Mantan Ajudan: Tiap Hari, Habibie dan Ainun Seperti Pengantin Baru

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 13 September 2019 10:00
Mantan Ajudan: Tiap Hari, Habibie dan Ainun Seperti Pengantin Baru
Ainun dan Habibie bergandengan tangan masuk ke dalam rumah, setiap hari.

Dream - BJ Habibie kini sudah kembali kepada Ilahi. Namun kisah cinta pria bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie itu dengan sang istri, Ainun, selalu dikenang.

Dengarlah penuturan Mayor Jenderal TNI (Purn) Tubagus Hasanuddin, mantan ajudan Habibie saat menjabat sebagai Presiden ke-3 Indonesia. Hasanuddin tak akan pernah lupa dengan kemesraan pasangan itu.

" Saya kadang-kadang malu sebagai anak yang lebih muda saat itu, beliau itu seperti pengantin baru setiap hari dengan ibu Ainun," ujar Hasanuddin di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis 12 September 2019.

Selain itu, tambah dia, Ibu Ainun juga selalu berdiri di halaman rumah ketika sang suami pergi bekerja. Biasanya, Ibu Ainun akan melambaikan tangan melepas sang suami.

" Ketika Pak Habibie pulang, Ibu Ainun sudah menunggu di depan dan kemudian saat turun mobil, Pak Habibie dan Ibu Ainun gandengan tangan ke dalam, seperti pengantin baru selamanya," kata dia.

1 dari 6 halaman

Bekal Makan Siang

Ibu Ainun juga selalu membawakan bekal makan siang untuk BJ Habibie.

" Kalau makan siang, kami ambil dalam rantang yang dimasak oleh ibu, kemudian dari situ beliau menyantapnya," kata dia.

BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta Pusat. Sementara Ainun meninggal dunia pada 2010.

Makam keduanya berada berdampingan di Blok M kavling 120 dan 121 Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

2 dari 6 halaman

Jokowi: Habibie Tunjukan Kecerdasan Tanpa Cinta Bisa Berbahaya

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur ucapara pemakaman Bacharuddin Jusuf (BJ), Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas meninggalnya Bapak Teknologi Indonesia itu.

" Beliau negarawan sejati, seorang inspirator seorang ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya," ujar Jokowi, Kamis, 12 September 2019.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, selain baik di bidang ilmu teknologi, Habibie juga merupakan sosok seorang muslim yang taat.

" Ilmu pengetahuan iman dan takwa harus bersatu. Beliau adalah suri tauladan untuk bangsa," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga menyebut jasa-jasa besar yang pernah ditorehkan Habibie selama hidupnya, salah satunya membuat Pesawat Udara bernama Gatot Kaca yang berhasil terbang pada peringatan kemerdekaan Indonesia ke-50.

" Kita hadir di sini di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk memberikan penghormatan terakhir sebagai bentuk penghargaan negara, atas jasa dan pengabdian kepada bangsa dan kepada ilmu pengetahuan selama hidupnya," kata dia.

3 dari 6 halaman

Impian BJ Habibie Tentang Indonesia Maju dan Unggul

Dream – Kepergian Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, menyisakan duka mendalam bagi maayarakat Indonesia dan dunia. Tak sedikit kenangan dan pesan yang diberikan dari sosok yang tengah merancang pesawat karya anak bangsa, R-80.

Salah satu pesan yang diberikan adalah memprioritaskan industri, seperti yang diutarakan oleh Menteri Badan Perencanan Pembangunan Nasional, Bambang P. S. Brodjonegoro. Habibie berpesan agar industri dalam negeri bisa maju.

Dia juga berpesan agar konektivitas di sektor perhubungan udara ditingkatkan.

 © Dream

" Beliau berpesan agar Indonesia selalu prioritaskan industri bernilai tambah tinggi dan berbasis teknologi, serta membangun konektivitas antar pulau via udara,” kata mantan menteri keuangan Liputan6.com, dikutip Kamis 12 September 2019.

Bambang menilai Habibie sebagai sosok negarawan yang demokratis.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, turut berbela sungkawa atas meninggalnya Habibie. Budi Karya menyebut suami Alm. Hasri Ainun Habibie ini patut jadi role model.

“ Duka mendalam atas wafatnya putra terbaik bangsa Bapak BJ Habibie. Atas karya dan legacy Beliau sangat patut sebagai role model,” kata dia.

Budi Karya menilai sosok ini wajib dikagumi generasi milenial. Alasannya, kejeniusannya dalam menciptakan karya membuatnya dikenal sampai luar negeri. Habibie pun juga berperan banyak dalam kemajuan industri strategis di Indonesia.

" Banyak jasa almarhum di beberapa perusahaan industri strategis, seperti INKA, PAL, INTI. Beliau banyak memberi sumbangan pada industri transportasi," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika)

4 dari 6 halaman

Pekik Tahlil Sambut Jenazah BJ Habibie Saat Tiba TMP Kalibata

Dream - Jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah disemayamkan di rumah peristirahatannya yang abadi, Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Lautan manusi memenuhi sepanjang jalan yang dilintasi iring-iringan rombongan mobil jenazah.

Saat tiba, iring-iringan jenazah BJ Habibie disambut dengan kalimat tauhid yang diucapkan warga yang sedari pagi menunggu.

" Lailaa ha illallah, Lailaa ha illallah," pekik warga.

Selain itu, ada juga yang mengucapkan selamat jalan kepada Bapak Teknologi Indonesia itu.

" Selamat jalan Pak Habibie," ucap warga sambil melambaikan tangan.

Saat ini proses upacara pemakaman sudah berlangsung dengan dipimpin langsung oleh Presiden, Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

5 dari 6 halaman

Sosok Thareq Habibie, Putra Habibie yang Pakai Satu Penutup Mata

Dream – Ada sosok yang menarik perhatian publik ketika Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, meninggal dunia. Sosok putra bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie mendadak jadi sorotan karena penampilannya. 

Tampil memberikan pernyataan resmi usai sang ayah meninggal, penampilan Thareq Habibie memicu tanda tanya masyarakat. Adik Ilham Habibie ini tampil dengan mengenakan satu penutup mata sebelah kanan.

Dikutip dari berbagai sumber, Thareq Habibie adalah putra kedua dari B. J. Habibie dan Hasri Ainun Habibie. Pria ini menikah dengan wanita bernama Widya Leksamanawati pada 1997.

Pernikahannya Thareq Habibie dan Widya dikaruniai tiga orang anak, yaitu Farhah Sultan Habibie, Felicia Rasyida Habibie, dan Farrah Azizah Habibie.

 Thareq Kemal Habibie tampil dengan penutup mata.© Vidio.com/Liputan6.com

Sayangnya, tak banyak informasi tentang putra bungsu Habibie. Informasi tentang Thareeq Habibie hanya didapat saat saat dia hadir dalam acara yang digelar PT Pos Indonesia.

Mengutip laman Merdeka.com, Thareq saat itu datang untuk menyaksikan penandatangan kerja sama penerbitan peangko khusus Habibie-Ainun pada tahun 2017. Sata itu Thareq datang mewakili PT Thareq Habibie Carbon.

6 dari 6 halaman

Kok Pakai Penutup Mata?

Sementara mengutip laman Kapanlagi.com, penampilan Thareq dengan penutup mata bukan yang pertama kali terlihat. 

Thareq pernah terlihat memakai penutup mata ketika menjenguk Ani Susilo Bambang Yudhoyono saat dirawat di Singapura. Penampilan yang sama terlihat saat Thareq menghadiri pemakaman istri dari presiden SBY tersebut. 

Mengenakan kopiah berwarna hitam, Thareq duduk tepat dibelakang SBY yang 

 Thareq Kemal di belakang SBY© Foto: Kapanlagi.com

Saat memberikan kabar duka meninggalnya Habibie, dia pun juga memakai tutup mata.

Sampai saat ini, tidak diketahui jelas mengapa Thareq Kemal selalu memakai penutup mata. 

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak