Ditemukan Batu Berjalan Sebesar Mobil di Mars

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 19 Agustus 2014 10:02
Ditemukan Batu Berjalan Sebesar Mobil di Mars
Saat menggelinding, batu itu meninggalkan jejak aneh.

Dream - Jejak dari sebuah batu besar berbentuk persegi panjang di Mars tertangkap secara detail oleh pesawat pengintai ruang angkasa.

Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) menemukan jejak sebuah batu sebesar mobil SUV yang menuruni lereng sebuah bukit di Mars. Analisis terhadap bayangan batu menunjukkan batu raksasa tersebut memiliki tinggi 20 kaki (6 meter) dan lebar 11.5 kaki (3,5 meter).

Menurut NASA, batu tersebut menuruni lereng bukit sejauh sepertiga mil atau 500 meter dari tempatnya semula. Saat menggelinding, batu itu meninggalkan jejak aneh.

Yang diperkirakan karena bentuknya yang tidak memungkinkannya menggelinding secara normal. Menurut gambar resolusi tinggi yang dikirim MRO, saat berhenti menggelinding, 'ujung' batu itu menghadap ke atas.

Hingga saat ini, NASA belum mengetahui penyebab bergesernya batu itu dari tempatnya. Namun menurut spekulasi terbaru batu itu menggelinding karena meteor yang menghantam salah satu kawah terbesar di Mars.

" Jejak yang ditinggalkan memiliki pola yang aneh, menunjukkan batu tidak bisa menggelinding secara sempurna karena bentuknya." jelas NASA.

MRO diluncurkan ke ruang angkasa pada 2005 untuk mencari bukti adanya air di permukaan Planet Merah untuk jangka waktu yang panjang.

Pada Oktober lalu, MRO bertemu dengan salah satu komet terdekat yang melintasi Mars. Hal itu memberi kesempatan langka bagi MRO untuk mengambil gambar benda angkasa itu.

Komet Siding Spring atau C/2013 A1 akan melewati Mars di ketinggian 82,000 mil (132.000 km) dari permukaan Mars. Ini setara dengan sebuah komet yang melewati sekitar sepertiga dari jarak antara Bumi dan Bulan. Inti komet tidak akan menghantam Mars, tapi kemungkinan ada tabrakan lainnya.

(Sumber: Daily Mail)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik