Kini Raja Arab Bisa Ditemui Secara Online

Reporter : Ismoko Widjaya
Minggu, 4 Mei 2014 19:37
Kini Raja Arab Bisa Ditemui Secara Online
Rakyat Arab Saudi kini diizinkan mengirimkan pesan dan keluhan langsung kepada Raja Abdullah.

Sebuah kemajuan teknologi kembali diterapkan pemerintah Arab Saudi baru-baru ini. Rakyat Arab Saudi kini diizinkan mengirimkan pesan dan keluhan langsung kepada Raja Abdullah.

Seperti dilansir BBC, rakyat Arab Saudi kini dipersilakan menyampaikan pesan, keluhan dan pendapat mereka langsung kepada Raja Abdullah melalui internet. Adalah Tawasol, sebuah situs yang disediakan pemerintah Arab Saudi sebagai media bagi rakyatnya untuk 'menemui' raja secara online.

Tawasol yang berarti komunikasi itu berisi pesan-pesan yang akan langsung dikirim kepada Raja untuk ditindaklanjuti. Sebagai gambaran, fasilitas ini seperti Info layanan SMS 9949 kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun dengan media yang berbeda.

Rakyat Arab Saudi dapat menggunakan Tawasol untuk mengajukan keluhan atau komplain atas pelayanan pemerintah. Bahkan mereka bisa mengirim permohonan bantuan medis jika memang diperlukan.

Dalam pernyataannya di portal, pejabat Arab Saudi mengatakan rakyat bisa memberitahukan kepada Raja tentang kekurangan-kurangan dalam pelayanan yang diberikan pemerintah. Sehingga pemerintah bisa mengambil tindakan yang sesuai demi memberikan kepuasan pelayanan untuk umum.

Namun untuk mengakses kontent Tawasol secara utuh, rakyat Arab Saudi harus mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu. Arab Saudi memang termasuk negara yang sangat ketat terhadap penggunaan internet.

Meski negara kaya minyak itu mengaku sebagai negara yang sudah 'melek' internet, namun pemerintah Arab Saudi tetap memberlakukan kontrol ketat. Terutama terhadap situs-situs atau konten yang dianggap akan merusak moral rakyat.

Beri Komentar