Rumah Warga Korban Longsor Sukabumi Akan Direlokasi

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 2 Januari 2019 17:20
Rumah Warga Korban Longsor Sukabumi Akan Direlokasi
Pemkab masih mencari lokasi pemindahan.

Dream - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, rumah yang terkena longsor di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada 31 Desember 2018 tidak akan dibangun kembali.

" Mereka akan direlokasi, rumah tidak akan dibangun kembali di sini dan akan dicarikan tempat yang lebih aman," ujar Sutopo di gedung BNPB, Jakarta, Rabu, 2 Januari 2018.

Hingga kini lokasi yang akan menjadi tempat baru warga Sirnaresmi masih dicari oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi. Yang pasti, warga yang terkena musibah akan ditempatkan di satu lokasi yang sama.

" Tidak jauh dari sawahnya," ucap dia.

Sutopo mengatakan, peristiwa longsor di Sukabumi menghancurkan 30 rumah yang dihuni oleh 101 kepala keluarga. BNPB juga mencatat ada 15 orang meninggal dunia akibat peristiwa ini.

Dari jumlah korban meninggal, 11 jenazah diantaranya sudah teridentifikasi. Sementara, 20 orang yang masih dalam pencarian.

Adapun korban luka-luka mencapai 3 orang mengalami luka-luka. Para korban luka saat ini mendapat perawatan di rumah sakit.

Saat ini, pemerintah Kabupaten Sukabumi telah menetapkan masa tanggap darurat selama tujuh hari.

" Masa tanggap darurat tujuh hari. Tanggap darurat ini untuk evakuasi pencarian korban, kedua penanganan korban, tiga penanganan korban yang mengungsi," kata Sutopo.(Sah)

Beri Komentar