Menhub Usul Sistem One Way Arus Mudik Tak Diterapkan Seharian

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 22 Mei 2019 07:01
Menhub Usul Sistem One Way Arus Mudik Tak Diterapkan Seharian
Penerapan one way tak seharian penuh.

Dream - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjawab keberatan yang disampaikan asosiasi angkutan bus mengenai kebijakan one way atau satu arah yang akan diterapkan pada arus mudik tahun ini.

Budi Karya mengatakan asosiasi bus bernama Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) itu melayangkan gugatan kebijakan one way karena berdampak pada terhambatnya armada yang akan masuk ke Jakarta.

Budi mengatakan, kebijakan one way ini sudah dibicarakan dengan Kabag Ops Korlantas Kombes Pol Benyamin.

" Saya sarankan akomodir apa yang menjadi pemikiran pemilik bus. Misalnya, bisa kemungkinan diberi ruang waktu katakan 6 jam atau beberapa jam (tidak satu arah) sehingga ada arus tertentu yang bisa mungkin dari timur ke barat," kata Budi, dikutip dari laman resmi Kemenhub, Selasa, 21 Mei 2019.

Budi Karya mengatakan, sebetulnya kebijakan mengenai one way telah mempertimbangkan kondisi tersebut. Melihat pertimbangan itu, penerapan one way dilakukan dari Cikarang, bukan dari Jakarta.

" Satu arahnya dari KM 29 di Cikarang Utama hingga KM 263 di Brebes Barat, bukan dari Jakarta. Jadi dari Tol Cikarang ke Jakarta tetap bisa dua arah," kata dia.

Benyamin mengatakan, kebijakan satu arah tidak dilakukan selama 24 jam penuh.

" Kita punya peluang ada waktu-waktu tertentu, biasanya di malam hari, yang arus kendaraannya tidak terlalu padat pada saat keberangkatan dari Jakarta," ucap Benyamin.(Sah)

Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi