Sampai Tujuan Sebelum Ashar tapi Sudah Dijamak, Batalkah?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 13 Juli 2017 20:02
Sampai Tujuan Sebelum Ashar tapi Sudah Dijamak, Batalkah?
Apakah wajib diulangi sholat ashar yang telah dikerjakan?

Dream - Perjalanan dari satu tempat ke tempat lain tentu membutuhkan waktu. Apalagi jika jaraknya cukup jauh. Khawatir perjalanan lama, seringkali orang memutuskan menjamak sholatnya, misalnya dzuhur dengan ashar.

Tetapi, adakalanya mereka yang sudah menjamak ternyata tiba di tujuan sebelum waktu ashar berakhir. Apakah sholat ashar yang sudah dikerjakan dengan jamak menjadi batal? Haruskah dia menunaikan sholat ashar?

Mengutip laman konsultasi syariah, terdapat kaidah yang dikemukakan Ibnu Qudamah dalam kitab Al Mughni.

" Siapa yang melakukan amal wajib ketika dalam kondisi udzur, maka amal itu tidak batal ketika udzurnya hilang."

Sebagai misal, seseorang sholat dengan tayamum karena tidak ada air. Saat sholatnya selesai, tiba-tiba hujan turun.

Hal ini tidak menjadikan sholat yang bersangkutan menjadi batal. Dengan demikian, orang tersebut tidak perlu mengulang sholatnya.

Kaidah ini didasarkan pada hadis dari sahabat Abu Said Al Khudri RA, diriwayatkan Abu Daud, Ad Darimi, dishahihkan Al Albani.

" Ada dua orang melakukan safar (perjalanan), hingga tibalah waktu sholat, sementara mereka tidak memiliki air. Kemudian keduanya bertayammum dengan tanah yang suci, lalu sholat. Setelah itu keduanya menemukan air, sementara waktu sholat masih ada. Lalu salah satu orang itu berwudhu dan mengulangi sholatnya, sedangkan satunya tidak mengulangi sholatnya.

Keduanya lalu menemui Nabi (Rasulullah Muhammad SAW) dan menceritakan yang mereka alami. Maka Rasulullah mengatakan kepada orang yang tidak mengulangi sholatnya,

“ Apa yang kamu lakukan telah sesuai dengan sunnah dan sholatmu telah menggugurkan kewajibanmu”.

Kemudian Beliau mengatakan kepada yang mengulangi shalatnya, " Untukmu dua pahala."

Selengkapnya...

Beri Komentar