Kenangan Paling Membekas Menko Luhut Tentang Sosok BJ Habibie

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 13 September 2019 06:01
Kenangan Paling Membekas Menko Luhut Tentang Sosok BJ Habibie
Kenangan itu sampai dibuat dalam bukunya

Dream - Kenangan terhadap mendiang BJ Habibie dirasakan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Di mata Luhut, sosok Habibie merupakan pribadi yang baik dan demokrat sejati.

Salah satu kenangan yang membekas bagi Luhut yaitu pernah dipanggil Habibie dan diminta menjadi duta besar Indonesia untuk Singapura.

" Beliau mengatakan, Pak Luhut ini adalah tugas negara. Waktu itu saya sampaikan saya pensiun jadi tentara saja, Pak. Itu saya pikir momen yang sangat tidak terlupakan dan saya tulis di buku saya," ujar Luhut, dilaporkan Kamis, 12 September 2019.

Selain tawaran itu, Luhut bercerita mengenai konsistensi dan keteguhan hati Habibie. Contohnya, ketika Habibie enggan dicalonkan menjadi presiden.

" Begitu di MPR dulu ingat kan? tentu ada permainan politik waktu itu. Begitu pertanggungjawabannya tak diterima, dia konsisten. Dia tak mau maju lagi. Saya kira itu bukan hal mudah. Padahal beliau mau bermain macam-macam pasti bisa," kata dia.

Luhut mengatakan, pengabdian Habibie untuk bangsa ini patut dicontoh generasi muda.

" Contoh yang sangat baik bagi kalian yang lebih muda, bagaimana seorang profesor jenius bisa jadi presiden dan memberikan contoh yang bagus dan tidak macam-macam," ucap dia.

1 dari 6 halaman

Chat Terakhir BJ Habibie

Dream - Dita Soedarjo ternyata punya hubungan dekat dengan almarhum BJ Habibie. Dita bahkan menunjukkan percakapan online dengan Presiden ke-3 Indonesia tersebut.

Dalam percakapan itu, Habibie memberikan link Youtube seorang wanita menyanyikan lagu Merah Putih Bendera Ku. " Menyentuh hati sekali isi lirik lagunya," tulis Habibie pada pesan tersebut.

Lalu, Dita beratnya kepada Habibie tentang kondisi kesehatan.  " Ya beautiful songg eyanggg how are u feelingg. Are u better alreadyv," balas Dita.

 pesan habibie

Lalu Habibie kembali mengirim video, sekaligus menjawab pertanyaan Dia. Habibie mengaku dalam kondisi baik. " I feel much better now but meybe o have to stay until wendsday next week," jawab Habibie.

Dita mengaku tidak percaya saat mendengar kabar meninggalnya BJ Habibie. Padahal, Dita sudah punya rencana makan es krim bareng BJ Habibie sambil memberikan buku karyanya.

" Eyang harusnya sudah sembuh minggu depan dan kita makan @haagendazsid dan Eyang akan jadi pertama yang baca buku aku yang ke 2 dengan seluruhnya," kata dia.

Dita bahkan berterima kasih kepada Habibie karena selama hidupnya menjadi tempat bertukar pikiran. Dia juga mengaku bahwa Habibi lah yang telah menguatkannya saat terpuruk.

Dita menilai Habibie merupakan sosok pemimpin yang sabar dan sangat menginspirasi untuk generasi muda.

" Eyang salah satu orang pertama yg telpon aku di hari terberat dalam hidupku kemarin dan Eyang adalah pemimpin yang sabar dengan generasi muda dan mau mendengarkan dan menjawab semua pertanyaan kita," tulisnya.

2 dari 6 halaman

Menyesal

Dita mengaku menyesal melakukan perjalanan ke Bali sehingga tidak bisa mengucapkan salam perisahan untuk terakhir kalinya. Dita juga mendoakan agar Habibie bertemu dengan belahan jiwanya, Ainun.

" Terimakasih Eyang untuk semuanya aku nyesel ke Bali sekarang ga bisa bilang selamat jalan ke Eyang. I know heaven just got another angel. Selamat bertemu dengan kekasih Eyang lagi yang Eyang sudah rindukan setiap hari,"  ucapnya.

" Dan aku tau hari ini adalah hari yang Eyang sudah nantikan jadi kita tidak bokeh bersedih berlebihan karena Eyang sudah bahagia di sisiNya" .

3 dari 6 halaman

Cerita Haru Najwa Shihab Saksikan Tangisan Terakhir BJ Habibie

Dream - Najwa Shihab menceritakan kenangan dengan BJ Habibie. Najwa mengatakan bahwa sosok tokoh favoritnya Adalah BJ Habibie.

Dia merasa beruntung kerap bertatap muka dan berkesempatan berbincang membahas tentang cinta, demokrasi, teknologi, hingga rencananya untuk anak negeri dengan BJ Habibie.

"  Setiap kali ditanya siapa tokoh favorit yang pernah diwawancara, jawaban saya tidak pernah berubah. Bacharudin Jusuf Habibie. Dan saya beruntung dapat banyak sekali kesempatan berbincang dengan Eyang Habibie," tulis Najwa Shihab dikutip Dream, Kamis 12 September 2019.

" Soal cinta, demokrasi, tekhnologi, Indonesia yang berdikari dan harapannya untuk anak-anak muda negeri" .

  najwa shihab

Najwa mengatakan sudah 10 episode BJ Habibi hadir dalam program yang dia bawakan. Setiap episode, diakui Najwa, selalu dipenuhi hal yang berarti dalam hidupnya. Kedekatan mendiang Habibie dengan sang ayah, Quraish Shihab, membuat Najwa merasa hubungannya dengan BJ Habibie bukan sekadar wartawan dan narasumber.

" Tapi lebih dari itu,"  kata dia.

Dalam unggahannya, Najwa menceritakan sempat melihat Habibie menangis saat dia membesuk tokoh idolanya tersebut bersama ayahnya, Quraish Shihab.

Dalam kunjungan itu Najwa mengaku melihat BJ Habibie menetskan air mata saat sang ayah membisikan sesuatu ke telinganya. Melihat momen itu, hati Najwa Shihab langsung pecah teriris.

"  Saya menyaksikan ketika #AbiQuraish memegang tangan dan berbisik ke telinga Eyang Habibie, “ Berkah ilmu Pak Habibie yang akan melapangkan jalan Bapak nanti..” Eyang memang sudah tidak bisa menjawab tapi matanya masih bergerak-gerak tanda mengerti, dan tidak lama kemudian Eyang menangis. Amblas rasanya hati saya,"  kata dia.

4 dari 6 halaman

Sosok Habibie

Najwa mengaku langsung mengonfirmasi atas kabar meninggalnya Habibie Kepada dokter yang merawatnya. Dia baru percaya Habibie meninggal usai mendengar langsung dari sang dokter.

"  Jam 18.06 pesan singkat itu masuk. “ Innalillahi wa inna ilahi rojiun. Telah wafat Bapak BJ Habibie”. Saya yang saat itu sedang berada di Studio TRANS7 untuk persiapan LIVE mata Najwa episode KPK, langsung menghubungi Dokter Vireza untuk mengonfirmasi info itu" .

" Dan benar, tepat jam 18.03 Eyang Habibie berpulang, “ Saya sendiri yang tadi memeriksa kondisi dan mengumumkan jam wafatnya ini Mbak Nana” kata Dokter Vireza,"  sambungnya.

Menurut wanita berusia 41 tahun ini dia mengibaratkan sosok Habibie seperti cinta. Cintanya kepada istrinya Ainun sampai cinta kepada bangsa Indonesia.

" Habibie adalah cinta. Ia pencinta yang penuh seluruh. Cintanya pada Ainun selalu sungguh, cintanya pada Indonesia tak pernah luruh. Cinta pulalah yang membuat saya memilih foto-foto ini untuk mengenang Eyang Habibie. Saat ia sedang tertawa dengan mata jenakanya yang khas. Saat ia dengan ringannya berkata di Mata Najwa,: imbuhnya.

Diakhir kalimat, Najwa mengutip perkataan romantis Habibie untuk Ainun saat meninggal. Dia tidak pernah takut mati lagi karena istrinya akan menemaninya.

“  Saya tidak lagi takut mati karena andaikan sampai waktunya nanti, Saya tahu yang akan menemui Saya pertama adalah Ainun”. Untuk Bacharudin Jusuf Habibie tercinta, selamat terbang menuju keabadian," .

 

 

5 dari 6 halaman

Mengharukan, Salam Perpisahan Sang Cucu BJ Habibie

Dream - Cucu BJ Habibie, Farrah Azizah Habibie, menuliskan salam perpisahan haru untuk eyangnya. Lewat unggahan inststory di akun Instagramnya, sang cucu menjanjikan satu hal untuk sang eyang. 

Mengunggah foto saat berpose bersama eyang BJ Habibie, Farrah menunjukan tulisan penuh cintanya untuk sang presiden ketiga Indonesia tersebut. 

“  I promise I’ll make you proud Eyang. I love you forever, you’re with Eyang Putri now. (Aku janji akan membuat Eyang bangga. Aku sayang Eyang selamanya, sekarang Eyang bersama Eyang Putri),” tulisnya dikutip Dream, Kamis 12 September 2019.

  BJ Habibie

Di unggahan Instagram Story terakhir, Farrah sempat mengucapkan terima kasih untuk doa dan kata-kata yang dihantarkan untuk Presiden pada era 1998-1999 itu.

“ Thank you everyone for your kind words and prayers. (Terima kasih semuanya atas semua ucapan dan doa),” tutupnya.

  BJ Habibie

6 dari 6 halaman

Pesan Terakhir BJ Habibie ke Melanie Soebono

Dream - Melanie Subono menceritakan pertemuan terakhir dengan Presiden ketiga RI BJ Habibie sebelum meninggal. Dalam pertemuan tersebut, putri dari Adri Subono itu mendapat pesan yang akan dijalankannya hingga akhir hayat. 

Mengutip laman Liputan6.com, Melanie mengatakan pertemuan terakhirnya dengan BJ Habibie yang meninggap kemarin, (Rabu, 11 September 2019) terjadi sepekan yang lalu. Kala itu, sang eyang belum mengalami kritis.

Saat itu Melanie mengaku baru pulang dari luar kota dan sempat masuk ke ruangan perawatan BJ Habibie. 

" Terus dipanggil Eyang spesifik 'Melanie mana?' aku masuk lagi," kata Melanie.

  melanie dan bj habibie

Foto : @melaniesubono

Dalam perbincangan tersebut Melanie menceritakan Habibie memberikan satu pesan khusus kepadanya. 

" Kamu terus jadi ya pemberontak (dalam hal berkaitan dengan hak perempuan) karena perempuan adalah makhluk yang hebat. Kamu terus ya jadi pemberontak yang hebat," ujarnya.

" Itu pesan eyang yang akan gue kerjakan gitu."  

Melanie Subono juga menyebut bahwa BJ Habibie sempat kritis di ruang ICU." Iya sempat, sempat (kritis)" ujarnya.

(Sah, Sumber : liputan6.com/Zulfa Ayu Sundari)

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham