4 Faktor Pemicu Glaukoma yang Harus Diwaspadai

Reporter :
Selasa, 17 September 2019 09:36
4 Faktor Pemicu Glaukoma yang Harus Diwaspadai
Anak bungsu almarhum BJ Habibie, diketahui mengalami penyakit ini yang membuatnya selalu menggunakan penutup mata.

Dream - Glaukoma merupakan penyakit mata yang ditandai oleh kerusakan saraf mata yang dikaitkan dengan peningkatan tekanan bola mata dan gangguan lapang penglihatan. Kerusakan ini bersifat permanen, dan dapat berakhir pada kebutaan.

Thareq Kemal Habibie, anak bungsu almarhum BJ Habibie, diketahui mengalami penyakit ini yang membuatnya selalu menggunakan penutup mata di mata kanannya. Penyakit ini menyerang bagian retina karena riwayat penyakit gula yang diderita Thareq sebelumnya.

Diabetes atau lazim disebut masyarakat dengan penyakit gula memang bisa berdampak ke mata. Salah satunya menyebabkan orang itu terkena glaukoma, juga katarak dan retinopati seperti dikutip dari WebMD.

Namun, diabetes bukan faktor risiko melainkan faktor pemberat seseorang terkena glaukoma seperti disampaikan dokter spesialis mata konsultan Astrianda Suryono.

" Kalau dia punya diabetes, bersama dengan faktor risiko lain, risikonya (terkena glaukoma) lebih tinggi," kata dokter yang karib disapa Tria, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Selain diabetes, berikut beberapa faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena glaukoma. Sangat penting untuk mengetahuinya.

1 dari 5 halaman

1. Genetik

 Pemeriksaan mata

Faktor genetik memiliki peran dalam glaukoma primer. Tria mengatakan jika ada keluarga yang pernah buta karena glaukoma, ada kemungkinan mereka mewariskan gen tersebut pada keturunannya.

" Keturunannya mesti hati-hati," kata Tria.

2 dari 5 halaman

2. Usia

 Pemeriksaan mata

Pada glaukoma primer, faktor usia juga menyebabkan hal tersebut. Maka dari itu, Tria menyarankan masyarakat untuk melakukan skrining atau pemeriksaan glaukoma secara teratur. Khususnya, jika sudah memasuki usia 60-an.

" Literatur terbaru mengatakan bahwa sebaiknya dari usia 40 sudah diskrining apabila keluarganya ada yang terkena glaukoma," ungkap Tria.

3 dari 5 halaman

3. Pemakaian kacamata

 Cantik Berhijab dengan Kacamata

Dokter yang sehari-hari praktik di RS Cipto Mangunkusumo Kirana ini mengatakan, mereka yang memiliki kondisi mata miopi atau hipermetropi tinggi diminta untuk berhati-hati. Apalagi jika dia sudah menggunakan kacamata yang ukurannya sangat tinggi.

4 dari 5 halaman

4. Obat-obatan tertentu

 Obat Pil

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dianggap bisa menambah faktor risiko terkena glaukoma. Khususnya glaukoma sekunder. Selain itu, trauma tertentu juga bisa meningkatkan risiko terkena kondisi mata tersebut.

Laporan Giovani Dio Prasasti/ Sumber: Liputan6.com

5 dari 5 halaman

Begini Cara Rasul Jaga Kesehatan Mata

Dream - Rasulullah SAW punya cara menjaga kesehatan mata. Diriwayatkan Abu Daud dalam kitab sunannya, dari Abdurrahman Ibnu Nu'man Ibnu Ma'ad Ibnu Haudzah al-Anshariy, dari ayah dan kakeknya disebutkan bahwa Rasul menyuruh mengolesi mata dengan batu celak mata yang dibaluri wewangian misik sebelum tidur.

Rasulullah SAW memerintahkan celak itsmid yang dibubuhi minyak wangi menjelang tidur. Namun kata Rasul, orang yang berpuasa hendaknya menjauhinya. Abu Ubaid meriwayatkan bahwa arti dibubuhi minyak wangi adalah minyak kasturi.

Dalam Sunan Ibnu Majah diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW memiliki tempat celak yang Rasulullah SAW gunakan tiga kali di bagian mata.

Sementara dalam riwayat Tirmidzi, dari Ibnu Abbas bahwa jika memakai celak, Nabi SAW menggunakan tiga kali pada mata kanan, dimulai dari kanan dan diakhiri di bagian kanan dan dua kali pada bagian kiri.

Abu Daud meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda, " Siapa saja yang bercelak seharusnya dia menggunakan bilangan ganjil." Apakah bilangan ganjil itu berlaku pada kedua belah mata? Di mana masing-masing mata dicelaki tiga kali? Atau kanan tiga kali dan mata kiri dua kali?

Imam Ahmad menjelaskan, " Hal yang perlu diperhatikan dalam mencelaki mata adalah hendaknya mata kanan didahulukan terlebih dahulu. Hendaknya mencelaki mata dengan bilangan (celakan) ganjil, bisa dilakukan pada mata kanan tiga kali, kemudian mata kiri dua kali atau mata kanan dan kiri masing-masing tiga kali."

Para ahli medis mengatakan celak mata memiliki daya guna dan faedah. Di antara kegunaan yang paling utama adalah menjaga kesehatan mata, menjaga kejernihan pandangan mata dan menambah ketajaman daya pandang serta penglihatan mata, sehingga bisa memandang dengan jelas dan terang.

Celak mata juga berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran mata dan memperindah mata.

Adapun saat paling tepat untuk celak mata adalah ketika hendak tidur. Karena pada saat itu ketenangan mata dan kestabilan gerak mata sangat terjaga, sehingga fungsi celak akan berjalan secara optimal di saat manusia tidur.

Celak biasanya berupa bubuk untuk  bulu mata atau disapukan di sekeliling mata. Telah diketahui banyak orang bahwa celak adalah perhiasan yang dipakai wanita untuk berhias.

Walaupun terdapat perbedaan diantara para ulama tentang boleh-tidaknya wanita bercelak di depan lelaki non-mahram.

Disalin dari kitab Buku Pintar Kedokteran Nabi oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, penerbit Fathan Prima Media. (Sumber: Merdeka.com)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo