Wow! Presenter Berita Ini Sanggup Siaran 24 Jam, Ternyata...

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 12 November 2018 11:00
Wow! Presenter Berita Ini Sanggup Siaran 24 Jam, Ternyata...
Presenter pria ini begitu lancar berbicara.

Dream - Kantor berita Tiongkok, Xinhua memiliki presenter dengan wajah baru. Wajah tersebut pertama kali dikenalkan pada Konferensi Internet Dunia di Zhejiang, China.

Ada dua wajah baru. Satu presenter membacakan berita dalam Bahasa Mandarin, sedangkan satu lainnya dalam Bahasa Inggris.

Dalam video tersebut, banyak yang mengira presenter itu adalah manusia. Dugaan mereka keliru.

Presenter yang fasih berbahasa Inggris itu adalah pembawa berita virtual berbasis teknologi kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI).

" Halo, Anda sedang menonton program berita dalam Bahasa Inggris. Saya pembawa berita AI," demikian ucap sang presenter, dikutip dari Liputan6.com.

 

1 dari 2 halaman

Bisa Kerja 24 Jam

Manajemen Xinhua mengklaim presenter AI ini bisa bekerja tanpa batas, 24 jam sehari. Dampaknya, biaya produksi bisa ditekan.

Presenter AI tersebut membacakan berita selama dua menit. Kemudian, dia menyampaikan penampilannya akan semakin baik dengan pengalaman dan pengembangan sistem.

Selanjunya, manajemen Xinhua menjelaskan presenter AI ini merupakan proyek yang digarap bersama perusahaan mesin pencari Sogou. Presenter ini diklaim memiliki kemampuan belajar secara otodidak dengan menyaksikan video siaran langsung.

" Presenter ini bisa membaca teks sama alamiahnya seperti pembaca berita profesional," demikian klaim Xinhua.

Sumber: Liputan6.com

2 dari 2 halaman

Ini Penampilannya

Beri Komentar