Belum Ada Ucapan Duka dari Keluarga Cendana untuk Habibie

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 12 September 2019 12:37
Belum Ada Ucapan Duka dari Keluarga Cendana untuk Habibie
Tidak terlihat perwakilan dari Keluarga Cendana?

Dream - Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019, pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Sejumlah tokoh di negeri ini mengucapkan bela sungkawa.

Tapi, ada kesan yang ganjil. Belum ada ucapan duka dan bela sungkawa dari putra-putri Presiden ke-2 Soeharto atau keluarga Cendana. 

Akun instagram Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut Soeharto, putri pertama Soeharto, tidak mengunggah ucapan bela sungkawa atas meninggalnya BJ Habibie.

 Instagram Tutut Soeharto

(Foto: Instagram @tututsoeharto)

Kondisi serupa juga tampak di Instagram bercentang Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto. Tidak ada unggahan yang berisi penyampaian ucapan bela sungkawa.

 Instagram Tommy Soeharto

(Foto: Instagram @hputrasoeharto)

Sementara itu, di Instagram Titiek Hediati Soeharto tak ada ucapan bela sungkawa yang diunggah. 

 Instagram Titiek Soeharto

(Foto: Instagram @titieksoeharto)

Bahkan akun instagram istri Bambang Trihatmodjo, Mayangsari, juga belum mengunggah ucapan duka untuk BJ Habibie. 

 Instagram Mayangsari

(Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)

Hingga siang ini, pantauan Dream di lapangan, belum terlihat perwakilan keluarga Cendana yang mengucapkan bela sungkawa dan takziyah ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Tidak terlihat pula karangan bunga yang dikirim Keluarga Cendana di rumah duka.

Hanya Prabowo Subianto, mantan suami Titiek Soeharto, yang terlihat melayat ke rumah BJ Habibie semalam. 

 

1 dari 7 halaman

BJ Habibie dan Cendana

Retaknya hubungan BJ Habibie dengan Soeharto terjadi di masa-masa terakhir lengsernya penguasa Orde Baru. Kamis pagi 21 Mei 1998 di Istana Presiden, pukul 10.00 WIB, Soeharto menyatakan mundur sebagai Presiden RI setelah 32 tahun. Pagi itu juga, Habibie dilantik menjadi Presiden ke-3 RI. 

Seperti dilansir Liputan6.com, hingga Habibie dilantik sebagai presiden, Soeharto masih enggan berjumpa dengan Habibie. Bahkan hingga akhir hayatnya, Soeharto yang sudah menganggap Habibie seperti anak sendiri itu tidak sekali pun bertemu Mr Crack--julukan bagi Habibie.

Dalam buku Pak Harto The Untold Stories, mantan Kepala Protokol Istana zaman Soeharto, Maftuh Basyuni, membeberkan kisah tersebut. Maftuh kala itu menjadi penyampai pesan dari Habibie di Istana ke Soeharto di Cendana, Jakarta Pusat.

" Sejak Pak Harto berhenti, beberapa kali saya datang ke Cendana untuk menyampaikan permintaan BJ Habibie yang ingin bertemu dengan Pak Harto," ucap mantan Menteri Agama di era Presiden SBY itu. 

2 dari 7 halaman

Kenangan Terakhir Prabowo Bersama BJ Habibie

Dream - Prabowo Subianto turut melayat ke rumah almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie. Ketua Umum Gerindra itu menyampaikan duka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia tersebut.

 Kenangan Terakhir Prabowo Bertemu Prabowo Subianto

" Saya turut menyampaikan belawungkawa, saya ke keluarga, saya ketemu tadi saudara Thareq dan Ilham, sudah sampaikan belasungkawa," ujar Prabowo, dikutip dari Liputan6.com, Kamis, 12 September 2019.

Prabowo tiba di kediaman BJ Habibie, Jalan Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu 11 September 2019 sekitar pukul 21.30 WIB.

Prabowo mengatakan, pertemuan terakhirnya dengan BJ Habibie terjadi beberapa bulan lalu. Tapi, dia tak membeberkan apa saja yang dibicarakan saat itu.

" Beberapa bulan yang lalu ketemu, berbicara banyak lah pokoknya," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Ady Anugrahadi

3 dari 7 halaman

Jenazah BJ Habibie Dimakamkan Pukul 13.30 WIB

Dream - Jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dijadwalkan akan diberangkatkan dari rumah duka di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan pukul 13.30 WIB setelah dilakukan proses serah terima dari keluarga ke negara.

Setelah itu, jenazah akan dibawa dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tepat di samping makam istri, Ainun Habibie.

Saat membawa jenazah almarhum Habibie, akan ada Iring-iringan kendaraan. Polisi nantinya akan menutup sementara jalan yang akan dilalui rombongan pengantar jenazah BJ Habibie.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan, ada dua opsi rute yang disiapkan.

Rute perjalanan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi pertama,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan Utara
- Jalan Rasuna Said
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP Kalibata

Rute alternatif di sepanjang jalan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi kedua,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan VII
- Jalan Dukuh Patra
- Jalan Mandala Raya
- Jalan Rasamala Raya
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP kalibata

4 dari 7 halaman

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Makam Ibu Ainun

Dream - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menyatakan pemerintah menyiapkan segala kebutuhan pemakaman Presiden Ketiga, Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie.

BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tepat di samping pusara sang istri tercinta, Ainun Habibie.

" Kami koordinasi dengan Garnisun, sudah disiapkan slot di sebelah almarhumah Ibu Ainun Habibie dan seingat saya di 120 dan 121," ujar Pratikno, dikutip dari Liputan6.com.

Pratikno mengatakan persiapan upacara pemakaman terus disiapkan. Nantinya, upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

" Tolong mohon doanya supaya persiapan bagus, dan juga berdoa untuk almarhum, semoga husnul khotimah," kata Pratikno.

Habibie meninggal dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto pukul 18.05 WIB. Habibie mengalami gagal jantung disebabkan fisik yang sudah menua.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

5 dari 7 halaman

Sebelum Wafat, BJ Habibie Pesan Lahan di Samping Makam Ainun

Dream – Presiden ke-3 Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Kuningan, Jakarta.

Lalu, di manakah Habibie akan dimakamkan?

Ada kemungkinan Habibie akan dimakamkan di samping pusara sang istri, Hasri Ainun Habibie. Mendiang istri dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata.

 Ada lahan kosong di samping makan Hasri Ainun Habibie (yang ada vas bunga)

Di antara makam Ainun dan Widjojo, ada lahan makan yang telah dipesan khusus. Siapakah gerangan yang nantinya akan dimakamkan di sana?

Ternyata, pemesannya adalah Habibie.

“ Pak Habibie ingin dekat dengan makam istrinya,” kata pengurus lahan TMP Kalibata, Lani, kepada Dream, pada 4 Juni 2015.

6 dari 7 halaman

Dipesan Sendiri

Wakil Kepala Bagian Kantor TMP Kalibata ini mengatakan lahan kosong tersebut dipesan sendiri oleh Habibie. Sebagai mantan presiden, Habibie memang berhak menentukan sendiri di mana dia akan dimakamkan.

Lani merupakan salah satu PNS yang bertugas mengurusi lahan pemakaman khusus milik negara itu, Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Lahan kosong tersebut sengaja dipilihnya, sebagai perwujudan cinta sejatinya kepada wanita pujaannya. Rasa cinta Habibie itu juga tertuang dalam sajak untuk mengenang sang pujaan hati.

Sekadar informasi, lokasi makam Ainun terletak di beberapa pusara tokoh besar nasional. Makam Jenderal Besar Abdul Haris Nasution berada di sisi utara Ainun. Sisi barat, ada makam diplomat ulung mantan Menteri Luar Negeri era orde baru, Ali Alatas.

7 dari 7 halaman

BJ Habibie Meninggal Dunia

Dream - Indonesia kembali berduka. Presiden Ketiga Indonesia, Baharudin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia.

" Hari ini pada Rabu, 11 september 2019 pukul 18.05 WIB Presiden Ketiga BJ Habibie meninggal dunia," ujar putra kedua Habibie, Thareq Habibie, dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Subroto.

Thareq menjelaskan tim dokter sudah melakukan upaya yang maksimal. Namun kondisi tidak bisa diprediksi.

" Kita sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Mohon doanya saja," kata Thareq.

Habibie meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Sebelumnya, Habibie dirawat di ruang ICU.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara