Katering Jemaah Haji Terhambat di Tanggal-tanggal Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 4 Juli 2018 06:00
Katering Jemaah Haji Terhambat di Tanggal-tanggal Ini
Di tanggal-tanggal tersebut, akses transportasi keluar dan masuk Mekah ditutup.

Dream - Layanan katering jemaah haji dipastikan akan terhambat pada tanggal 5 hingga 7 dan 14 hingga 15 Zulhijah. Sebab pada saat itu terjadi kepadatan jemaah haji dan akses transportasi masuk maupun keluar Kota Mekah akan ditutup.

" Kami tak bisa berikan layanan katering," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Sri Ilham Lubis, di kantornya, Jakarta, Selasa 3 Juli 2018.

Dia menambahkan, panitia haji tidak akan memaksakan perusahaan katering menyediakan makanan pada tanggal-tanggal tersebut. Kemenag enggan mengambil risiko keterlambatan sajian untuk jemaah haji.

" Banyak jalan ditutup, sehingga tak mudah untuk masuk ke pemondokan jemaah haji," ujar dia.

Tahun ini, jemaah haji Indonesia mendapatkan jatah katering sebanyak 75 kali selama di Arab Saudi. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 60 kali.

" Sebanyak 40 kali makan di Mekah, sekali di bandara, 18 kali di Madinah, dan 16 kali saat fase puncak haji di Arafah-Muzdalifah-Mina atau Armina," kata Kasubdit Katering Haji, Abdullah Yunus.

Menurut Abdullah, jemaah haji tidak perlu lagi membawa bekal bahan makanan terlalu banyak selama di Tanah Suci. Sebab, peningkatan layanan katering tahun ini sangat signifikan.

Beri Komentar