Ini Benda-benda yang Dikeluarkan dari Perut Samsul

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 14 Juli 2017 09:20
Ini Benda-benda yang Dikeluarkan dari Perut Samsul
Tidak hanya paku, bahkan korek api gak dan sendok hingga cutter ada di perut Hendro.

Dream - Tim dokter RSUD dr Soebandi Jember berhasil mengeluarkan isi perut Hendro. Dari perut pemuda asal Dusun Pesisir, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, ini dokter tidak hanya mendapatkan paku, melainkan juga 16 buah korek api gas dan 11 buah benda terbungkus plastik.

" Ada satu lembar uang kertas Rp20 ribu, satu tutup botol Pocari Sweat, tiga buah gagang sendok sepanjang 15 centimeter, dua buah baterai kecil, dan satu gagang es krim," ujar anggota tim dokter bedah, dr. Samsul Huda Sp.B, dikutip dari beritajatim.com, Jumat 13 Juli 2017.

Dari usus halus Hendro, tim dokter mengeluarkan dua buah korek api gas, spet injeksi tanpa jarum ukuran 5 cc, cutter, lima biji paku payung, dua bungkus plastik, dua gagang es krim satu garpu kecil logam bergagang plastik, lima buah uang logam Rp200, satu per korek api, dan satu uang logam Rp500.

1 dari 2 halaman

Butuh 3 Jam Operasi

Samsul mengatakan, tim dokter menghabiskan waktu sekitar tiga jam untuk mengeluarkan benda-benda tersebut melalui operasi, mulai pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB. Operasi dijalankan dengan panduan foto ronsen.

" Selain diperiksa dan diraba dengan tangan, kami pakai detektor. Meski ada benda-benda logam sekecil apapun akan terdeteksi," kata Samsul.

Meski benda-benda asing masuk ke dalam perut Hendro, tidak ada satupun organ dalam yang terluka. " Itulah hebatnya usus. Benda-benda tajam pun kadang jarang melukai," ucap Samsul.

2 dari 2 halaman

Rata-rata Benda Stainless

Samsul menjelaskan, benda setajam apapun tidak akan melukai usus. Asalkan benda tersebut tidak berkarat dan yang masuk ke dalam perut Hendro kebanyakan bukan benda berkarat.

" Rata-rata stainless. Ususnya bagus," terang dia.

Selanjutnya, tambah Samsul, tim dokter harus bekerja sangat hati-hati. Mengingat, letak benda-benda itu berserakan.

" Supaya tidak merusak jaringan lainnya," tutur Samsul.

Samsul berharap tidak terjadi infeksi pada perut Hendro. Dokter akan melakukan pengecekan rutin dalam waktu lima hingga tujuh hari ke depan untuk memastikan tidak terjadi infeksi.

Beri Komentar