Nama BJ Habibie Dipakai untuk Jembatan di Timor Leste

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 12 September 2019 19:01
Nama BJ Habibie Dipakai untuk Jembatan di Timor Leste
Dicintai warga Timor Leste dan Indonesia.

Dream - Jasa Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie tak hanya terkenang di warga Indonesia. Habibie dikenang juga oleh warga Timor Leste, yang dulu dikenal sebagai Timor Timur.

Sebagai penghormatan, warga Timor Leste menggunakan nama Habibie sebagai nama jembatan di Timor Leste.

Nama jembatan itu diketahui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat menghadiri Peringatan ke-20 Hari Pelaksanaan Jajak Pendapat di Dili, Timor Leste.

Basuki menghadiri peresmian Jembatan BJ Habibie di Desa Bidau Sant`ana, Dili, 29 Agustus 2019 setelah ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo mewakili pemerintah Indonesia.

" Terkait peresmian jembatan di Dili dengan nama BJ. Habibie, ini merupakan kehormatan bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya Bapak BJ Habibie," kata Basuki, dilaporkan .

Jembatan yang memiliki panjang 540 meter, lebar 8 meter, dan dua jalur itu dibangun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) asal Timor Leste dengan anggaran US$3,9 juta.

1 dari 7 halaman

Tak Sempat Melaporkan

Basuki, waktu itu, menyebut BJ Habibie sebagai sosok negarawan yang dicintai rakyat Indonesia dan Timor Leste.

Namun sayang Basuki belum sempat mengabarkan tentang nama jembatan tersebut kepada mendiang BJ Habibie.

" Saya kan baru saja ditugasi oleh Pak Presiden untuk meresmikan Jembatan Habibie di Timor Timur (Timur Leste) dan saya pulang, saya mau melaporkan kepada beliau soal jembatan tersebut. Belum sempat laporan beliau sudah enggak ada," kata dia, dilaporkan .

Basuki menceritakan pertemuan terakhirnya dengan Habibie terjadi sekitar sebulan lalu. Saat itu presiden ketiga Indonesia itu tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Di sebelah ruang perawatan Habibie, dirawat juga adik dari Basuki.

" Saya menengok beliau, beliau lagi di kamar mandi. Habis itu saya ke ruangan adik saya, beliau yang nyamperin saya," ucap dia.

2 dari 7 halaman

Jokowi: Habibie Tunjukan Kecerdasan Tanpa Cinta Bisa Berbahaya

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur ucapara pemakaman Bacharuddin Jusuf (BJ), Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas meninggalnya Bapak Teknologi Indonesia itu.

" Beliau negarawan sejati, seorang inspirator seorang ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya," ujar Jokowi, Kamis, 12 September 2019.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, selain baik di bidang ilmu teknologi, Habibie juga merupakan sosok seorang muslim yang taat.

" Ilmu pengetahuan iman dan takwa harus bersatu. Beliau adalah suri tauladan untuk bangsa," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga menyebut jasa-jasa besar yang pernah ditorehkan Habibie selama hidupnya, salah satunya membuat Pesawat Udara bernama Gatot Kaca yang berhasil terbang pada peringatan kemerdekaan Indonesia ke-50.

" Kita hadir di sini di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk memberikan penghormatan terakhir sebagai bentuk penghargaan negara, atas jasa dan pengabdian kepada bangsa dan kepada ilmu pengetahuan selama hidupnya," kata dia.

3 dari 7 halaman

Impian BJ Habibie Tentang Indonesia Maju dan Unggul

Dream – Kepergian Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, menyisakan duka mendalam bagi maayarakat Indonesia dan dunia. Tak sedikit kenangan dan pesan yang diberikan dari sosok yang tengah merancang pesawat karya anak bangsa, R-80.

Salah satu pesan yang diberikan adalah memprioritaskan industri, seperti yang diutarakan oleh Menteri Badan Perencanan Pembangunan Nasional, Bambang P. S. Brodjonegoro. Habibie berpesan agar industri dalam negeri bisa maju.

Dia juga berpesan agar konektivitas di sektor perhubungan udara ditingkatkan.

" Beliau berpesan agar Indonesia selalu prioritaskan industri bernilai tambah tinggi dan berbasis teknologi, serta membangun konektivitas antar pulau via udara,” kata mantan menteri keuangan Liputan6.com, dikutip Kamis 12 September 2019.

Bambang menilai Habibie sebagai sosok negarawan yang demokratis.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, turut berbela sungkawa atas meninggalnya Habibie. Budi Karya menyebut suami Alm. Hasri Ainun Habibie ini patut jadi role model.

“ Duka mendalam atas wafatnya putra terbaik bangsa Bapak BJ Habibie. Atas karya dan legacy Beliau sangat patut sebagai role model,” kata dia.

Budi Karya menilai sosok ini wajib dikagumi generasi milenial. Alasannya, kejeniusannya dalam menciptakan karya membuatnya dikenal sampai luar negeri. Habibie pun juga berperan banyak dalam kemajuan industri strategis di Indonesia.

" Banyak jasa almarhum di beberapa perusahaan industri strategis, seperti INKA, PAL, INTI. Beliau banyak memberi sumbangan pada industri transportasi," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika)

4 dari 7 halaman

Pekik Tahlil Sambut Jenazah BJ Habibie Saat Tiba TMP Kalibata

Dream - Jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah disemayamkan di rumah peristirahatannya yang abadi, Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Lautan manusi memenuhi sepanjang jalan yang dilintasi iring-iringan rombongan mobil jenazah.

Saat tiba, iring-iringan jenazah BJ Habibie disambut dengan kalimat tauhid yang diucapkan warga yang sedari pagi menunggu.

" Lailaa ha illallah, Lailaa ha illallah," pekik warga.

Selain itu, ada juga yang mengucapkan selamat jalan kepada Bapak Teknologi Indonesia itu.

" Selamat jalan Pak Habibie," ucap warga sambil melambaikan tangan.

Saat ini proses upacara pemakaman sudah berlangsung dengan dipimpin langsung oleh Presiden, Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

5 dari 7 halaman

Sosok Thareq Habibie, Putra Habibie yang Pakai Satu Penutup Mata

Dream – Ada sosok yang menarik perhatian publik ketika Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, meninggal dunia. Sosok putra bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie mendadak jadi sorotan karena penampilannya. 

Tampil memberikan pernyataan resmi usai sang ayah meninggal, penampilan Thareq Habibie memicu tanda tanya masyarakat. Adik Ilham Habibie ini tampil dengan mengenakan satu penutup mata sebelah kanan.

Dikutip dari berbagai sumber, Thareq Habibie adalah putra kedua dari B. J. Habibie dan Hasri Ainun Habibie. Pria ini menikah dengan wanita bernama Widya Leksamanawati pada 1997.

Pernikahannya Thareq Habibie dan Widya dikaruniai tiga orang anak, yaitu Farhah Sultan Habibie, Felicia Rasyida Habibie, dan Farrah Azizah Habibie.

 Thareq Kemal Habibie tampil dengan penutup mata.

Sayangnya, tak banyak informasi tentang putra bungsu Habibie. Informasi tentang Thareeq Habibie hanya didapat saat saat dia hadir dalam acara yang digelar PT Pos Indonesia.

Mengutip laman Merdeka.com, Thareq saat itu datang untuk menyaksikan penandatangan kerja sama penerbitan peangko khusus Habibie-Ainun pada tahun 2017. Sata itu Thareq datang mewakili PT Thareq Habibie Carbon.

6 dari 7 halaman

Kok Pakai Penutup Mata?

Sementara mengutip laman Kapanlagi.com, penampilan Thareq dengan penutup mata bukan yang pertama kali terlihat. 

Thareq pernah terlihat memakai penutup mata ketika menjenguk Ani Susilo Bambang Yudhoyono saat dirawat di Singapura. Penampilan yang sama terlihat saat Thareq menghadiri pemakaman istri dari presiden SBY tersebut. 

Mengenakan kopiah berwarna hitam, Thareq duduk tepat dibelakang SBY yang 

 Thareq Kemal di belakang SBY

Saat memberikan kabar duka meninggalnya Habibie, dia pun juga memakai tutup mata.

Sampai saat ini, tidak diketahui jelas mengapa Thareq Kemal selalu memakai penutup mata. 

7 dari 7 halaman

Jenazah BJ Habibie Dimakamkan Pukul 13.30 WIB

Dream - Jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dijadwalkan akan diberangkatkan dari rumah duka di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan pukul 13.30 WIB setelah dilakukan proses serah terima dari keluarga ke negara.

Setelah itu, jenazah akan dibawa dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tepat di samping makam istri, Ainun Habibie.

Saat membawa jenazah almarhum Habibie, akan ada Iring-iringan kendaraan. Polisi nantinya akan menutup sementara jalan yang akan dilalui rombongan pengantar jenazah BJ Habibie.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan, ada dua opsi rute yang disiapkan.

Rute perjalanan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi pertama,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan Utara
- Jalan Rasuna Said
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP Kalibata

Rute alternatif di sepanjang jalan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi kedua,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan VII
- Jalan Dukuh Patra
- Jalan Mandala Raya
- Jalan Rasamala Raya
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP kalibata

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi