Negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Tahun 2020

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 14 Mei 2020 19:01
Negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Tahun 2020
Negara mana saja itu?

Dream - Puasa Ramadhan menjadi momentum umat Islam untuk menahan hawa nafsu dan melatih diri untuk lebih taat beribadah. Lewat puasa, umat islam di seluruh dunia ikut merasakan penderitaan orang lain yang berkekurangan dan kelaparan.

Dalam menjalankan ibadah puasa, setiap orang di berbagai belahan dunia memiliki tantangan yang beragam. Ada yang harus tetap berpuasa dalam kondisi dingin, atau berpuasa di negara yang mayoritas penduduknya tidak beragama Islam. Meskipun begitu, semangat dan ketaatan menjalankan perintah Allah SWT membuat semua umat islam dapat bersatu dan khusyu menjalankan ibadah puasa ini.

Salah satu tantangan yang harus dihadapi juga oleh beberapa saudara seiman kita di negara lain adalah waktu berpuasa. Perbedaan waktu berpuasa di negara lain cukup beragam, bahkan ada yang mencapai 20 jam. Wah, masyaAllah. Dilansir dari moroccoworldnews, berikut daftar negara dengan jumlah waktu tercepat dan terlama puasa Ramadhan. Yuk disimak.

1 dari 2 halaman

Penyebab Terjadi Perbedaan Waktu Puasa

5 Keutamaan Sholat Witir© MEN

Perbedaan rentang waktu berpuasa di berbagai negara dipengaruhi oleh kemiringan sumbu bumi yang mengubah posisi matahari di langit.

Pada bulan-bulan musim panas, waktu antara matahari terbit dan terbenam lebih lama, sehingga memperpanjang waktu yang dibutuhkan bagi umat Islam untuk berpuasa.

Sebaliknya di musim dingin, umat Islam di beberapa negara dapat menikmati berbuka puasa sedikit lebih awal di hari tersebut.

Setiap hari, matahari terbit dan terbenam berubah sedikit lebih awal, sehingga menyebabkan jam puasa berubah beberapa menit. Pada tahun 2020, Ramadhan jatuh antara bulan April dan Mei, beberapa muslim akan berpuasa selama 20 jam, sementara yang lain akan berpuasa sekitar 11,5 jam.

2 dari 2 halaman

Negara Dengan Puasa Tercepat dan Terlama

Berikut beberapa negara dengan jumlah waktu puasanya:

  • Timur Tengah

Di negara ini, mereka yang merayakan Ramadhan di Timur Tengah akan berpuasa antara 15 dan 16 jam.

  • Afrika

Di seluruh benua Afrika, waktu puasa akan berkisar antara 11,5 jam (Afrika Selatan), 13 jam (Kenya), 14 jam (Ethiopia dan Yaman), 14,5 jam (Sudan), 15,5 jam (Mesir), hingga 16 jam (Maroko).

  • Eropa

Negara-negara Nordik akan berpuasa untuk periode waktu terlama. Norwegia, Greenland, dan Finlandia semuanya akan menjalankan puasa selama 20 jam. Sementara negara-negara Eropa lainnya seperti Spanyol, Prancis, dan Italia semua akan memiliki antara 16,5 dan 18 jam.

Negara-negara Eropa Timur akan berpuasa selama 17 hingga 17,5 jam.

  • Amerika Utara dan Amerika Selatan

Orang Amerika Utara akan berpuasa selama 16 hingga 17 jam tahun ini.

Di Amerika Selatan, yang mengalami bulan-bulan musim dingin, puasa akan berkisar antara 11,5 jam (Argentina dan Chili) dan 12,5 jam (Brasil).

  • Asia dan Australia

Di Cina, periode puasa akan berlangsung sekitar 16,5 jam, sementara negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura (13,5), Malaysia (13,5), Indonesia (13), dan Thailand (14) akan berpuasa selama beberapa jam lebih sedikit.

Muslim di India, Bangladesh, dan Pakistan akan berbuka puasa setelah 16 jam.

Australia dan Selandia Baru akan menjadi salah satu negara yang mengalami puasa terpendek tahun ini, yaitu 11,5 jam.

Beri Komentar