Islandia Negara Terdamai di Dunia, Indonesia?

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 19 Agustus 2014 16:26
Islandia Negara Terdamai di Dunia, Indonesia?
Kabar baiknya, posisi Indonesia jauh lebih baik dibanding Amerika Serikat.

Dream - Islandia menjadi negara paling damai dari 162 negara di dunia, berdasarkan Daftar Indeks Perdamaian Global 2014. Adapun di urutan kedua dan ketiga masing-masing ditempati Denmark dan Austria.

Daftar Indeks Perdamaian Global 2014 yang disusun Institut Ekonomi dan Perdamaian (IEP) merupakan sebuah lembaga riset berbasis di Australia.

Studi yang dilakukan lembaga ini menilai tingkat kedamaian sebuah negara berdasarkan 22 indikator, terkait tingkat kekerasan atau kekhawatiran terhadap kekerasan di sebuah komunitas atau negara.

Faktor-faktor yang menjadi indikator adalah angka kasus pembunuhan, jumlah narapidana, akses terhadap senjata api, kejahatan dengan kekerasan, anggaran militer, pelanggaran hak asasi manusia serta tingkat demokrasi.

Menurut indeks, 10 negara paling damai dari 162 negara adalah Islandia, Denmark, Austria, Selandia Baru, Swiss, Finlandia, Kanada, Jepang, Belgia dan Norwegia.

Sedangkan Australia berada di peringkat ke-15, Inggris (47), Kuba (75), China (108), Iran (131), dan Rusia (152). Untuk posisi lima terbawah ditempati; Somalia, Irak, Sudan Selatan, Afghanistan, dan Suriah.

Peringkat Indonesia

Indonesia berada di peringkat ke-54, masih kalah dibanding Singapura di peringkat ke-25, Malaysia di peringkat ke-33, dan Vietnam di posisi ke-45.

Namun, tingkat keamanan dan kedamaian Indonesia masih lebih baik dibanding Thailand (126), Filipina (134), dan Myanmar (136). Bahkan mengalahkan Amerika Serikat (101).

 (Ism) 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone