Innalillahi, Raja Mangkunegara IX Meninggal Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 13 Agustus 2021 09:59
Innalillahi, Raja Mangkunegara IX Meninggal Dunia
Penguasa Pura Mangkunegaran tersebut meninggal dunia dini hari tadi.

Dream - Kota Solo tengah dilanda duka. Penguasa Pura Mangkunegaran, Sampeyan Ingkang Jumeneng (SIJ) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX mangkat atau meninggal dunia.

Mangkunegara IX mangkat pada Jumat, 13 Agustus 2021 sekitar pukul 02.50 WIB. Dia meninggal dalam usia 69 tahun di Jakarta.

Kabar ini dibenarkan Abdi Dalem Pariwisata Pura Mangkunegaran, Joko Pramudya. Dia mengatakan, jenazah Mangkunegara IX disemayamkan sejenak di Jakarta lalu diantarkan Solo, Jawa Tengah untuk pemakaman.

" Benar, Beliau wafat tadi malam," ujar Joko.

1 dari 1 halaman

Dimakamkan Besok

Jenazah Mangkunegara diberangkatkan dari Jakarta melalui jalur darat. Diperkirakan tiba di Solo siang ini sekitar pukul 11.30 WIB.

Setiba di Solo nanti, jenazah disemayamkan terlebih dulu di Pura Mangkunegaran. Jenazah baru dimakamkan di Astana Girilayu pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

Mangkunegara IX lahir pada 18 Agustus 1951 dengan nama kecil Gusti Pangeran Harya (GPH) Sujiwakusuma. Dia memegang kekuasaan sebagai Adipati Pura Mangkunegaran IX lebih dari 30 tahun.

Semasa hidup, Mangkunegara IX menikahi putri Presiden Pertama Indonesia Soekarno, Sukmawati Soekarnoputi namun bercerai. Mangkunegara IX memiliki empat anak yaitu GPH Paundrakarna, Gusti Raden Ayu (GRA) Putri Agung Suniwati, Ancillasura Marina Sudjiwo, dan GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo, dikutip dari Merdeka.com.

Beri Komentar