Kado Tahun Baru Rusia, Rudal 20 Kali Kecepatan Suara

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 2 Januari 2019 12:03
Kado Tahun Baru Rusia, Rudal 20 Kali Kecepatan Suara
Hadiah luar biasa di tahun baru, kata Putin.

Dream - Presiden Rusia, Vladimir Putin, bakal memasang sistem rudal hipersonik pada 2019. Sistem rudal tersebut, dia klaim mampu menghindari pertahanan rudal balistik Russia.

Rudal hipersonik itu bernama Avangard. Menurut laporan televisi pemerintah Rusia, Vesti TV, rudal tersebut diklaim mampu mencapai 20 kali lipat kecepatan suara.

" Rusia terpaksa mengembangkan Avangard setelah AS menarik diri dari Perjanjian Rudal Anti-Balistik pada tahun 2002," kata reporter Vesti TV, Lucian Kim dari Moskow.

" Dia mengatakan rencana administrasi Trump untuk membatalkan perjanjian tentang rudal jarak menengah dapat menyebabkan perlombaan senjata baru."

Dikutip dari NPR, Putin sebelumnya telah membahas proyek Avangard pada Maret 2018. Pada saat itu, dia juga menyebutkan kecepatan potensial rudal itu.

Putin mengawasi pengujian sistem Avangard pada Rabu. Dia menonton layar video besar di Moskow yang menunjukkan rudal membawa senjata diluncurkan dari pangkalan rudal Dombarovskiy di Oblast Orenburg, di Pegunungan Ural selatan.

" Ini adalah kesuksesan besar dan kemenangan besar. Ini adalah hadiah luar biasa dan luar biasa bagi negara untuk Tahun Baru," kata Putin, menurut kantor berita pemerintah, Tass.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan senjata itu meluncur dari utara hingga timur lebih dari 3.000 mil sebelum mengenai sasaran latihan di tempat latihan Kura di wilayah Kamchatka, di Rusia jauh di timur laut.

Video yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia hanya menunjukkan fase pertama dari tes, ketika kendaraan glider membawa rudal UTTKh UR-100N, dalam istilah NATO, SS-19 Stiletto. Tugas rudal yaitu membawa kendaraan Avangard naik ke atmosfer.

Setelah sistem Avangard, Rusia saat ini sedang mengerjakan rudal baru untuk membawa senjata. (Ism)

Beri Komentar