Tiap Jumat, BJ Habibie Habiskan 2 Jam di Makam Ibu Ainun

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 12 September 2019 12:30
Tiap Jumat, BJ Habibie Habiskan 2 Jam di Makam Ibu Ainun
100 hari kunjungi makam Ainun.

Dream - Kecintaan almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie terhadap mendiang istrinya, Ainun, sudah tidak diragukan. Petugas Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Saudi, menjadi saksi kesetiaan Habibie pada Ainun.

" Pak Habibie ini sangat ramah orangnya. Setiap Jumat biasanya datang ke makam Ibu Ainun," ujar Saudi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 12 September 2019.

Dia mengatakan, Habibie bisa menghabiskan waktu hingga dua jam ketika mengunjungi makan Ainun. Biasanya datang sekitar jam 08.00 WIB, hampir dua jam lah. Biasanya tahlilal, doa dan tabur bunga," ucap dia.

1 dari 8 halaman

100 Hari

Saudi juga bercerita, ketika Ainun baru meninggal pada 2010, Bapak Teknologi Indonesia itu rutin setiap hari berkunjung ke makam istrinya selama 100 hari pertama.

" Setelah 100 hari pertama, baru satu minggu sekali setiap hari Jumat," kata dia.

Setiap ziarah ke makam istrinya, Habibie biasanya membawa bunga melati untuk ditabur dan bunga sedap malam untuk disimpan di pot.

" Pak Habibie juga selalu mengalungkan tasbih di nisan ibu Ainun," ucap dia.

2 dari 8 halaman

Melihat Lebih Dekat Pusara BJ Habibie di Samping Makam Ainun

Dream - Jenazaah BJ Habibie dijadwalkan akan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 13.30 WIB.

Pusara Presiden Indonesia ke-3, yang bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie, tersebut saat ini sudah disiapkan di samping makam almarhum istri tercinta, Ainun Habibie, di Kavling 120.

 Pusara Habibie

Tenda berwarna putih pun sudah disiapkan di area pusara Bapak Teknologi Indonesia itu.

Selain itu, anggota TNI dan Polri juga tengah melakukan gladi resik persiapan upacara pemakaman yang dilakukan secara militer.

 Pusara

Saat ini, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah memberi batas garis kuning di area pemakaman untuk membatasi orang masuk.

Sejumlah masyarakat juga sudah mulai masuk ke area TMP Kalibata, untuk menyaksikan prosesi pemakaman BJ Habibie.

3 dari 8 halaman

Doa Ibas: Semoga BJ Habibie Bertemu Ainun dan Ani Yudhoyono

Dream - Dua Putra Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyambangi RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Keduanya turut melepas kepergian Presiden Ketiga Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. AHY mengatakan tahun ini merupakan saat yang berat bagi bangsa Indonesia. Sebab, Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya.

" Tentu tahun ini merupakan tahun yang berat bagi kita semuanya. Kembali kita kehilangan putra terbaik bangsa, kami sekeluarga juga baru kehilangan Ibunda tercinta," ujar AHY di RSPAD.

AHY mengenal BJ Habibie sebagai negarawan yang peduli dan menaruh perhatian besar terhadap rakyat dan negara.

Senada, Ibas menyebut keluarga besar Presiden SBY menyampaikan duka cita atas meninggalnya BJ Habibie.

" keluarga besar Bapak SBY tentu berduka, prihatin dan bersedih atas kepergian dari presiden ketiga kita, Professor BJ Habibie, yang sore hari ini telah dipanggil Yang Maha Kuasa," ujar Ibas.

Dia berharap, Allah SWT mengampuni seluruh dosa-dosa dan menerima segala amal ibadah yang dilakukan oleh Habibie. Tak lupa, Ibas mendoakan agar Presiden ke-3 itu bisa bertemu dengan mendiang istrinya, Ainun Habibie.

" Saya yakin almarhum BJ Habibie akan bertemu dengan almarhumah Ibu Ainun dan saya doakan di dalamnya bertemu dengan almarhumah Ibu Ani Yudhoyono," kata dia.

4 dari 8 halaman

Jokowi: Habibie Ilmuwan Dunia

Dream - Presiden Joko Widodo menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Presiden Ketiga Indonesia, Baharudin Jusuf (BJ) Habibie. BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB usai menjalani perawatan intensif di ruang ICU RSPAD Gatot Subroto.

" Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan Pemerintah menyampaikan duka mendalam, menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Prof BJ Habibie tadi jam 18.05 di RSPAD Gatot Subroto," ujar Jokowi di RSPAD, Rabu 11 September 2019.

Selain sebagai presiden Indonesia ketiga, Jokowi menilai Habibie selama ini dikenal sebagai sosok ilmuwan dunia. Presiden juga mengagumi BJ Habibie sebagai bapak teknologi Indonesia, serta presiden ketiga Republik Indonesia.

" Beliau berpulang ke rahmatullah dalam usia 83 tahun dan nantinya dari Rumah Sakit Gatot Subroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyematkan harapan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

" Dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan Bapak Profesor BJ Habibie semasa hidupnya," kata Jokowi.

5 dari 8 halaman

Bisikan Quraish Shihab 8 Jam Sebelum BJ Habibie Wafat

Dream - Amblas hati Najwa Shihab saat mendengar kabar duka Presiden ke-3 RI BJ Habibie tutup usia. Ini karena, delapan jam sebelum Eyang Habibie wafat, Najwa dan sang ayah, Quraish Shihab, membesuk ke RSPAD Gatot Subroto. BJ habibie dinyatakan meninggal pukul 18.03 WIB.

" Amblas rasanya hati saya. Jam 18.06 pesan singkat itu masuk. Innalillahi wa inna ilahi rojiun. Telah wafat Bapak BJ Habibie,"  tulis Najwa Shihab di akun Instagramnya @najwashihab seperti dikutip Dream, Kamis 12 September 2019. 

 BJ Habibie dan Najwa Shihab

(Foto: Instagram @najwashihab)

Najwa yang saat itu sedang berada di Studio TRANS7 untuk persiapan LIVE Mata Najwa episode KPK, langsung menghubungi Dokter yang merawat BJ Habibie, Dokter Vireza Pratama, untuk mengonfirmasi info itu.

" Dan benar, tepat jam 18.03 Eyang Habibie berpulang, Saya sendiri yang tadi memeriksa kondisi dan mengumumkan jam wafatnya ini Mbak Nana, kata Dokter Vireza," tambah Najwa. 

6 dari 8 halaman

Bisikan Quraish Shihab

Saat membesuk BJ Habibie, Najwa Shihab menemani sang ayah, Quraish Shihab, ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. 

Pukul sepuluh pagi keduanya tiba di rumah sakit. Kondisi BJ Habibie, menurut Najwa, sudah membaik. 

 BJ Habibie dan Najwa Shihab

(Foto: Instagram @najwashihab)

" Seperti penjelasan Dokter Vireza Pratama, spesialis jantung yang menemani kami di ruang CICU," tambah Najwa. 

Di saat itulah, ada momen Quraish Shihab membisikkan sesuatu ke telinga sambil menggenggam erat tangan BJ Habibie.

" Saya menyaksikan ketika #AbiQuraish memegang tangan dan berbisik ke telinga Eyang Habibie, “ Berkah ilmu Pak Habibie yang akan melapangkan jalan Bapak nanti..” kutip Najwa. 

Menurut Najwa, BJ Habibie memang sudah tidak bisa menjawab tapi matanya masih bergerak-gerak tanda mengerti. " Dan tidak lama kemudian Eyang menangis," ujarnya. 

7 dari 8 halaman

10 Episode Mata Najwa untuk Habibie

Begitu lekat kenangan BJ Habibie di sisi Najwa Shihab. Bahkan, setiap kali ditanya siapa tokoh favorit yang pernah diwawancara, jawaban Najwa tidak pernah berubah.

" Bacharudin Jusuf Habibie. Dan saya beruntung dapat banyak sekali kesempatan berbincang dengan Eyang Habibie. Soal cinta, demokrasi, tekhnologi, Indonesia yang berdikari dan harapannya untuk anak-anak muda negeri," ujar Najwa. 

 BJ Habibie dan Najwa Shihab

(Foto: Instagram @najwashihab)

Jika dihitung-hitung, lanjut najwa, tidak kurang dari 10 episode Mata Najwa dan Catatan Najwa yang menghadirkan #EyangHabibie.

Setiap interaksi itu, lanjutnya, selalu berarti. Kedekatan Eyang Habibie dengan Abi Quraish juga membuat hubungan itu bukan sekadar seorang wartawan dan narasumbernya. " Tapi lebih dari itu," sedih Najwa. 

8 dari 8 halaman

Habibie Adalah Cinta

Bagi Najwa, BJ Habibie adalah cinta. Najwa menilai BJ Habibie adalah pencinta yang penuh seluruh.

" Cintanya pada Ainun selalu sungguh, cintanya pada Indonesia tak pernah luruh. Cinta pulalah yang membuat saya memilih foto-foto ini untuk mengenang Eyang Habibie," ujar Najwa. 

 BJ Habibie dan Najwa Shihab

(Foto: Instagram @najwashihab)

Saat ia sedang tertawa, kata Najwa, mata jenakanya terlihat sangat khas.

Sampai ada suatu kata yang tak pernah dilupakan Najwa. Saat BJ Habibie dengan ringannya berkata di Mata Najwa.

“ Saya tidak lagi takut mati karena andaikan sampai waktunya nanti, Saya tahu yang akan menemui Saya pertama adalah Ainun”. Untuk Bacharudin Jusuf Habibie tercinta, selamat terbang menuju keabadian," tutup Najwa. 

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi