Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Paska Sriwijaya Air SJ-182 Jatuh, Jokowi Minta Pemeriksaan Pesawat Diperketat

Paska Sriwijaya Air SJ-182 Jatuh, Jokowi Minta Pemeriksaan Pesawat Diperketat Presiden Joko Widodo (YouTube/Sekretariat Presiden)

Dream - Presiden Joko Widodo meninjau posko darurat evakuasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Terminal 2 JICT Tanjung Priok, Jakarta hari ini, Rabu, 20 Januari 2021. Presiden mengingatkan keselamatan transportasi harus menjadi hal utama.

"Saya ingin agar di bidang transportasi ini keselamatan adalah yang utama," ujar Jokowi, disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden.

Dia pun menginstruksikan Kementerian Perhubungan (Kemhub) dan Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) untuk segera melakukan tindak lanjut paska jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

"Terutama pemeriksaan dan pengawasan pesawat-pesawat yang akan terbang demi keselamatan masyarakat, demi keselamatan penumpang," kata Jokowi.

 

Tunggu Hasil Investigas CVR Pesawat

Tak lupa Jokowi mengapresiasi kerja keras tim SAR gabungan yang terdiri dari Kemenhub, Basarnas, TNI, Polri, dan KNKT, serta semua pihak yang terlibat dalam proses pencarian korban dan puing pesawat. Seluruh tim sudah bekerja keras melakukan pencarian sejak musibah terjadi.

"Kita tahu telah ditemukan serpihan-serpihan yang besar maupun kecil kemudian kotak hitamnya juga sudah sehingga kita menunggu sekarang CVR-nya," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, presiden sempat menyaksikan penyerahan santunan dari Jasa Raharja dan Sriwijaya Air kepada keluarga korban. Besaran santunan yang diserahkan Jasa Raharja yaitu Rp50 juta per penumpang dan Sriwijaya Air Rp1,250 miliar per penumpang.

"Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas santunan ini dan segera diselesaikan untuk keseluruhan korban," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan duka cita kepada keluarga korban. "Semoga diberikan keikhlasan dan kesabaran," ucap Jokowi.

Geger Tanda SOS di Pulau Laki Dekat Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ182

Dream - Musibah jatuhnya pesawat Boeing 737-500 milik maskapai Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 masih menyisakan misteri. Tim investigasi masih mencari tahu penyebab pesawat yang mengangkut 50 penumpang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Sriwijaya Air SJ 182 dinyatakan hilang kontak pada 14.40 WIB. Pesawat ini jatuh di kawasan perairan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Di tengah upaya pencarian tim SAR gabungan, warganet baru-baru ini dihebohkan dengan klaim munculnya tanda S.O.S dengan titik berada di Pulau Laki. Saat membuka Google Earth, lalu mengarahkan ke Pulau Laki, akan muncul di layar gambaran pulau yang masih cukup hijau tersebut.

Tanda itu berada di koordinat Pulau Laki bukan di perairan tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air-SJ182.   

Kabar ini langsung ramai di media sosial Instagram, salah satunya diunggah oleh akun @lambe_turah yang mengunggah ulang video milik akun TikTok @Myworst13.

"Awalnya penasaran karena banyak yang liat Pulau laki, karena ada yang aneh. Terus gua cek via google Earth eh ternyata bener ada. Tapi gua agak beda, yang lain tolong kami, kalo gue SOS," tulis pengguna tersebut.

Titik SOS

Titik dengan warna merah atau hijau di beberapa aplikasi Google Earth milik warganet itu merupakan Save Our Souls (SOS) Alert, yang bermakna meminta pertolongan. SOS Alert berisi informasi darurat yang lebih mudah diakses selama terjadi bencana besar.

Saat diklik, warganet mengklaim akan muncul nomor pusat informasi Sriwijaya Air yang dapat digunakan untuk menghubungi maskapai tersebut.

Tidak hanya itu, ada pula informasi terkait perkembangan terkini terkait kecelakaan pesawat Sriwijaya Air melalui laman hasil pencarian insiden Sriwijaya Air SJY 182 tersebut.

 

Lapor ke Basarnas

Warganet yang mengetahui hal ini lantas ramai-ramai melaporkan kepada pihak bersangkutan seperti kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Bassarnas), di Twitter maupun Instagram.

"yang lagi rame di bahas di medos mungkin tim Basarnas atau pihak terkait bisa membantu menjelaskan atau memberi keterangan kenapa di Pulau Laki terdapat sinyal #SOS sampai sekarang. Apakah ada hubungannya dengan insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya," ujar salah satu netizen.

"Ya Allah kalau betul la SOS dekat Pulau Laki itu survivor Sriwijaya Air tu memang suatu keajaiban," tutur yang lain.

Namun banyak juga yang meragukan kebenaran soal tanda SOS tersebut, pasalnya bisa saja tanda tersebut dibuat oleh seseorang yang iseng menggunakan Fake GPS.

"semoga ga pake fake gps trus nitik in disana, skrng banyak yang iseng soalnya demi konten, kalo itu hoax tolong yang update pertama x di periksa," tulis akun netizen.

Hingga kini, dari pihak Google Earth dan Basarnas sendiri belum memberikan klarifikasi atas upaya pemberian sinyal SOS di Pulau Laki.

Pulau Laki sendiri merupakan sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Seribu. Pulau ini menjadi perhatian dunia pada 9 Januari 2021 lalu saetelah pesawat Sriwijaya Air SJ182 mengalami kecelakaan yang lokasinya dekat dengan pulau ini.

      View this post on Instagram      

A post shared by OFFICIAL LAMBE TURAH ENTRNT (@lambe_turah)

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pemilu 2024

Jokowi kembali menegaskan presiden memang diperbolehkan kampanye dan diatur dalam undang-undang.

Baca Selengkapnya
Airlangga Ungkap Perintah Jokowi ke 4 Menteri Sebelum Sidang MK

Airlangga Ungkap Perintah Jokowi ke 4 Menteri Sebelum Sidang MK

Menurut Ketua Umum Partai Golkar itu, Jokowi mempersilakan masing-masing menteri untuk memberikan keterangan sepanjang yang mereka ketahui.

Baca Selengkapnya
Jokowi Naikkan Tunjangan Bawaslu 2 Hari Jelang Pemilu 2024, Ini Daftarnya

Jokowi Naikkan Tunjangan Bawaslu 2 Hari Jelang Pemilu 2024, Ini Daftarnya

Kebijakan ini diresmikan Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jokowi Sindir Jalan Rusak di Jateng: Sudah Bertahun-tahun Tidak Beres

Jokowi Sindir Jalan Rusak di Jateng: Sudah Bertahun-tahun Tidak Beres

Padahal, pemerintah sudah berkali-kali menggelontorkan dana untuk mengaspal jalan itu. Namun, jalan tersebut tetap cepat rusak.

Baca Selengkapnya
TKN Klaim Jokowi Dukung Prabowo-Gibran, Begini Tanggapan Istana

TKN Klaim Jokowi Dukung Prabowo-Gibran, Begini Tanggapan Istana

Ari mengatakan Jokowi saat ini fokus bekerja sebagai presiden di tengah pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca Selengkapnya