuat laman Kementerian Luar Negeri, Jumat 30 Oktober 2020.

" Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari 2 miliar orang muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia," lanjut pernyataan tersebut.

1 dari 1 halaman

Menurut pemerintah Indonesia, hak kebebasan berekspresi tidak dilakukan dengan mencederai kehormatan, kesucian, serta kesakralan nilai dan simbol agama.

Sebagai negara demokrasi ke tiga terbesar dan berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama.

" Terutama di tengah situasi pandemi saat ini," tutup pernyataan tersebut.

Emmanuel Macron dinilai menyudutkan Islam setelah pembunuhan guru sejarah oleh remaja 18 tahun. Pemicu pembunuhan tersebut adalah sang guru menunjukkan karikatur Nabi Muhammad yang dimuat tabloid Charlie Hebdo untuk bahan ajar mengenai kebebasan berekspresi.

Beri Komentar