Layani Pelanggan, Restoran Ini Pilih Pekerjakan Robot

Reporter : Ervina
Selasa, 19 Agustus 2014 16:01
Layani Pelanggan, Restoran Ini Pilih Pekerjakan Robot
Kedua belas robot yang dipekerjakan sebagai penerima tamu, pengantar makanan, pencuci piring, hingga juru masak di dapur.

Dream - Makanan dan suasana merupakan dua kunci utama yang membedakan satu tempat makan dengan tempat makan lain. Namun tidak demikian dengan restoran di Kunshan, Tiongkok yang menghadirkan robot untuk membedakan dengan restoran lainnya.

Bukan satu atau dua robot yang dipekerjakan di restoran ini, tetapi selusin atau dua belas unit robot akan setia melayani pesanan pembeli. Robot-robot ini dipekerjakan sebagai penerima tamu, pengantar makanan, pencuci piring, hingga juru masak di dapur.

Restoran yang dibuka sejak pekan lalu ini membagi dua robot ditempatkan sebagai penerima tamu, empat sebagai pembawa nampan berisi makanan. Dua robot biru berukuran besar dengan mata merah menyala akan memasak makanan dan sisanya disiapkan sebagai pembuat kue.

Lagu Yugang sebagai pemilik restoran mengaku diminta oleh sang putri untuk menciptakan robot karena ia tidak suka melakukan pekerjaan rumah tangga. Dari situ, ide kreatifnya mulai muncul dan inisiatif untuk mempekerjakan robot di restoran miliknya pun kian bulat.

" Robot-robot ini dapat mengerti 40 kalimat sehari-hari. Mereka lebih hemat dibandingkan mempekerjakan manusia karena tidak bisa sakit atau meminta cuti liburan," ucap Lagu kepada surat kabar lokal Modern Times.

Untuk waktu pengisian baterai selama dua jam, robot-robot ini dapat bekerja selama lima jam. Meski begitu, Lagu mengaku merogoh kocek sekitar 40 ribu Yuan untuk satu unit robot. Angka ini setara dengan gaji tahunan seorang karyawan.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie