Jokowi Sindir Kebiasaan Saling Hujat di Medsos

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 19 September 2016 17:29
Jokowi Sindir Kebiasaan Saling Hujat di Medsos
Jokowi merasa sedih saat membaca komentar yang kebanyakan saling hujat, saling memaki dengan kata-kata tidak menunjukkan kesopanan.

Dream - Presiden Joko Widodo menyinggung pola komunikasi yang dilakukan sebagian umat Islam di media sosial. Bagi dia, banyak Muslim yang tidak mencerminkan ajaran Islam lantaran sibuk saling menghujat, saling olok, merendahkan, bahkan menghina.

" Apakah itu nilai-nilai Islam Indonesia? Jawaban saya, bukan," ujar Jokowi saat menghadiri Resepsi Syukuran 90 Tahun Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, dikutip dari setkab.go.id, Senin, 19 September 2016.

Jokowi mengatakan acapkali membaca berita online, dia melompati judul dan langsung membaca komentar yang tercantum di bawahnya. Jokowi merasa sedih saat membaca komentar yang kebanyakan saling hujat, saling memaki dengan kata-kata tidak menunjukkan kesopanan.

" Ada sebuah nilai yang saat ini menginfiltrasi kita. Itulah nanti yang akan menghilangkan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia," kata Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi mengatakan Indonesia sebenarnya punya potensi untuk menjadi bangsa besar dengan modal sumber daya laut, minerba, minyak bumi. Tetapi, semua itu akan sia-sia jika tanpa sumber daya yang mumpuni sekaligus bermoral tinggi.

" Yang kita estafetkan mestinya adalah sebuah nilai, bukan sebuah barang, bukan sebuah kekayaan," ucap dia.

Untuk itu, Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meningkatkan persentase pendidikan etika, budi pekerti, dan sopan santun untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

1 dari 2 halaman

Pujian Jokowi untuk Pesantren Gontor

Jokowi menyatakan kekaguman pada keberadaan Pondok Pesantren Gontor. Jokowi menyebut Gontor sebagai pondok pesantren yang namanya sudah mendunia.

" Ini pondok bukan hanya nasional tapi medunia. tadi Pak Gubernur mengucapkan terima kasih di Jawa Timur sudah ada Gontor. Saya juga (berterima kasih), karena di Indonesia sudah ada Pondok Gontor," kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga mengucapkan selamat atas perjalanan panjang yang berhasil dilalui Gontor. Dia pun menyampaikan kegembiraan lantaran Gontor memberikan sumbangsih begitu besar bagi bangsa dengan menyumbang alumninya berkiprah sebagai negawaran.

" Artinya dari sisi persaingan sudah ditunjukkan alumni Pondok Pesantren Gontor bisa bersaing," ucap Jokowi.

 

2 dari 2 halaman

Presiden Pertama Ajak Ibu Negara Berkunjung Ke Gontor

Dalam sambutannya, Pimpinan Pondok Pesantren Gontor Hasan Abdullah Sahal mengatakan semua Presiden Republik Indonesia sudah pernah berkunjung. Tetapi, Jokowi merupakan Presiden yang berbeda

Dalam kunjungan ini, Jokowi mengajak Ibu Negara Iriana. Kebiasaan ini tidak pernah dilakukan oleh para presiden sebelum Jokowi.

Usai prosesi Resepsi Kesyukuran, Jokowi kemudian meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Jami Pondok Modern Darussalam Gontor.

Hadir dalam acara ini, Jokowi didampingi Menko PMK Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Beri Komentar