Squat 1000 Kali Lebih, Tubuh Gadis Ini Alami Hal Mengerikan

Reporter : Idho Rahaldi
Selasa, 30 Juli 2019 11:01
Squat 1000 Kali Lebih, Tubuh Gadis Ini Alami Hal Mengerikan
Beruntung dia masih diberi kesempatan hidup

Dream - Berolahraga secara rutin sangat efektif untuk kesehatan. Namun, melakukan olahraga sesuai porsi juga harus diperhatikan.

Kita selalu ingat pepatah jika segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan berakhir tidak baik. Hal ini juga berlaku untuk olahraga. 

Bukannya menjadi sehat, olahraga berlebihan dapat menimbulkan efek yang negatif untuk tubuh. Seorang gadis asal China ini telah membuktikannya.

Ia nekat melakukan squat sekitar seribu kali tanpa henti hingga berakibat fatal kepada tubuhnya.

1 dari 8 halaman

Sakitnya Menjadi-jadi

Melansir World Of Buzz, dua orang gadis awalnya saling memberi tantangan untuk melakukan squat sebanyak mungkin.

Tantangan ini dilakukan dengan tujuan membandingkan pemilik stamina yang lebih baik.

Dengan terhubung melalui video call, keduanya mulai melakukan squat secara bersamaan. Karena terlalu bersaing, keduanya tak ada yang mau menyerah. Tak terasa squat yang mereka lakukan telah mencapai 1000 kali!

Salah satu gadis bernama Tang akhirnya menghentikan tantangan itu karena merasakan sakit di bagian kakinya.

Namun, ia menggangap wajar kondisi tersebut dan pergi bekerja seperti biasa keesokan harinya.

Masalah mulai terasa ketika Tang bangun tidur tiga hari setelah tantangan squat tersebut. Tak sekadar kakinya yang terasa sangat sakit tak tertahankan, Tang bahkan tak bisa membungkuk.

2 dari 8 halaman

Bisa Sebabkan Kematian

Dia makin khawatir ketika melihat warna urinenya mirip teh. Ia teringat akan pelajaran dari pelatihan militer bahwa air seni berwarna teh menunjukkan masalah dengan tubuh.

Saat itu Tang lantas meminta tolong kekasihnya untuk mengantarkanya ke rumah sakit.

Dari hasil diagnosis dokter diketahui Tang mengalami Rhabdomyolysis, suatu kondisi yang disebabkan oleh kematian serat otot karena cedera otot, lalu isi dari serat otot yang mati masuk ke aliran darah.

Menurut WebMD, kondisi ini akan menyebabkan gagal ginjal dan berisiko kematian.

3 dari 8 halaman

Temannya Alami Hal yang Sama

Beruntung, nyawa Tang selamat setelah ia dirawat di Unit Perawatan Intensif elektronik (eICU).

Wakil Direktur Departemen Endokrinologi dan Nefrologi rumah sakit setempat mengaku lega Tang masih muda sehingga ia memiliki kesempatan lebih besar untuk pulih.

Saat masih terbaring di rumah sakit, dikutip dari World of Buzz, Tang sempat mencari temannya yang melakukan tantangan.

Ia kemudian terkejut, ternyata temannya juga dirawat di rumah sakit karena kondisi yang sama.

4 dari 8 halaman

2 Aktivitas Pengganti Olahraga, Cuma Butuh Semenit!

Dream - Jika ingin hidup sehat, tidak ada alasan apapun yang menghalangimu untuk berolahraga setiap hari.

Tapi, terkadang sulit menemukan waktu berolahraga di tengah jadwal yang padat. Belum lagi, membayangkan berapa banyak energi yang diperlukan saat berolahraga.

Walau begitu, olahraga tetap aktivitas penting untuk dilakukan. Beberapa penelitian membuktikan dengan berolahraga rutin, kamu bisa menurunkan berat badan, meredakan stres dan membantumu memperpanjang masa hidup.

Yang perlu dilakukan hanyalah memanfaatkan 45-50 menit waktu olahraga secara efektif.

5 dari 8 halaman

Cuma Butuh Waktu Semenit

Sebenarnya, kamu bisa melakukan olahraga dalam waktu yang lebih singkat dan efektif. Penelitian membuktikan bahwa melakukan Interval Training dalam semenit bisa berdampak besar bagi tubuh.

Dalam semenit, otot perutmu akan lebih kuat seperti berolahraga 45 menit. Jadi, kamu bisa berolahraga efektif meskipun memiliki waktu sangat terbatas.

  shutterstock

Untuk penelitian tersebut, seorang peneliti dari universitas di Kanada meneliti 25 orang yang kelebihan berat badan dan meminta mereka berlari cepat.

Mereka dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk berolahraga intens seperti lari cepat dengan waktu istirahat 10 menit dan dilakukan selama 12 minggu.

Sedangkan kelompok lainnya diminta melakukan olahraga dengan intensitas lebih rendah seperti jogging.

6 dari 8 halaman

Hasil Penelitiannya Mengejutkan

Setelah diteliti, kekuatan otot, kesehatan jantung dan kelincahan mereka diperiksa.

Hasilnya membuktikan bahwa tidak ada perbedaan dari orang yang berolahraga dengan intensitas tinggi maupun rendah. Kondisi tubuh mereka tetap sama.

  shutterstock

Terlepas dari aktivitasnya, cara berolahraga pun berpengaruh pada tubuh. Ketika kamu melakukan olahraga dalam waktu singkat dan dilanjutkan dengan akivitas simpel, tubuhmu akan jauh lebih sehat serta segar.

Jenis olahraga yang bisa memberikan manfaat maksimal tanpa memakan waktu banyak untuk pergi ke gym adalah naik-turun tangga dan lompat tali.

 

7 dari 8 halaman

Naik-Turun Tangga

Ini merupakan aktivitas yang bisa dilakukan dimana saja, bahkan di dalam rumah. Kamu tidak perlu keluar rumah atau mencari alat tambahan.

Jika tidak berhasil menemukan tangga, kamu bisa menggunakan kursi dan melakukan gerakan naik-turun berulang kali. Selain membuat tubuh sehat, aktivitas ini bisa memperpanjang usia.

8 dari 8 halaman

Lompat Tali

Kalau punya waktu yang cukup banyak, kamu bisa bermain lompat tali di luar rumah. Lakukan pemanasan singkat, lalu berolahraga lompat tali secepat yang bisa kamu lakukan selama 20 detik. Berhenti sebentar dan ulangi minimal 3 kali.

Sumber: Times of India

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi