Kekayaan Pengunggah Video Pertama di Youtube

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 11 Juli 2018 08:00
Kekayaan Pengunggah Video Pertama di Youtube
Sekarang jadi miliarder.

Dream - Me at the Zoo menjadi video pertama yang pernah diunggah di YouTube. Berdurasi 18 detik, video yang sudah tayang 13 tahun tersebut menampilkan Jawed Karim, co-founder YouTube, yang berdiri di depan sekelompok gajah di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS).

Hingga hari ini, Me at the Zoo telah dilihat lebih dari 52 juta kali. Karim waktu itu tidak tahu, video yang diunggahnya pada 23 April 2005 itu akan menjadi viral. Sebab, di awal-awal kehadirannya, YouTube dibuat sebagai laman kencan.

Karim mengunggah video itu sebagai cara mengisi kekosongan server YouTube yang berbiaya US$100, setara Rp1,4 juta, per bulan. Selain mengunggah video di kebun binatang, Karim juga mengunggah rekaman pesawat Boeing 747 yang lepas landas.

“ Kami tidak memiliki video apa pun. Menyadari video apa pun akan lebih baik daripada tidak ada video, saya mengisi situs kencan baru kami dengan video-video 747 yang lepas landas dan mendarat,” kata Karim, dikutip dari Al Arabiya, Selasa 10 Juli 2018.

Karim merasa usahanya untuk memulai laman kencan online tak berhasil. Dia frustasi dan putus asa. " Kami beralih ke situs web setiap orang yang putus asa, Craigslist (situs iklan baris)" ujar dia.

Kini, Karim tak lagi mengurusi YouTube. Dia meninggalkan perusahaan yang berkantor di San Bruno, California, Amerika Serikat, itu setelah pembelian dari Google senilai US$1,65 miliar, senilai Rp23,7 triliun, pada Oktober 2006.

Karim, yang tidak terlalu peduli dengan uang, mendapat US$36,6 juta, senilai Rp525.6 miliar.

Dia menghapus video-video pesawat 747 yang diunggahnya sejak lama dan saluran Youtube-nya hilang. Tetapi, videonya di kebun binatang itu dibiarkan tetap muncul. Video di kebun binatang itu dibiarkan menjadi bukti seorang anak muda yang tidak tahu seberapa besar proyek masa depannya.

Karim lahir di Merseburg, Jerman Timur, pada 1979. Ayahnya, Naimul Karim, ialah seorang Muslim Bangladesh yang bekerja sebagai peneliti di 3M dan ibunya adalah seorang instruktur Kimia di Minnesota University. Karim pergi ke AS pada 1992 dan belajar di University of Illinois.

Di kampus itu, dia bekerja dengan sesama pendiri YouTube lain, Chad Hurley dan Steve Chen yang bekerja di PayPal. Secara resmi proyek Youtube meluncurkan pada 2005.

 

Beri Komentar
KPK Tangkap Bupati Pakpak Bharat dalam OTT